Cara Meningkatkan SEO dengan Blogwalking

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Bagi teman-teman yang sudah lama berada di dunia blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan kata blogwalking, tetapi berbeda dengan teman-teman yang baru saja mengenal dunia perblogan, kata blogwalking mungkin saja aneh kedengarannya. Sehingga menimbulkan pertanyaan, apa itu blogwalking? Namun taukah kalian bahwa teknik blogwalking itu tidak boleh sembarangan. Jika demikian, efek dari blogwalking bisa menimbulkan nama baik teman-teman menurun. Maka dari itu kita harus mengetahui cara blogwalking yang benar. Jika blogwalking ini dilakukan dengan baik dan benar maka bisa meningkatkan SEO blog kita.

Blogwalking adalah sebuah aktivitas yang tidak dapat dipisahkan oleh para blogger (admin blog). Aktivitas ini biasanya dilakukan dengan cara saling berkunjung dan berkomentar di blog masing-masing. Kerena seperti kita tahu bahwa blogger, wordpress, dll merupakan media untuk berbagi dan berinteraksi satu sama lain. Dari segi kegunaan nya hampir mirip dengan situs social media, tapi untuk blogger lebih bersifat terbuka.

Baca Juga : Cara Memulai Blog dengan SEO untuk Blogger Pemula

Banyak hal positif yang kita terima apabila kita melakukan Blogwalking ke blog orang lain, diantaranya yaitu,

Pertama. Selain menguntungkan dalam hal SEO bagi blog atau website kita sendiri, kita juga bisa mengikuti informai-informasi terbaru yang ada dan mungkin saja informasi tersebut merupakan hal yang kita minati, setelah itu mungkin kita bisa mengikuti perkembangan informasi yang disajikan oleh penulis blog yang sedang kita kunjungi.

Kedua. Sangat memungkinkan adanya kunjungan balik ke blog atau website kita, mislkan saja kita meninggalkan jejak sama seperti yang dijelaskan diatas. Jadi, jika kita meninggalkan jejak dan memberitahu kita berasal darimana, sangat besar kemungkinannya untuk pemilik blog yang kita kunjungi untuk berkunjung balik ke blog atau website kita.

Ketiga. Berkaitan dengan SEO, ini berlaku jika kita dapat meninggalkan jejak link website kita di blog atau website yang kita kunjungi memiliki atribut ‘dofollow’. Maka link yang kita tinggalkan akan memiliki point. Sehingga jika semakin banyak link yang menuju blog kita berarti akan semakin bagus juga blog atau website kita dimata mesin pencarian Google dan kemungkinan SERP kita juga akan semakin besar.

Berikut ini adalah cara blogwalking yang benar dan baik, simak yaa tahapannya:

  1. Pahami maksud artikel yang dibaca
    Dengan membaca dan belajar memahami artikel, maka secara tidak langsung pengetahuan kita akan bertambah. Bahkan bisa saja akan menimbulkan inspirasi untuk memilih topik pembahasan diblog kita. Sehingga kita bisa update artikel berdasarkan pengetahuan yang didapat dari kegiatan blogwalking. Hindari menulis komentardiluar topik. Ini bisa saja komentar teman-teman nanti akan dihapus oleh pemilik blog. Karena dianggap komentar teman-teman hanya membuat sampah blognya saja. Jadi percuma saja teman-teman melakukan blogwalking. Dengan begitu, nama baik teman-teman akan jelek.
  2. Jangan meninggalkan link aktif di kontak komentar
    Ketika kita berkomentar di blog orang lain, hindarilah teknik meninggalkan link aktif yang langsung dicantumkan pada kotak komentar. Kita cukup mencantumkan link blog kita di tempat yang sudah disediakan saja. Mencantumkan link aktif pada koak komentar ini hanya membuat sampah blog yang dikunjungi saja.
  3. Cari blog yang masih satu NIche dengan blog kita
    Masud Blogwalking yang masih satu Niche adalah blog yang mempunyai bahasan dan tpoik yang sama dengan blog kita. Jika kita menemukannya kita dapat mengandalkan backlink dari blog yang masih satu niche dan keuntungannya backlink ini akan berkualitas dimata search engine. Dan tentunya akan meningkatkan SEO blog kita.
  4. Lebih bagus jika mengunjungi blog yang mempunyai reputasi yang bagus
    Ini hanyalah salah salah satu alternatif saja, namun penting juga. Sebaiknya dalam melakukan kegiatan blogwalking carilah blog yang benar-benar berkualitas. Maksudnya carilah blog yang menerapkan rel= ‘dofollow’ di kotak komentarnya.
  5. Lakukan blogwalking dengan teratur
    Kegiatan blogwalking alangkah baiknya dilakukan secara teratur dan terus menerus, ini sangat penting karena untuk blog baru jika rajin melakukan blogwalking maka akan membantu cepatnya terindex search engine blognya.

Demikian Tips kali ini, semoga bermanfaat 🙂

Related Post :