Cara Mengatasi Failed To Open Stream Permission Denied Website

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pernahkah anda mengalami website atau blog anda error? Apalagi website anda tersebut tidak bisa digunakan. Anda jadi tidak bisa berjualan online seperti biasa dan akan mempengaruhi pendapatan anda jika tidak ditangain secepat mungkin.

Lalu anda juga mendapati notifikasi error tersebut masuk ke dalam dashboard. Nah, anda tidak perlu khawatir, jika terjadi website error kini dapat anda perbaiki sendiri.

Selain itu sebaiknya anda mencari thau terlebih dahulu keadaan error ini di platform website anda. Karena ada berbagai macam faktor yang disebabkan oleh keadaan error ini. Yuk, simak artikel berikut.

 

Faktor Penyebab Terjadinya Error Pada Website

 

Penyebab error pada website anda dapat anda selidiki dengan menganalisa beberapa faktor penyebab terjadinya error pada website berikut ini :

 

1. DNS Bermasalah

Sebuah website biasanya memiliki DNS sendiri yang biasa terpasang pada server, DNS tersebut bisa dikustomisasi menjadi apapun. Masalahnya adalah ketika terjadi kesalahan saat anda mengatur DNS maupun nameserver, otomatis itu dapat menyebabkan situs anda tidak bisa diakses dalam beberapa jam atau beberapa hari setelah perubahan DNS.

Dengan memperbaiki DNS lewat kontrol panel adalah solusi paling tepat. Anda bisa mengubah nameserver di kontrol panel situs anda. Permasalahan DNS biasanya juga bisa di bantu oleh tim teknis dari provider hosting anda masing-masing.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 400 Bad Request pada Website

 

2. IP Akses Terblokir

Jika ada sistem proteksi pada server maupun situs yang bekerja secara otomatis. Semacam firewall, sistem tersebut bisa memblokir alamat IP yang dicurigai. nah,Sering kali penyebab IP terblokir yaitu salah login kontrol panel berkali-kali, melakukan spam, DDOS attack, dan lain sebagainya.

Cara mengatasinya, anda bisa melapor ke bagian contact person atau support dari situs tersebut. Atau akses menggunakan perangkat lain. Ada juga dengan cara menggunakan VPN untuk dapat membuka akses IP yang diblokir tersebut.

 

3. File Index Kosong

Ada juga file index seperti index.html, index.htm, atau index.php yang tidak ada pada tempatnya atau istilahnya kosong dapat menyebabkan situs tidak bisa diakses. Ada notifikasi kesalahan berupa error jika salah satu file index tersebut tidak ada, seperti error document, No Index File, dan lain sebagainya.

Mengembalikan file index yang hilang terbilang sulit, sebab anda harus membangun struktur situs dari awal. Namun sebelum melakukan hal itu, ada baiknya memastikan file index anda terlebih dulu—apakah tersedia direktori public_html, lalu pastikan isi folder tersebut tidak kosong.

 

4. Masalah Koneksi Internet

Ini merupakan salah satu masalah yang paling umum. Website yang tidak bisa diakses bisa jadi dikarenakan masalah koneksi internet buruk. Jika ini terjadi, anda bukan hanya tidak dapat mengakses satu situs saja, melainkan semua situs dipastikan tidak dapat diakses karena koneksi internet anda buruk.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet dengan melakukan pingke situs atau server apapun dengan menggunakan command prompt. Jika seandainya tidak ada response atau tanggapan dari hasil ping tersebut, maka sudah bisa dipastikan permasalahannya ada pada koneksi internet anda. Gangguan operator, atau habisnya paket internet menjadi penyebab utama.

 

5. Power outage

Power outage atau pemadaman listrik mendadak jadi kondisi sangat berbahaya bagi insfrastruktur TI. Power outage bisa terjadi pada sebuah data center maupun pada jaringan internet.

Menurut berita yang beredar, power outage jadi alasan mengapa layanan tidak bisa diakses untuk sementara. Keadaan ini bisa dihindari dengan memilih layanan data center maupun jaringan internet yang mumpuni, dan memberikan jaminan pelayanan prima.

 

6. Single point of failure (SPOF)

Single point of failure (SPOF) adalah satu titik kelemahan dari sebuah sistem. Jika titik kelemahan tersebut failed, error atau gagal berjalan maka seluruh sistem tidak berfungsi.

Menghilangkan SPOF ini bisa dilakukan dengan desain perencanaan yang baik, perencanaan pemilihan hardware, software serta monitoring dan kontrol yang dispilin pada sistem yang berjalan.

 

7. Natural Disaster

Natural disaster ini adalah bencana yang terjadi tanpa kita bisa prediksi sebelumnya, salah satunya adalah bencana alam. Dengan ketidakmampuan untuk memprediksi terjadinya natural disaster, menyiapkan perencanaan recovery jadi hal terbaik yang bisa dilakukan.

Perencanaan recovery bencana ini biasa disebut dengan Disaster Recovery Plan (DRP). Dengan perencanaan DRP yang tepat, kerugian dari matinya layanan bisa diminimalisir bahkan dihindari.

 

8. Kelebihan Trafik

Salah satu penyebab lainnya ialah jika website anda kelebihan trafik. Kejadian ini sangat umum terjadi, apalagi jika server situs anda memang memiliki bandwidth kecil atau terbatas. Kelebihan trafik ini biasanya disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang masuk ke situs.

Bisa jadi karena kondisi postingan atau situs yang berhasil viral, sehingga trafik membludak namun sayangnya server tidak bisa menampung ledakan pengunjung tersebut. Fenomena kelebihan trafik biasa dialami oleh situs berskala kecil.

Sementara solusi yang bisa anda lakukan yaitu meningkatkan performa server agar memberikan bandwidth yang lebih besar tapi tentu anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk hal itu.

Baca Juga : Mengatasi Masalah 500 Internal Error Yang Terjadi Pada WordPress

 

Mengatasi Failed to open stream: permission denied in Website

 

Jika pada website anda muncul error failed to open stream: permission denied in, makanya umumnya karena website gagal membaca atau mengakses folder atau file yang dimaksud. Untuk memperbaikinya cobalah untuk melakukan cara berikut ini :

 

  • Cek permission denied di folder mana.
  • Kalau error failed to open stream : permission denied in/home/k12345/data maka coba akses folder tsb lalu ubah permission folder tsb menjadi permission 775 bisa juga menggunakan permission 777 teapi relative kurang aman.
  • Cara lainnya anda dapat gunakan set mode secara rekursif sehingga seluruh file/folder didalam ikut menjadi permission tsb. Save lalu lakukan kembali.
  • Jika masih gagal coba akses kembali. Untuk folder defaultnya adalah 775 dan file 644
    Error warning : fopen/ error fopen

 

Jika ada website atau aplikasi andatedapat tullisan seperti di bawah ini :

Warning : fopen… atau error [function.open]

Kemungkinan permasalahan bisa dari script anda .pastikan script benar ,jika dari sisi script sudah benar makan anda bisa mencoba beberapa trik ini untuk memperbaiki error tersebut.

Tambahkan baris text berikut di php.ini anda

Allow_url_fopen=on atau allow_url_fopen=1

Bagaimana cara menyunting atau atau menabhakan php.ini di server spnael/cpanel anda. Ikuti contoh berikut ini :

Memcache_Extension

 

Kesimpulan dan Penutup

Keadaan error pada website pastinya akan membuat kondisi ini dapat menghambat bisnis anda, hingga menurunnya jumlah pemasukan anda dikarenakan pelanggan tidak dapat masuk kedalam website anda.

Perlu diketaui ada beberapa faktor penyebab terjadinya error adalah, dns yang bermasalah, kelebihan traffik, masalah koneksi internet, dan bencana alam. Maka dari itu penting bagi kita juga dapat melakukan backup data yang ada pada website kita. Jika terjadi error, dan memakan waktu yang cukup lama untuk mengatasinya.

Anda bisa memindahkan data pada website anda dan tidak perlu mencari data tersebut sebelum terjadinya error. Selamat mencoba! Jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ya dan share artikel ini!

Related Post :

popup image