Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba-Tiba Muncul di Laptop / PC dengan Aman

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pariwara atau iklan merupakan segala bentuk pesan yang mempromosikan benda seperti halnya barang, jasa dan lainnya yang kemudian disampaikan kepada masyarakat melalui media yang ada, bicara terkait iklan kini tidak lagi hanya tampil dalam perangkat televisi saja. Iklan kini tersedia di berbagai platform dalam bentuk yang beraneka ragam, seperti pada media sosial, laman pencarian, bahkan laptop.

Iklan yang umumnya tampil dalam bentuk pesan pop-up pada perangkat komputer atau laptop sangatlah mengganggu, meski tak jarang juga terdapat iklan dengan pesan yang informatif. Namun iklan yang muncul ada yang berbentuk pop-up kecil yang akan menghilang salah Anda menekan tombol X, ada juga iklan pop-up muncul dengan tampilan besar dan tak jarang menutupi layar secara keseluruhan.

Tampilan iklan yang berulang juga sangat mengganggu ketika sedang genting-gentingnya mencari informasi di laman pencarian, karena dirasa cukup mengganggu akhirnya banyak pengguna yang mencari di halaman internet seperti apa cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul pada laptop. Anda bisa juga memulai hal tersebut jika merasa sangat terganggu dengan iklan-iklan yang ada di layar.

 

Mengenal Apa Itu Malware

Salah satu serangan yang membahayakan komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet adalah serangan malware, mengingat laptop di zaman serba canggih ini harus terus tersambung dalam jaringan dan dunia mayanya. Malware umumnya menyisipkan diri untuk masuk ke komputer melalui jaringan internet, mereka akan melakukan kerusakan. Ada juga malware hadir untuk mencuri data pada komputer yang disisipkan, perhatikan lebih teliti agar bisa menghindari kerusakan yang dilakukan malware.

Malware merupakan singkatan dari malicious software, istilah ini umum digunakan untuk menjelaskan sebuah program atau kode jahat yang memungkinkan akan membahayakan system yang ada. Selain bisa melakukan kerusakan pada perangkat komputer, namun bisa melakukan pencurian, pengenkripsi dan menghapus data yang ada. Membajak dan merubah fungsi yang ada pada komputer tersebut.

Malicious Software terdiri dari virus, trojan, dan worm yang sebagian besarnya adalah spyware, rootkit, adware dan juga software lainnya yang tak diharapkan oleh pengguna komputer. Seperti yang Kita ketahui bahwa malware sangat membahayakan jaringan komputer karena dapat merusak melalui internet, email, halaman situs website maupun program-program terinstall yang juga bisa terkena infeksi.

Tak hanya itu, Malware atau Malicious Software juga sangat berkemungkinan untuk mencuri data dan informasi pengguna komputer ketika melakukan unduhan file atau software yang berasal dari tempat yang ilegal. Melalui malware yang merusak komputer Kita, seorang hacker bisa saja mencuri bermacam data pribadi yang Kita miliki seperti contohnya password dan juga akun bank milik Kita.

Terdapat tiga bagian dari Malware yang perlu Kita ketahui jika dilihat berdasarkan sifat dan juga tujuannya, diantaranya:

  • Malware biasanya dapat merusak atau menginfeksi komputer seperti virus dan worm.
  • Malware yang berguna untuk mencuri celah keuntungan diantaranya adware tidak jujur, spyware, botnet, dialer, dan keystroke logger.
  • Malware yang bersembunyi dalam komputer seperti rootkit, trojan horse, dan juga backdoor.

 

Ciri-Ciri Terinfeksi Malware

Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba-Tiba Muncul di Laptop / PC dengan Aman
 

Umumnya saat terjadi serangan dari malware, perangkat-perangkat yang ada bersemayam di laptop Anda. Namun jika memungkinkan lakukanlah sesuai dengan tata cara yang ada agar tidak menambah kerusakan yang ditakuti.

 

  1. Perangkat Lambat

    Efek utama dari malware yang terdapat di komputer adalah membuat sistem operasi menjadi lambat, komputer akan bergerak sangat lambat dan terlihat berat. Bahkan saat ingin membuka folder atau aplikasi yang tidak membutuhkan kecepatan luar biasa pun akan menjadi lambat sekali.

  2. Iklan yang Tiba-Tiba Muncul

    Pernahkah Anda temui pop-up iklan yang memberitahukan Anda memenangkan suatu hadiah? Berhati-hatilah, jangan sesekali mengklik iklan tersebut. Karena itu merupakan salah satu ciri bahwa perangkat sedang disusupi oleh maware, kadang iklan yang muncul adakalanya tidak bisa dikeluarkan, ada juga yang sudah di close dan muncul beberapa menit kemudian.

  3. Sistem Mengalami Crash

    Ciri selanjutnya adalah perangkat sering crash, freeze, bahkan blue screen, waspadalah kemungkinan itu akibat yang ditimbulkan oleh malware di dalam perangkat Anda.

  4. Beranda Browser Berubah

    Biasanya yang berkaitan dengan ini adalah Anda mengklik tautan namun diarahkan ke halaman website yang tidak sesuai keinginan.

  5. Bilah Ekstensi

    Adanya ekstensi baru yang terinstall di browser padahal Anda tidak merasa pernah menginstallnya.

  6. Antivirus Berhenti Bekerja

    Menjadi hal pertama yang malware lakukan saat ia melakukan infeksi, menyerang antivirus sehingga menjadi tidak bekerja otomatis.

  7. Adanya Ransomware

    Ini menjadi salah satu jenis serangan paling berbahaya, pasalnya malware pada jenis serangan ini akan mengetahui data-data pribadi Anda untuk ia bagikan dan mengancam dengan tebusan. Bahkan ketika sudah diberikan tebusan, si pengirim malware tetap akan terus meneror Anda.

 

Baca Juga  :   Tips dan Trick Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android

 

Cara Mengatasi Serangan Malware (Malicious Software)

Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba-Tiba Muncul di Laptop / PC dengan Aman
 

Setelah sedikit mengetahui tentang penjelasan mengenai Malware atau Malicious Software dan juga gambaran bahaya yang ditimbulkan oleh perangkat lunak ini, maka sebagai pengguna komputer dan juga internet sangat penting bagi Kita untuk mengetahui bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengatasi apabila komputer Kita terinfeksi oleh Malware.

Berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi Malware apabila sudah tersebar dan menginfeksi komputer Anda :

 

  • Mengatasi Malware menggunakan Wordfence

    Melalui wordpress anda dapat menggunakan Wordfence untuk menghilangkan atau Malicious Software yang terdapat dalam komputer Anda. Perlu diketahui bahwa wordfence sendiri merupakan plugin yang berasal dari wordpress yang memiliki manfaat sebagai pemindai dan juga membersihkan virus pada komputer.
    Langkah yang dapat Anda lakukan yaitu membackup semua file dan juga database yang dimiliki, lakukanlah scan instalasi pada wordpress dengan menggunakan wordfence. Setelah melakukan scan Anda juga perlu untuk memperbarui instalasi wordpress tersebut.

  • Mengatasi Halaman website yang terkena Malware

    Pernah tidak Anda mengalami website yang dimiliki secara tiba-tiba error dan muncul pesan yang mengatakan bahwa website berisi program berbahaya?
    Nah, perlu diketahui hal tersebut sangat mungkin terjadi karena website yang Anda miliki tersebut terjangkit Malware atau Malicious Software terdiri dan sudah menginfeksi website tersebut. Penyebabnya Anda akan kehilangan banyak trafik apabila tidak segera ditangani.
    Langkah yang perlu dilakukan yaitu cari penyebabnya terlebih dahulu, dengan bantuan layanan sucuri tool yang menyediakan jaminan keamanan website yang cukup dapat dipercaya lengkap. Dengan menggunakan Sucuri Anda dapat menemukan Malware yang menginfeksi website Anda tersebut.
    Selanjutnya Anda dapat menggunakan wordfence untuk membantu melakukan scanning pada website yang nantinya akan menemukan file yang berbahaya. Selain itu juga dapat mengganti file yang sudah rusak tersebut dengan file baru yang bersih. Langkah lainnya yang dapat dilakukan untuk membersihkan website Anda yaitu dengan menggunakan submit website yang berguna untuk meminta Google untuk melakukan review terhadap website yang Anda miliki.

  • Mengatasi komputer yang Terinfeksi Malware

    Malware atau Malicious Software sering kali menyerang komputer atau perangkat desktop. Hal tersebut bisa saja terjadi karena para pengguna komputer sering melakukan akses atau mengembangkan situs website yang nantinya akan diunggah pada server web menggunakan FTP.
    Maka pastikan tidak adanya malware sebelum melakukan aktivitas tersebut karena apabila sudah masuk ke dalam folder pada komputer makan malware semakin lama akan semakin menyebar.
    Lakukanlah pemindaian terhadap folder Anda karena bisa jadi Malware tersembunyi pada setiap file yang Anda miliki, pastikan satu persatu file yang Anda miliki untuk setidaknya mencegah Malware kian menyebar di komputer. Sebelumnya pastikan Anda membackup semua data data penting agar tidak hilang ketika tiba-tiba terjadi serangan atau infeksi dari Malware agar data penting yang Anda miliki tersebut tetap aman.
    Dalam melakukan pembersihan Malware atau Malicious Software pada komputer matikan semua koneksi internet pada komputer Anda karena secara tidak langsung hal tersebut dapat membantu untuk memutus segala koneksi masuknya Malware pada komputer Anda.
    Aplikasi software anti virus akan cukup membantu Anda untuk melakukan scan secara menyeluruh agar semua Malware yang ada bisa terhapus secara otomatis. Anda juga harus mewaspadai semua program yang sekiranya mencurigakan atau Anda tidak mengenalnya sama sekali, hapus program-program tersebut untuk mencegah penyebaran dari Malware.
    Perlu ingat bahwa Malware sangat berbahaya bagi para pengguna komputer karena juga dapat mengancam semua data pribadi yang Kita miliki. Untuk itu lebih baik lakukan scan secara berkala untuk mencegah adanya Malware pada komputer maupun website yang dimiliki.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Malware Serta Cara Mengatasi / Menghindari

 

Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba-Tiba Muncul di PC

Iklan yang tiba-tiba muncul saat menyalakan data internet saat penting sekali tentu sangat mengganggu kinerja seseorang, apalagi jika sedang terburu-buru namun iklan yang muncul tidak dapat dikeluarkan. Hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara, sebagai berikut.

 

  1. Uninstall Aplikasi Mencurigakan

    Jika Anda pernah menginstall aplikasi dan sejak saat itu iklan muncul terus menerus, ada indikasi bahwa aplikasi tersebut membawa dampak yang buruk pada laman pencarian Anda. Ada baiknya Anda melakukan uninstall pada aplikasi tersebut agar tidak lagi muncul iklan yang mengganggu.

  2. Scanning Virus

    Virus bisa datang dari mana saja, entah itu laman internet, flashdisk, dan perangkat yang Anda gunakan atau aplikasi yang pernah di install. Selain menggunakan antivirus, Anda bisa menghilangkan virus tersebut dengan menggunakan windows defender.

  3. Hapus File Temporary

    File temporary adalah file yang berisi kumpulan data yang tersimpan secara otomatis saat menggunakan perangkat, fungsi file ini beragam salah satunya menyimpan data iklan pada aplikasi secara otomatis. Untuk menghilangkannya Anda bisa mengklik tombol windows+R lalu ketik temp, kemudian Anda bisa menghapus semua folder dan file yang ada di halaman tersebut. Lakukan hal yang sama sekali lagi namun kali ini ketik %temp%, jika sudah menghapus semua file dan folder yang ada Anda bisa melakukan restart laptop Anda.

 

Baca Juga  :    Mengenal Perbedaan Malware, Virus, Trojan, Spyware dan Worm

 

Kesimpulan dan Penutup

Beberapa iklan yang muncul ternyata cukup mengganggu aktivitas orang saat sedang menggunakan laptop atau komputer dan terhubung dengan jaringan internet, umumnya ada dua penyebab iklan bisa muncul secara tiba-tiba. Pertama karena virus adware yang berada dan beroperasi pada sistem, dan yang kedua disebabkan oleh adanya aplikasi yang berjalan tanpa pengguna ketahui. Iklan-iklan yang muncul biasanya berupa video, gambar bergerak.

Tidak perlu khawatir, sebab sudah ada cara untuk menghilangkan iklan tersebut. Anda bisa ikuti berbagai caranya dan menerapkannya pada laptop Anda, memastikan banyak hal yang terjadi pada laptop itu bukan diri kita sendiri. Maka agak susah saat ingin keluar, sehingga membutuhkan banyak surat izin yang diloloskan. Saat ingin menghilangkan iklan mengganggu cukup dengan mengikuti cara-cara yang dijabarkan di atas.

Related Post :