Cara Mengaktifkan Monetize YouTube dan Menghasilkan Uang dari YouTube

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Di seluruh dunia, lima miliar video YouTube ditonton setiap hari. YouTube sama populernya dengan Google karena penggunanya yang menghabiskan rata-rata 40 menit per sesi YouTube. Sejalan dengan pergeseran digital ini, hal berikutnya yang harus Anda pelajari adalah cara menghasilkan uang di YouTube jika Anda adalah content creator baru yang ingin mencoba peruntungan Anda disini.

Ada beberapa hal yang Anda butuhkan, seperti perangkat lunak pengeditan video dan komputer sebagai modal Anda dapat memulai saluran Anda sendiri di YouTube. Selain itu, Anda juga harus menentukan niche atau ceruk Anda, karena semua video yang beredar di YouTube telah mempunyai kategori dan pasarannya tersendiri. Ini berarti siapa saja dapat membuka saluran mereka dan memilih niche yang tertarget sesuai dengan hobi dan minat mereka.

Menghasilkan uang di YouTube tidak lagi eksklusif untuk beberapa musisi platinum terpilih, pengusaha tertentu, atau influencer besar. Ada banyak peluang bagi orang biasa untuk menghasilkan uang dari YouTube, amun, Anda harus lebih strategis dalam pendekatan Anda. Dalam artikel ini, Anda bisa melihat panduan singkat cara mengaktifkan monetize pada YouTube dan menghasilkan uang darinya.

 

Cara Kerja Monetisasi dan YouTube Partner Program (YPP)

Cara Mengaktifkan Monetize YouTube dan Menghasilkan Uang dari YouTube
 

 

YouTube memperkenalkan beberapa standar baru untuk monetisasi mereka sendiri, membuatnya sedikit lebih sulit untuk memonetisasi saluran Anda meskipun itu tentu saja bukan tidak mungkin. Untuk menyiapkan saluran untuk monetisasi, Anda harus bergabung dengan Program Mitra YouTube atau YouTube Partner Program dan memenuhi persyaratan mereka untuk melakukannya. Setelah Anda memenuhi persyaratan tersebut, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan monetisasi pada video Anda untuk mulai mendapatkan pendapatan Adsense.

Pada akhirnya, monetisasi YouTube didasarkan sepenuhnya pada jumlah orang yang melihat video Anda. Orang-orang yang menghasilkan uang paling banyak adalah orang-orang dengan jumlah penonton terbanyak. Adapun Program Mitra YouTube adalah cara paling umum untuk menghasilkan uang melalui akun YouTube karena ini yang adalah jalan paling sederhana. Setelah Anda memenuhi persyaratan dibawah ini, Anda dapat mulai memonetisasi video Anda :

  • Mengikuti semua kebijakan dan peraturan Program Mitra YouTube.
  • Bertempat tinggal di negara atau wilayah tempat Program Mitra YouTube tersedia.
  • Telah memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik dalam 12 bulan terakhir.
  • Memiliki lebih dari 1.000 pelanggan (subscribers).
  • Memiliki akun AdSense tertaut.

 

Setelah Anda menjadi mitra YouTube, maka pihak YouTube akan dapat menempatkan iklan di video Anda sesuai keinginan mereka. Anda dapat mengaktifkan opsi ini berdasarkan per-video jika Anda mau. Perlu diketahui, Anda harus membuat akun AdSense untuk dapat menerima pembayaran untuk iklan di video Anda yang berhasil ditayangkan di konten Anda nantinya.

 

Baca Juga  :   Cara Memulai dan Membangun YouTube Dari Awal

 

Cara Mengaktifkan Monetize YouTube dengan YouTube Partner Program (YPP)

Aliran pendapatan uang pertama untuk cara menghasilkan uang dari YouTube yang kemungkinan besar akan Anda jelajahi adalah dengan cara mengizinkan iklan di konten Anda. Baik Anda ingin menghasilkan uang di YouTube tanpa membuat video atau sebagai pembuat konten, bergabung dengan Program Mitra YouTube dan menyiapkan monetisasi adalah langkah penting. Anda harus setuju untuk mengikuti semua kebijakan monetisasi YouTube dan tinggal di negara atau wilayah tempat Program Mitra YouTube tersedia. Kemudian Anda dapat mengajukan monetisasi setelah mencapai 1.000 pelanggan dan 4.000 jam waktu tonton selama setahun terakhir.

Berikut cara mendapatkan bayaran di YouTube dengan mengaktifkan monetisasi:

  • Masuk ke akun YouTube yang ingin Anda monetisasi.
  • Klik ikon untuk akun Anda di sudut kanan atas.
  • Klik YouTube Studio.
  • Di menu sebelah kiri, pilih Fitur Lainnya > Monetisasi.
  • Baca dan setujui persyaratan Program Mitra YouTuber.
  • Buat akun Google AdSense baru, atau hubungkan yang sudah ada ke saluran Anda. (Anda memerlukan akun AdSense untuk menerima pembayaran.)
  • Tetapkan preferensi monetisasi Anda.
  • Setelah selesai, kembali ke dasbor dan klik tab Analytics di sisi kiri.
  • Dari sana, Anda harus memilih Pendapatan dari tab di bagian atas, lalu gulir ke bawah ke tabel Taksiran Pendapatan Bulanan untuk mendapatkan gambaran tentang prediksi pendapatan YouTube Anda

 

Jumlah tampilan yang Anda dapatkan tidak berkorelasi dengan pendapatan yang diperoleh. Jika video Anda mendapatkan ribuan penayangan tetapi tidak ada yang menonton atau mengklik iklan, Anda tidak akan menghasilkan uang. Ini karena kriteria YouTube untuk dapat menagih pengiklan, maka pemirsa harus mengklik iklan atau menonton iklan secara penuh yakni selama 10, 15, atau 30 detik agar Anda mendapatkan bayaran. Namun, dengan dirilisnya YouTube Premium, Anda tidak perlu lagi bergantung pada pengiklan untuk membuat iklan yang menarik atau memikat untuk memperoleh pendapatan.

 

Baca Juga  :    Tips Memulai dan Menjadi YouTuber Sukses Bagi Pemula

 

Mengenal Apa Itu YouTube Premium

Cara Mengaktifkan Monetize YouTube dan Menghasilkan Uang dari YouTube
 

Seiring dengan popularitas YouTube yang telah menjadi search engine dunia nomor 2, maka YouTube juga mengembangkan banyak fitur dan produk mereka. Seperti YouTube Premium yang adalah program keanggotaan berbayar yang memungkinkan penggemar menonton dan mendukung pembuat konten favorit mereka tanpa iklan. Untuk pembuat konten, tidak banyak perubahan, karena mereka akan dibayar untuk konten yang dikonsumsi oleh non-anggota di YouTube bersama dengan konten di YouTube Premium.

Para kreator akan dibayar untuk YouTube Premium berdasarkan seberapa banyak pelanggan menonton konten mereka. Pertimbangkan pendapatan yang diperoleh dari YouTube Premium sebagai aliran pendapatan sekunder selain yang sudah Anda peroleh melalui iklan. Meskipun mudah disiapkan, menghasilkan uang melalui iklan sebagai Mitra YouTube jauh dari aliran pendapatan paling menguntungkan yang dapat Anda buat sendiri.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Memulai YouTube Serta Menjadi Viral Untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

YouTube adalah tempat dimana semua orang dapat berbagi dan menonton apa saja, dimana selalu ada kesempatan yang sama bagi setiap content creator untuk bersinar menjadi bintang mereka sendiri. Bintang YouTube adalah selebritas mandiri saat ini karena orang-orang yang memperoleh penonton dengan membuat konten video yang ditujukan untuk mengajar, menghibur, mengulas, kini bisa menjadi luar biasa dan sensasional di dunia maya tanpa lagi harus terikat dengan televisi, contohnya.

Sebagian besar selebritas layar kecil ini melakukan apa yang mereka lakukan dengan berbagi tujuan dan agenda tersendiri. Terlebih lagi, baik itu buruk atau baik, semua orang ingin menjadi viral entah itu hanya untuk mendapatkan popularitas semata atau pendapatan yang lebih lagi. Tetapi satu yang sangat pasti, semua content creator dan pemilik saluran yOuTube menginginkan satu hal, yakni monetize.

Meski mempelajari cara mendapatkan bayaran di YouTube mungkin bukan alasan utama Anda untuk memulai saluran Anda sendiri, tetapi peluang untuk mendapatkan penghasilan adalah bonus yang menyenangkan setelah Anda menyadari berapa banyak yang bisa Anda dapatkan dengan cara ini. Panduan diatas akan membantu Anda mendapatkan strategi tentang cara mendapatkan bayaran di YouTube, dan apa saja persyaratan dan jalan utama populer yang telah terbukti membantu banyak content creator lainnya mendapatkan penghasilan mereka bersama YouTube.
 

Related Post :

popup image