Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online Offline dengan Mudah & GRATIS

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Di era yang didominasi kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, segala sesuatunya tidak lepas dari teknologi tersebut. Berbagai macam fitur canggih mulai dikembangkan oleh perangkat elektronik seperti PC dan smartphone, salah satunya yaitu ruang untuk menyimpan data yang biasa dikenal dengan sebutan PDF. Sayangnya, karena tidak seluruh perangkat elektronik ruang mempunyai penyimpanan yang besar maka cara memperkecil file PDF mulai dicari.

Ruang penyimpanan yang tidak besar tentu saja menjadi masalah ketika ada dokumen PDF yang kita miliki. Untungnya, terdapat berbagai cara yang mudah dan gratis untuk mengecilkan file PDF tersebut atau biasa disebut dengan kompresi, yaitu mengecilkan ukuran file tanpa harus mengubah isinya. Dengan begini, ruang penyimpanan bisa lebih hemat sehingga Anda bisa menyimpan file penting lainnya tanpa harus menghapus satu persatu.

Cara memperkecil file PDF sendiri ada beragam, baik itu bisa dilakukan secara offline maupun online. Bahkan cara ini juga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tentunya tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengecilkan file PDF tanpa merubah isinya yang bisa Anda lakukan.

 

Mengubah  PDF menjadi ZIP / RAR

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online Offline dengan Mudah & GRATIS
 

 

Kalau Anda ingin mengirim PDF melalui email tanpa harus mengubah kualitas file, cara memperkecil file PDF seperti ini cocok untuk Anda. Namun untuk menggunakan cara yang satu ini, Anda membutuhkan beberapa aplikasi. Beberapa aplikasi yang bisa Anda coba yaitu aplikasi ZIP yang merupakan bawaan dari Windows, kemudian Anda juga harus menggunakan WinRAR yang bisa mengubah file menjadi RAR, atau bisa juga memakai aplikasi 7-Zip yang mengubah format file menjadi 7z.

Untuk mengubah file PDF menjadi format ZIP, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik kanan di file PDF tersebut, nanti akan muncul sederet opsi. Pilihlah Send to Compressed (zipped) folder. Apabila ingin mengubahnya ke bentuk RAR, Anda hanya perlu untuk memastikan bahwa Anda sudah menginstal WinRAR. Setelah itu klik kanan pada file yang diinginkan kemudian pilihlah opsi “add to archive”.

Terakhir adalah dengan mengubah file PDF menjadi format 7z dan sama seperti yang sebelumnya, Anda sebelumnya harus menginstal aplikasi 7zip. 7z sendiri merupakan format yang dapat membuat file menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan RAR dan ZIP. Atau Anda bisa juga untuk membuat ukuran file semakin kecil dengan mengkombinasikan ketiga aplikasi yang sudah disebutkan, yaitu dengan menggunakan bermacam-macam opsi yang tersedia di aplikasi Nitro, kemudian ubahlah formatnya menjadi RAR, 7z atau ZIP.

 

Baca Juga :      Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

 

Selain itu, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda coba untuk mengecilkan ukuran file PDF Anda :

 

  • PDF Compressor

    Anda juga bisa mencoba untuk mengecilkan file PDF dengan melakukan compressing melalui program khusus. Terdapat beberapa program yang bisa Anda gunakan, salah satunya yang terbilang populer adalah PDF Compressor. PDF Compressor sendiri tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan juga berbayar sedangkan cara menggunakan program ini juga tidak sulit, apalagi didukung dengan tampilannya yang sederhana.
     
    Dengan hanya perlu untuk memasukkan file yang ingin dikecilkan, setelah itu ada sejumlah pengaturan kualitas yang perlu diubah dan proses compressing bisa dilakukan. PDF memiliki 3 jenis level kompresi untuk Anda pilih dan ketiga jenis tersebut adalah default, fastest serta maximum. Apabila Anda menginginkan ukuran file PDF yang terkecil, maka disarankan untuk memilih level maximum. Akan tetapi jika menginginkan file dengan kualitas yang paling baik, maka level default adalah jawabannya.
     
    Kelebihan dari program ini adalah proses konversinya yang dilakukan dengan cara lossless, bukannya lossy. Dengan begitu, isi dari file PDF yang diperkecil dan dikompres tidak akan turun kualitasnya. Karena kalau mengkonversi menggunakan metode lossy, seringkali gambar dan teks dalam file PDF menjadi turun kualitasnya, bahkan sampai blur.

  • SmallPDF

    Cara memperkecil file PDF berikutnya ini merupakan cara yang dilakukan secara online, yaitu dengan mengunjungi sebuah situs bernama SmallPDF. Pertama, Anda harus masuk ke websitenya yaitu smallpdf(dot)com. Kemudian klik pada opsi Choose File untuk memilih file yang ingin diperkecil. Kamu juga bisa menggunakan cara drag and drop dokumen. Berikutnya, tunggulah selama beberapa waktu sampai proses mengunggah dan mengompres selesai. Nantinya akan muncul informasi mengenai berapa persen yang berhasil dikompres dari dokumen yang asli dan juga ukuran terbaru dari file Anda. Setelahnya Anda bisa langsung mengunduh file ke komputer untuk mengeditnya.

 

Baca Juga :      Rekomendasi Aplikasi Edit File Terbaik dan Terbaru untuk Android dan IOS (Smartphone)

 

Mengecilkan PDF Secara Online

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online Offline dengan Mudah & GRATIS
 

Apabila mengunduh aplikasi pada komputer atau laptop dirasa terlalu merepotkan, Anda bisa juga menggunakan program yang dapat diakses secara online ini.

 

  • Docupub

    Selain SmallPDF, cara memperkecil file PDF lainnya adalah dengan menggunakan Docupub dan fitur PDFCompress yang dimilikinya, dimana website ini bisa diakses secara gratis. Berbagai jenis file PDF bisa dikecilkan dengan menggunakan aplikasi web yang sederhana ini dan meski begitu, file yang ingin dirubah tidak bisa lebih besar dari 5MB. Pengaturan yang dimiliki oleh aplikasi ini sendiri termasuk lengkap, misalnya pengaturan kualitas gambar dan juga kompabilitasnya dengan Adobe Acrobat.
     
    Terdapat pula 4 level kompresi yang dapat memudahkan jika tidak ingin repot dengan bermacam-macam pengaturannya. 4 level kompresi tersebut adalah low, medium, high, sampai maximum. Kualitas output yang ditawarkan tentu saja berbeda satu sama lain. Untuk level kompresi sampai dengan ukuran terkecil, maka Anda harus memilih maximum compression dan jika memilih level maximum, gambar pada file PDF akan mengalami turunnya kualitas sampai dengan 90%, membuat ukuran file akan turun dengan signifikan.

  • SodaPDF

    Cara yang terakhir untuk memperkecil ukuran dari file PDF adalah dengan melalui website online bernama sodapdf(dot)com, dimana tentu saja metode ini dilakukan secara online. Tahap yang pertama, pilihlah dokumen yang hendak dikompres dengan cara mengklik opsi Choose File yang tersedia pada tengah layar. Di website ini, kamu juga bisa memilih file yang ada pada Google Drive serta Dropbox. Tidak hanya itu, SodaPDF pun menyediakan layanan mengompres PDF dengan ukuran yang bisa dipilih sendiri. Ada 3 pilihan kualitas untuk melakukan kompresi di website ini, yakni low quality untuk ukuran terkecil, kemudian ada good quality yang menawarkan hasil dengan ukuran menengah, dan terakhir ada high quality dengan hasil kompresi yang paling minimal dan ukuran terbesar.

 

Baca Juga :     Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

 

Kesimpulan dan Penutup

Selain website, SodaPDF juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang tentu akan memudahkan ketika Anda sedang tidak terhubung dengan internet namun ingin mengompres dokumen dengan format PDF. Kecanggihan teknologi memang banyak sekali membantu kebutuhan saat ini dan dengan bantuan dari beberapa aplikasi seperti yang sudah diulas di atas, kini memperkecil ukuran dokumen PDF bukan lagi hal yang sulit dilakukan.

Anda tidak perlu lagi bingung ketika ukuran dari file PDF dirasa terlalu besar, terlebih, beberapa aplikasi juga menawarkan pilihan kualitas sehingga Anda bisa memilih sendiri. Dari berbagai pilihan cara memperkecil file PDF tersebut, Anda bisa memilih cara mana yang sekiranya paling mudah dan cepat untuk dilakukan. Baik itu cara yang dapat dilakukan tanpa harus terhubung dengan internet maupun cara yang online sehingga membutuhkan koneksi internet.

Related Post :