Cara Menentukan Kualitas Web Hosting

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Banyaknya perusahaan layanan Web Hosting khususnya di Indonesia membuat teman-teman yang akan membeli harus berhati-hati dalam menjatuhkan pilihan. Profesionalitas perusahaan web hosting sangat menentukan nasib website teman-teman. Teman-teman pasti tidak ingin sembarangan dalam memilih bukan?

Dengan menjamurnya perusahaan yang menjual layanan web hosting membuat kita menjadi bingung karena, ada perusahaan yang menawarkan dengan harga murah adapula yang mahal. Kemudian perusahaan yang menawarkan fitur serba unlimited dan ada juga fitur-fiturnya yang dibatasi. Sebagai konsumen kita harus sangat hati-hati agar tidak tertipu dengan tampilan luar perusahaan tersebut. Simak tips cara menentukan kualitas web hosting berikut ini.

Berikut ini adalah cara-cara dalam menentukan kualitas Web Hosting, yaitu:

  1. Lihat pelayanan customer supportnya. Merupakan faktor terpenting ketika teman-teman akan menentukan kualitas web hosting yang tepat dalam memenuhi kebutuhan bisnisnya. Pastinya teman-teman akan selalu bertanya, berkomentar, atau ketika mendapatkan masalah. Tentu teman-teman akan merasa sangat jengkel jika teman-teman kesulitan namun tidak ada tanggapan. Untuk itu sebelum membeli web hosting, pastikan dahulu teman-teman memilih perusahaan web hosting yang mempunya Customer Support yang memberikan pelayanan yang terbaik.
  2. Perusahaan profesional. Perusahaan yang teman-teman pilih untuk membeli nama Domain dan layanan web hosting harus terpercaya karena menyangkut keamanan data dan kelangsungan bisnis teman-teman. Pilihlah yang bertanggung jawab dan memberikan garansi atas produk yang dijualnya. Jika perusahaan tidak serius atau bahkan telah tutup, maka nama domain teman-teman akan beresiko lepas ke public dan bisnis teman-teman tidak akan berjalan. Salah satu cara pengecekan berapa lama web hosting yang teman-teman pilih yaitu dengan melakukan whois pada domain perusahaan web hosting tersebut.
  3. Kualitas Hardware, Software, dan Jaringan. Perusahaan hosting yang profesional pastinya akan menjaga nama baik sehingga akan menjaga kualitas layanannya. Dan dalam membeli web hosting tentu kita menginginkan website dan email dapat di akses dengan lancar, cepat, dan keamanan data yang terjamin. Oleh karena itu hardware dan software pada server adalah hal utama dalam menentukan kualitas web hosting.
  4. Hak milik Domain dan Hosting. Sejauh yang kami amati banyak perusahaan web hosting yang tidak transparan dalam memberikan layanan. Sebagian tidak memberikan domain yang telah dibeli customernya sesuai haknya. Barang yang sudah temen-temen beli merupakan hak teman-teman sepenuhnya, dan pastikan teman-teman mempunyai akses penuh atas domain dan hosting.
  5. Harga Murah. Harga bisa dijadikan sebagai faktor terakhir dalam menentukan kualitas web hosting. Kita patut curiga jika ada layanan webhosting yang memasang harga murah dengan fitur unlimited. Banyak sekali web hosting yang menawarkan fasilitasserba unlimited, itu jelas tidak mungkin. Karena segala sesuatu yang bersifat teknis selalu memperhitungkan batasan-batasan kemampuan teknis. Seperti misalnya:
  • Unlimited space, apapun hardisknya selalu ada batasan spacenya.
  • Unlimited traffic, semua server ada di datacenter dan pasti memiliki batasan traffic dari datacenternya. Maupun website dengan traffic besar pasti mengandalkan resource CPU lebih tinggi.
  • Unlimited database, satu hal yang pasti database yang besar akan memakan resource CPU dalam satuan yang sangat besar.

IDCloudHost menawarkan service terbaik untuk bisnis teman-teman didukung oleh performa, kestabilan dan keamanan yang baik. Kunjungi idcloudhost.com sekarang juga!

Related Post :