Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Terbaru 2022

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 3

Berawal dari tempat berbagi video pribadi, kini YouTube berkembang menjadi platform yang menawarkan berbagai ragam video baik itu yang dibuat oleh content creator perseorangan yang mandiri, media, brand dan perusahaan besar. Bahkan siapa saja bisa membuat akun mereka sendiri.

Pertumbuhan ekonomi kreator telah memunculkan beberapa cara berbeda untuk menghasilkan uang di YouTube. Dimana jika Anda dapat memanfaatkan sisi kreatif Anda dan bersedia melakukan upaya membuat konten yang berkualitas, Anda mungkin juga dapat menghasilkan uang di YouTube.

Penasaran ingin mencoba membuat konten dan menghasilkan uang dari YouTube? Mari simak penjelasannya dibawah ini yang bisa Anda coba dan terapkan nanti.

 

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Terbaru 2022
 

 

Untuk bisa melakukan ini, Anda harus membuat akun dan meluncurkan konten- konten Anda. Audiens Anda mungkin membuka potensi penghasilan saluran YouTube Anda, seperti yang sering terjadi pada influencer atau blogger Instagram, tetapi penciptaan beberapa aliran pendapatan, melalui usaha sampingan atau bisnis, yang membantu Anda menghasilkan uang. Untungnya, ada beberapa cara kreatif untuk menghasilkan uang di YouTube seperti berikut ini.

 

Menjadi Program Mitra YouTube (YouTube Partner Program)

Program Mitra YouTube adalah cara YouTuber reguler mendapatkan akses ke fitur khusus di platform. Anda tidak perlu menjadi mitra untuk menghasilkan uang di YouTube. Hanya menyiapkan akun AdSense dan mendapatkan penayangan sudah cukup untuk mengatasinya), tetapi memang dengan menjadi Mitra akan memberikan beberapa manfaat yang lebih.

Dengan menjadi mitra YouTube, Anda akan memiliki akses ke berbagai aliran pendapatan. Tidak hanya iklan video, tetapi juga biaya langganan YouTube Premium, dan fitur yang langsung menyentuh dompet penggemar setia Anda seperti Super Chat, langganan saluran, hingga galeri merchandise.

 

Baca Juga  :     Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger yang Baik dan Benar di Indonesia

 

Menjual produk merchandise Anda sendiri

Ada banyak produk untuk dijual yang dapat membantu Anda menghasilkan uang melalui saluran YouTube Anda. Menjual merchandise seperti kaos t-shirt, cangkir kopi, tas jinjing, snapback, apa saja akan memiliki manfaat di luar saluran pendapatan di YouTube lainnya.

Merchandise bahkan dapat membantu meningkatkan eksposur Anda dengan menempatkan branding dan personaliti online Anda ke dunia offline dan memperdalam hubungan antara Anda dan penggemar saat mereka benar-benar membeli apa yang Anda lakukan. Sebagai YouTuber yang sudah mendapatkan penonton, Anda akan memiliki dua keuntungan dari awal dari menjual cinderamata dari brand Anda :

  • Mesin konten yang secara konsisten mengarahkan lalu lintas ke toko Anda
  • Kepercayaan audiens Anda, yang Anda peroleh dengan secara teratur menyajikan brand konten Anda sendiri secara gratis

 

Buat konten bersponsor atau endorsement

Mendapat kesepakatan kerja seperti endorsement dengan sebuah brand, juga merupakan bentuk pemasaran afiliasi. Ini juga adalah cara lain untuk mendapatkan bayaran di YouTube dimana brand yang tertarik dengan pemirsa saluran Anda mungkin mensponsori video Anda atau menawarkan penawaran penempatan produk kepada Anda dengan imbalan tertentu.

Jenis kesepakatan dan kerjasama ini lebih mungkin muncul dengan sendirinya ketika Anda mengembangkan pengikut saluran Anda. Saat saluran Anda berkembang, Anda dapat menghubungi brand yang ingin Anda ajak bekerja sama secara langsung, atau menggunakan sumber daya seperti situs pemasaran afiliasi yang disebutkan di atas untuk menemukan mitra perusahaan yang melengkapi gaya konten Anda.

Dengan penawaran brand, Anda dapat menerima pembayaran sekaligus, mendapatkan komisi per penjualan, atau mendapatkan produk atau layanan secara gratis. Perhatikan juga peraturan, jika Anda memiliki dukungan atau menggunakan penempatan produk dalam sebuah video, Anda harus memberi tahu YouTube dengan mencentang kotak di tab setelan lanjutan pengelola video Anda untuk menunjukkan bahwa video Anda berisi promosi berbayar.

 

Baca Juga  :      Ketahui 3 Cara Membuat Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas!

 

Bergabung di afiliasi dan menjadi affiliator

Pemasaran afiliasi mengacu pada mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan yang dibuat oleh brand lain. Anda dapat menjadi pemasar afiliasi untuk brand dan menyertakan penempatan produk, dukungan, atau jenis konten lainnya. Namun, Anda harus mengungkapkan kemitraan kepada pemirsa di video Anda.

Tapi ingat, cara ini hanya akan sesuai jika pemirsa YouTube Anda setia dan selalu terlibat dengan konten- konten Anda. Tapi apabila Anda masih ragu, Anda bisa saja mencari peluang dari barang yang berinvestasi dalam pemasaran afiliasi tanpa harus meminta jumlah subscriber tertentu.

Semua ini cukup mungkin dikarenakan YouTuber yang berafiliasi dengan bisnis mendorong pemirsa mereka untuk mengunjungi toko online merek atau halaman produk tertentu. Mereka kemudian mendapatkan persentase penjualan yang dilakukan melalui tautan afiliasi yang disematkan di tiap konten.

 

Manfaatkan crowdfunding

Crowdfunding adalah metode monetisasi lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat saluran Anda terus berjalan. Ada dua jenis utama crowdfunding yang berulang dan berbasis proyek. Di versi pertama, yang lebih cocok untuk pembuat konten, penggemar saluran membayar sedikit biaya berlangganan untuk keuntungan tergantung pada tingkat akses eksklusif.

Lebih banyak pelanggan berarti lebih banyak pendapatan. Insentif seperti obrolan video satu lawan satu, kelas privat, atau merchandise dapat menarik pemirsa untuk mendaftar. Salah satu crowdfunding yang paling populer adalah Patreon yang berfungsi sebagai aliran pendapatan tambahan bagi banyak pembuat video, musisi, dan artis lain dengan lebih dari sekadar pengikut saja.

 

Lisensikan konten Anda ke media

Ketika sebuah video menjadi viral, setiap outlet berita pasti ingin mendapatkan salinannya untuk diputar ulang untuk audiens mereka. Untungnya, perusahaan media yang mapan sangat sadar bahwa mereka perlu membayar untuk apa yang mereka gunakan. Sebagai pembuat konten, melisensikan karya Anda yang paling sukses ke media bisa semudah memastikan Anda mudah ditemukan.

 

Baca Juga  :     8 Rekomendasi Alat (Tools) YouTube Marketing Terbaik 2022

 

Tips Membuat Konten YouTube yang Berkualitas dan Menghasilkan

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Terbaru 2022
 

Pada dasarnya, YouTube menawarkan peluang untuk semua untuk semua content creator. Perlu diingat ini bukanlah platform cepat kaya. Dibutuhkan waktu, upaya, dan pemirsa yang terlibat untuk menghasilkan uang di YouTube. Namun dengan sedikit motivasi dan banyak latihan, Anda dapat menemukan cara untuk menghasilkan uang sebelum ambang batas 1.000 pelanggan yang didambakan banyak YouTuber.

Praktikkan  kiat-kiat ini saat Anda memulai membuat akun dan membagikan konten Anda :

  • Semakin banyak video yang Anda buat dan unggah, semakin mudah untuk mencapai ambang jam tayang.
  • Semakin baik Anda menargetkan konten Anda ke audiens atau ceruk tertentu, semakin besar kemungkinan pemirsa Anda akan berlangganan lebih banyak.
  • Video yang unik dan menghibur lebih mungkin untuk mendapatkan penayangan, jadi perlu upaya dalam perencanaan dan produksi.
  • Jangan mengabaikan kekuatan judul yang ditargetkan dan gambar thumbnail karena ini adalah alat utama untuk menarik perhatian pemirsa.

 

Baca Juga  :    Monetize YouTube : Panduan Mendaftar, Persyaratan dan Memahami Cara Kerjanya

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Secara peraturan, untuk mulai menghasilkan uang secara langsung melalui YouTube, Anda harus memiliki setidaknya 1.000 subscriber dan 4.000 jam tonton dalam satu tahun terakhir. Setelah mencapainya, Anda dapat mendaftar ke Program Mitra YouTube dan monetisasi saluran Anda melalui iklan, langganan, dan keanggotaan saluran.

Salah satu area di mana Anda dapat menghasilkan uang sebagai pemula dengan sejumlah kecil pelanggan adalah pemasaran afiliasi. Anda dapat memperoleh uang saat mereka membeli produk afiliasi dari video Anda, dibandingkan dengan klik iklan atau penayangan video. Selain itu pemilihan niche yang sesuai akan sangat membantu dalam menarik minat penonton.

 

 

Related Post :