Cara Mengatasi Website yang Terkena Malware

Development & Security, Web Security / 0 | | 2

Banyak sekali serangan Malware yang terjadi saat ini, tanpa terkecuali untuk website-website terkadang bisa saja terkena serangan malware yang mengakibatkan permasalahan pada akses website tersebut. Apabila web tersebut mengandung script malware maka Google akan menampilkan informasi bahwa web tersebut terinfeksi malware/badware, hal itu bisa dilihat seperti gambar berikut :

mengenal-apa-itu-malware-penyebab-dan-mengatasinya
Baca Juga : Mengenal Apa itu Malware, Penyebab, dan Mengatasinya

Bagi website Anda yang sudah terlanjur terkena malware, padahal website Anda tidak ada gejala indikasi adanya aktifitas malware tersebut, Anda bisa melakukan banding dengan google untuk mengangkat informasi berbahaya tersebut dengan mengirimkan formulir ke Google.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengikuti langkah berikut :

  1. Mengajukan permohonan ke Google Webmaster melalui halaman Security Issues report
    cara-mengatasi-website-yang-terkena-malware-idcloudhost
  2. Pada bagian Choose a verified property, pilihlah website Anda
  3. Klik Add Property Now, maka anda akan diminta untuk mengisi formulir dimana Anda dapat menulis kalimat yang menjelaskan bagaimana situs itu dibersihkan.

Nantinya tim Google akan mencoba menghubungi Anda untuk melakukan pemulihan terhadap website Anda yang terkena serangan malware, biasanya informasi akan ditampilkan pada halaman Google Webmaster (Search Console) Anda.

Untuk lebih lengkap bisa membuka video berikut :

Bagi Anda pengguna website, tidak perlu khawatir karena IDCloudHost sudah terintegrasi dengan Patchman untuk mencegah serangan malware pada website Anda.

Sources Article : https://developers.google.com/webmasters/hacked/docs/request_review

Related Post :

popup image