Tips & Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak boros

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dimasa yang tidak menentu sejak pademi Covid melanda membuat keadaaan keuangan dunia dan setip individu menjadi tidak menentu. Ini adalah hal yang tidak terelakkan namun mengatur keuangan masing- masing adalah hal yang harus dilakukan.

Mempunyai uang bukan tentang sekedar memenuhi kebutuhan saja, tapi juga kemampuan untuk mengelola termasuk menyisihkan uang untuk ditabung. Hidup jauh lebih mudah ketika Anda memiliki keterampilan keuangan yang baik sehingga Anda akan lebih siap untuk menghadapi krisis keuangan sekalipun.

Jadi apakah Anda sudah mengatur keuangan pribadi Anda dengan baik? Jika belum, mari simak tips dan cara mengatur keuangan agar Anda terhindar dari keborosan dan hutang yang tidak perlu.

 

Manfaat dan Keuntungan Mengatur serta Membuat Anggaran Keuangan Pribadi 

Tips & Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak boros
 

 

Langkah pertama untuk mengendalikan keuangan Anda adalah membuat anggaran. Meski ini memang membutuhkan banyak usaha dan ketelitian, tetapi ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan gambaran singkat tentang uang yang Anda peroleh dan keluarkan. Menyiapkan anggaran berarti Anda akan mendapatkan banyak manfaat seperti :

  • Anda akan terhindar dari hutang
  • Anda akan terhindar dan terjebak oleh biaya tak terduga
  • Lebih cenderung memiliki peringkat kredit yang baik
  • Lebih mungkin untuk diterima untuk hipotek atau pinjaman
  • Anda lebih hemat dan hanya menggunakan uang Anda sesuai dengan kebutuhan Anda saja
  • Tabungan Anda menjadi lebih baik dan keuangan Anda menjadi stabil

 

Baca Juga  :     Panduan Mengenal Payment Gateway Sebagai Alat Pembayaran di Indonesia

 

Tips dan Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Tips & Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak boros
 

Anda tidak memerlukan pekerjaan bergaji lebih tinggi atau menunggu tahun baru untuk memulai resolusi membuat serta mengatur anggaran keuangan Anda. Umumnya, pengelolaan uang yang lebih cenderung digunakan untuk mengurangi pengeluaran yang dianggap berlebihan, membantu meningkatkan kemampuan untuk berinvestasi dan menabung atau mencapai tujuan keuangan yang dulunya tampak mustahil.

Bahkan jika Anda merasa keuangan Anda terjebak atau Anda mempunyai hutang, masih ada cara yang bisa Anda coba dalam mengatur keuangan Anda. Berikut beberapa tips dan cara yang bisa Anda pertimbangkan.

 

Merancang dan membuat anggaran

Banyak orang tidak menganggarkan uang mereka karena mereka tidak ingin melalui proses yang mereka pikir akan membosankan untuk membuat daftar pengeluaran, menjumlahkan angka, dan memastikan semuanya sesuai. Jika Anda tidak mempunyai rancangan anggaran, jelas Anda tidak akan mengetahui kemana saja uang Anda dihabiskan.

Lebih buruk lagi, uang Anda bisa saja cepat habis bahkan sebelum akhir bulan. Maka segera rencana anggaran Anda dan alih-alih berfokus pada proses pembuatan anggaran, fokuslah pada nilai dan manfaat yang akan Anda dapatkan dari anggaran yang Anda buat.

 

Tetap ikuti anggaran yang telah ditetapkan

Anggaran Anda tidak berguna jika Anda hanya membuatnya tapi kemudian membiarkannya tanpa ada tindakan nyata. Sering-seringlah untuk merujuk kepada anggaran yang telah Anda tetapkan diatas untuk membantu memandu keputusan pengeluaran Anda.

Perbarui informasi anggaran saat Anda membayar tagihan dan belanjakan untuk pengeluaran bulanan lainnya. Pada waktu tertentu selama sebulan, Anda harus memiliki semua informasi tentang berapa banyak uang yang dapat Anda belanjakan, dengan mempertimbangkan pengeluaran apa pun yang tersisa untuk Anda bayar.

 

Beri batas untuk pengeluaran yang tidak dianggarkan

Bagian penting dari anggaran Anda adalah pendapatan bersih atau jumlah uang yang tersisa setelah Anda mengurangi pengeluaran dari penghasilan Anda. Jika Anda memiliki sisa uang, Anda dapat menggunakannya untuk hal dalam kategori hiburan tetapi memang hanya sampai jumlah tertentu saha.

Anda tidak bisa mengeluarkan uang lebih dari yang telah Anda anggarkan, terutama jika anggaran Anda terbatas untuk setiap bulannya. Karenanya sebelum Anda melakukan pembelian besar, pastikan itu tidak akan mengganggu hal dan anggaran lain yang telah Anda rencanakan.

 

Selalu lacak pengeluaran Anda

Pembelian kecil yang mungkin sering disepelekan bisa bertambang dengan cepat. Sebelum Anda menyadarinya, ternyata Anda telah membelanjakan anggaran Anda secara berlebihan. Mulailah melacak pengeluaran Anda untuk menemukan tempat-tempat di mana Anda mungkin secara tidak sadar mengeluarkan uang terlalu banyak.

Ingat untuk selalu menyimpan kwitansi dan tulis pembelian Anda dalam jurnal pengeluaran khusus. Jangan lupa untuk mengkategorikan anggaran Anda sehingga Anda dapat mengidentifikasi area di mana Anda kesulitan mengendalikan pengeluaran Anda.

 

Pastikan Anda membeli sesuai dengan harga yang tepat

Anda dapat memanfaatkan dan mendapatkan penawaran terbaik jika Anda mau membandingkan penawaran dan harga- harga produk yang ingin Anda beli. Dengan tips sederhana ini, maka bisa dipastikan Anda hanya membayar harga terendah diantara penawaran yang kurang lebih sama. Jangan malu, cari diskon, kupon, dan alternatif yang lebih murah kapan pun Anda bisa.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu Blockhain, Sistem dan Cara Kerjanya

 

Hindari tagihan bulanan berulang yang baru

Saat ini kemudahan pembayaran seperti credit card dan aplikasi pembayaran di kemudian hari, membuat siapa saja yang menggunakannya bisa terjebak pada hutang. Jadi hanya karena pendapatan dan kredit Anda memenuhi syarat untuk pinjaman tertentu, tidak berarti Anda harus menerimanya.

Seringnya orang- orang berpikir bahwa bank tidak akan menyetujui permohonan kartu kredit atau pinjaman yang tidak mampu mereka bayar. Sebaliknya bank hanya mengetahui penghasilan Anda, seperti yang Anda laporkan, dan kewajiban utang yang tercantum dalam laporan kredit Anda, bukan kewajiban lain yang dapat mencegah Anda melakukan pembayaran tepat waktu. Terserah Anda untuk memutuskan apakah pembayaran bulanan terjangkau berdasarkan penghasilan Anda dan kewajiban bulanan lainnya.

 

Menabung untuk masa depan

Kemampuan untuk menunda membeli hal- hal yang tidak penting akan sangat membantu Anda menjadi lebih baik dalam mengelola keuangan. Dengan menabung daripada menggunakan kartu kredit atau pay later, Anda akan menghindari pembayaran bunga atas pembelian tersebut. Perhatikan juga, jika Anda melewati batas kredit dan pay later Anda, ada banyak konsekuensi dari melewatkan tagihan tersebut yang harus Anda hadapi nanti.

 

Batasi pembelian dan penggunaan kartu kredit atau pay later Anda

Kartu kredit dan pay later adalah musuh terburuk bagi orang yang pemboros. Tahan keinginan untuk menggunakan kartu kredit Anda untuk pembelian yang tidak mampu Anda beli, terutama untuk barang-barang yang tidak terlalu Anda butuhkan.

 

Tetap menabung secara teratur

Menyetorkan uang ke rekening tabungan setiap bulan dapat membantu Anda membangun kebiasaan keuangan yang sehat. Anda bahkan dapat mengaturnya sehingga uang secara otomatis ditransfer dari rekening giro Anda ke rekening tabungan Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengingat untuk melakukan transfer setiap bulannya.

 

Selalu disiplin dan konsisten dalam menerapkan anggaran keuangan

Pada awalnya, Anda mungkin tidak terbiasa merencanakan anggaran keuangan setiap bulan terlebih lagi karena Anda memang harus teliti sampai hal terkecil dari pengeluaran Anda. Namun semakin Anda menjadikan kebiasaan ini bagian dari kehidupan sehari-hari Anda, semakin mudah mengelola uang Anda, dan semakin baik keuangan Anda nantinya.

 

Baca Juga  :    Kenali Manfaat, Cara Kerja dan Regulasi Fintech di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Menulis anggaran yang menunjukkan bagaimana pendapatan Anda akan dibelanjakan dan ditabung setiap bulannya mungkin tidak selalu mudah. Tapi ini harus Anda lakukan untuk menghindari dan membeli pembelian impulsif atau Anda memang sedang ingin keluar dari hutang yang menumpuk.

Walau sedikit sulit untuk memulai membuat anggaran, tapi tentu saja ini sangat membantu keuangan dan kesehatan mental Anda. Cara ini akan mengeluarkan dan mengurangi resiko dari berhutang juga membuat Anda bisa menabung untuk pertama kalinya. Terlebih lagi, akan lebih mudah untuk mengikuti anggaran yang ditulis dengan mempertimbangkan prioritas dan tujuan Anda.
 

Related Post :