Cara Mengubah Dokumen Excel ke PDF Secara Online, dengan PC dan Smartphone

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

PDF adalah format file yang populer dan banyak digunakan saat ini. Salah satu alasan mengapa kebanyakan orang lebih memilih format file PDF daripada yang lain adalah karena, dalam format ini, Anda dapat mengontrol siapa yang mengedit atau memanipulasi data Anda. Misalnya, saat Anda berbagi dokumen PDF, Anda bisa memutuskan siapa yang bisa mengedit data di dokumen yang akan menyimpan PDF Anda dari manipulasi dan penyalahgunaan.

Dokumen PDF yang dapat diedit sangat populer terutama di kalangan profesional karena menghemat waktu dan mengurangi pemborosan kertas. Anda cukup melakukan perubahan atau mengisi detail di PDF itu sendiri dan Anda tidak perlu mendapatkan salinan fisik yang sama. Namun, kelebihan PDF yang disebutkan di atas kurang lebih terbatas pada dokumen word tetapi ketika seseorang menambahkan tabel maka pengeditan tidak semudah itu.

Jika PDF memiliki tabel, maka mengedit tabel mungkin mengharuskan pengguna untuk mengonversi PDF tersebut menjadi file .xlsx atau dokumen Excel. Anda juga dapat melakukan konversi ini jika Anda ingin mengedit teks yang diberikan dalam PDF dalam format spreadsheet. Anda dapat melakukan hal yang sama menggunakan aplikasi pihak ketiga atau situs web apa pun seperti smallpdf(dot)com, pdf2g(dot).com atau hipdf(dot)com dll untuk mengonversi PDF ke Excel serta sebaliknya.

 

Keuntungan Mengubah Excel ke PDF

Cara Mengubah Dokumen Excel ke PDF Secara Online, dengan PC dan Smartphone
 

 

Dokumen PDF memiliki banyak keuntungan, namun, tidak selalu mudah untuk mengedit tabel dalam PDF. Dalam situasi di mana Anda berurusan dengan mengekstraksi tabel dalam dokumen PDF atau hanya ingin mengedit beberapa teks dalam format spreadsheet, selalu lebih baik Anda mengonversi PDF itu menjadi file .xlsx atau dokumen Excel. Begitu juga sebaliknya yang pada dasarnya mengikuti kebutuhan Anda.

Berikut beberapa keuntungan mengubah Excel ke dalam format PDF :

 

  • PDF bersifat universal

    Tidak peduli materi apa yang Anda gunakan untuk membacanya, Anda perlu memperhatikan jenis dan dalam format yang diinginkan pengirim. Selain itu, alat pembuatan apa pun dapat mengonversi file menjadi excel saat menyimpan yang bahkan mengurangi ukuran file dari seharusnya.

  • Gratis

    Sebagian besar pembaca dapat membaca file mereka dengan berbagai aplikasi gratis yang tersedia di web. Apalagi, apakah Anda menggunakan komputer atau smartphone, Apple atau Android, selalu ada alat untuk membaca file PDF ini bahkan dimaa saja sekalipun.

  • Aman

    Jika Anda mengonversi file ke PDF, itu berarti file menjadi tidak akan mudah diedit. Maka jika dapat di edit, dokumen akan meninggalkan jejak. Jadi, Anda berkesempatan untuk membuktikan bahwa sebuah dokumen tidak lagi asli dan apalagi Anda bisa melindunginya dengan kata sandi. Ini memungkinkan pembuat dan penerima untuk memastikan bahwa informasi terlindungi dengan baik sehingga banyak perusahaan menggunakan format ini untuk melindungi data sensitif.

 

Baca Juga :    Cara Burn File ke CD / DVD dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Mengubah Dokumen Excel Ke PDF

Saat ini banyak orang mengerjakan pekerjaan mereka menggunakan software Excel. Format file ini memungkinkan banyak perhitungan dan manipulasi hingga membuatnya sangat nyaman karena berbagai alasan. Namun, ketika harus mengirim file ini, atau hanya memilih bagiannya untuk presentasi, yang membuat Excel kurang nyaman. Inilah yang membuat format PDF terasa lebih praktis dan efisien. Berikut ini cara mengubah dokumen Excel ke PDF yang bisa Anda terapkan melalui PC dan smartphone Anda.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah cepat untuk mengubah file Anda. Di sini manipulasi contoh dilakukan di Google Sheet, tetapi prosedurnya sama, yakni :

 

  • Buka dokumen Excel yang ingin Anda edit
  • Cari tab “bagikan dan ekspor” atau “rekam«
  • Pilih format keluaran: PDF
  • Anda berpotensi harus memilih tujuan file, dan file Excel Anda telah selesai di convert ke format PDF.

 

Baca Juga :     Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus di Komputer atau Laptop

 

Aplikasi Ubah Dokumen Excel ke PDF

Cara Mengubah Dokumen Excel ke PDF Secara Online, dengan PC dan Smartphone
 

Ada banyak alasan mengapa kebanyakan orang suka mengonversi excel ke PDF. Salah satu alasan utamanya adalah ia menawarkan portabilitas dan mobilitas sejati serta dukungan enkripsi data tingkat tinggi. PDF juga memungkinkan untuk kompresi file sedemikian rupa sehingga memperkecil ukuran dokumen. Untuk perangkat Android, pengonversi Excel ke PDF untuk android adalah aplikasi yang Anda butuhkan untuk proses ini.

Dibawah ini beberapa aplikasi pengubah yang bisa Anda coba :

 

  • Polaris Office for LG

    Apakah Anda menginginkan aplikasi pengonversi excel to PDF yang bagus untuk android? Lalu Polaris Office untuk LG akan sesuai dengan kebutuhan Anda karena ini adalah aplikasi perkantoran gratis yang membanggakan memiliki beberapa fitur kedudukan tertinggi untuk memungkinkan Anda mengedit, melihat, berbagi, dan mengarsipkan segala jenis dokumen kapan saja dan di mana saja.

  • easyPDF

    Dikembangkan oleh BCL Technologies, easyPDF adalah salah satu aplikasi konversi Excel-ke-PDF terbaik yang dapat membantu Anda mengonversi dokumen Excel ke PDF. Perangkat lunak ini juga memungkinkan Anda mengonversi dokumen Office dalam Word dan PowerPoint dan gambar dalam format seperti PNG, JPEG, BMP, TIFF, dll. ke PDF. easyPDF kompatibel dengan aplikasi Word Processing, perangkat lunak penyimpanan cloud, atau aplikasi email. Perangkat lunak ini hadir dengan kemampuan untuk mengimpor file untuk dikonversi dari program lain seperti Google Drive, Dropbox, Manajer File, Box, Galeri, dan banyak lagi. Berbagi file yang dikonversi dengan keluarga, teman, dan kolega melalui aplikasi email atau penyimpanan cloud, sangat mudah dengan easyPDF.

  • XPS to PDF Converter

    XPS to PDF Converter adalah aplikasi pemenang penghargaan yang membantu Anda mengubah dokumen Excel menjadi PDF. Software yang pada 2017 dinobatkan sebagai Aplikasi Terbaik di Google Play Store ini juga mengonversi file dalam format PPT, DOC, PNG, JPG, dll menjadi PDF, dan sebaliknya. Program ini bukan hanya pengubah dokumen karena juga merupakan pembaca dan Editor PDF yang ideal untuk membuat dokumen PDF dan presentasi PowerPoint. Dengan aplikasi XPS to PDF Converter, Anda dapat mengonversi PDF ke format Word dari OneDrive, Dropbox, G-Drive, Box, dll. Selain membantu Anda memodifikasi file dengan menghubungkannya ke aplikasi pemindai dan editor PDF, program ini menawarkan teknologi OCR berkualitas tinggi dan tidak ada batasan jumlah konversi atau ukuran file. Itu juga dapat mengonversi PDF yang dipindai dan juga kompleks.

  • Excel to PDF

    Untuk dapat mengubah dokumen dari Excel (xls dan xlsx) menjadi PDF secara otomatis dan membukanya di smartphone Android Anda, Excel ke PDF adalah alat yang ideal. Ketika proses konversi ini selesai, Anda dapat membagikan dokumen Anda dengan orang lain. Pengoperasian tidak dilakukan pada ponsel Anda sehingga aplikasi tidak menguras baterai ponsel pintar Anda.

  • Excel to PDF Converter

    Excel to PDF Converter menyediakan antarmuka pengguna intuitif yang langsung digunakan, memungkinkan Anda mengonversi dokumen dengan mudah dari Excel (format xls dan xlsx) ke Format Dokumen Portabel (PDF) hanya dengan satu ketukan. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda berbagi dokumen yang dikonversi dengan orang-orang di semua situs sosial.

 

Baca Juga :    Rekomendasi Aplikasi Edit File Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

 

Kesimpulan dan Penutup

Portable Document Format atau file PDF adalah salah satu format file yang paling umum digunakan saat penulisan dan penyimpanan dokumen serta file. Dokumen ini dapat dengan mudah di bagikan dan dicetak, tetapi tidak dapat diedit atau dimodifikasi. Jadi, jika Anda ingin mengubah atau menambahkan sesuatu ke konten PDF Anda, Anda harus mempelajari cara mengubahnya menjadi format yang dapat diedit seperti Microsoft Word DOCX.

Namun, mengubah file jenis Excel ke PDF Anda menjadi gaya dokumen lain bukanlah tugas yang mudah. Meski begitu Anda banyak aplikasi yang bisa Anda coba dan terapkan sendiri. Serta untuk menghindari pembobolan data mau pun informasi dari PDF Anda tersebut, Anda juga dapat menambahkan kata sandi khusus yang bisa Anda bagikan hanya pada orang- orang pilihan Anda.

 

 

 

Related Post :