Cara Menjadi Jasa Spesialis SEO dan Job Desk yang Harus Dikuasai

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 1

SEO adalah bagian tak terpisahkan dari website modern sehingga kemajuan ini membuahkan sebuah ladang pekerjaan baru. Adapun profesi ini disebut spesialis SEO yang menawarkan jasa mereka baik secara freelance maupun di perusahaan. Meski ini adalah profesi yang relatif baru dan muncul karena era digitalisasi yang pesat, profesi sebagai jasa spesialis SEO cukup menarik karena belum banyak orang yang bergelut dibidang ini.

Sedangkan apa yang menjadi bagian dari pekerjaan atau job desk dari seorang spesialis SEO diantaranya adalah menganalisis, meninjau, meningkatkan kinerja situs web dan hasil mesin pencari, memonitor tautan masuk, hingga rekomendasi hal yang sekiranya bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas alama di mesin telusur. Ini semua adalah bagian dari bagian besar lainnya yang harus dikuasai oleh spesialis SEO dalam pekerjaan mereka.

Disamping daftar pekerjaan yang harus mereka kuasai ini, seorang spesialis SEO juga harus mempunyai keterampilan yang cerdas. Ini termasuk dalam berpikir strategis, mempunyai analitis yang baik, taktis, kritis, integratif, memahami bagaimana mengoptimalkan keterkaitan antara media sosial, penilaian kualitas konten, konten landasan, perilaku pengguna, persaingan serta memahami algoritma mesin pencari Google yang bisa berubah- ubah. Simak penjelasan lebih lanjutnya dibawah ini.

 

Tips dan Cara Menjadi Jasa Spesialis SEO

Cara Menjadi Jasa Spesialis SEO dan Job Desk yang Harus Dikuasai
 

Mengingat ini adalah bidang baru yang muncul oleh kebutuhan modern, maka sebagian besar spesialis SEO dan profesional pengoptimalan mesin pencari lainnya saat ini memulai karir mereka di bidang lain. SEO adalah bidang baru yang bisa dipelajari sehingga siapa saja dengan latar belakang berbeda juga bisa mendalami dan menekuni bidang profesi ini. Sejauh ini tidak ada gelar sarjana atau universitas yang terkait langsung dengan SEO begitu juga tidak ada program pemasaran resmi yang akan memberi Anda keterampilan teknis khusus yang Anda perlukan untuk berkembang di bidang SEO.

Sebagian besar pakar SEO biasanya mempunyai semacam sertifikasi tambahan. Sertifikasi ini untuk menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa mereka memiliki keterampilan khusus yang diperlukan untuk menjalankan strategi pemasaran digital, meningkatkan lalu lintas mesin pencari mereka dan memastikan situs web mereka berada di bagian atas di halaman hasil mesin pencari. Berikut beberapa hal yang bisa Anda coba untuk memulai karir Anda sebagai spesialis SEO :

  • Mengikuti kursus- kursus dan mempunyai sertifikasi SEO
  • Mempelajari SEO dengan mengoptimalkan situs web mereka sendiri
  • Memulai karir sebagai agen pemasaran

 

Baca Juga  :     Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Job Desk yang Harus Dikuasai Jasa Spesialis SEO

Cara Menjadi Jasa Spesialis SEO dan Job Desk yang Harus Dikuasai
 

Tanggung jawab pekerjaan seorang spesialis SEO bisa bervariasi berdasarkan apakah mereka bekerja untuk agen pemasaran digital, di departemen pemasaran digital perusahaan, atau freelance. Tetapi deskripsi pekerjaan untuk sebagian besar jasa spesialis SEO mencakup diantaranya :

  • Mempunyai Pengetahuan Dasar Web

    Meski Anda tidak menguasai hal ini dengan ahli, tetapi sebagai seorang spesialis SEO yang baik, paling tidak Anda mempunyai dasar pengetahuan mengenai pengembangan web serta desain situs web. Termasuk juga terminologi yang biasanya digunakan oleh webmaster, dan memiliki keterampilan pengkodean HTML dasar, memahami dasar Cascading Style Sheets (CSS), tata letak halaman web yang baik serta sedikit memahami mengenai desain.

  • Melakukan Riset dan Analisis Kata Kunci

    Riset adalah bagian dasar dari menjadi seorang spesialis SEO yang berhasil. Maka beri perhatian pada melakukan riset untuk menemukan kata kunci yang tepat dan strategis dengan mengidentifikasi target kata kunci potensial baru dengan persaingan rendah, profitabilitas tinggi namun dengan nilai komersial tinggi. Jangan lewatkan bagian ini karena Anda selaku spesialis SEO juga harus selalu up to date.

  • Mengoptimasi Halaman Web

    Salah satu tugas spesialis SEO adalah memahami elemen mekanik dalam SEO tersebut. Ini termasuk cara menggunakan sumber gambar, tag, struktur teks dan pemformatan. Disamping juga harus dapat memanfaatkan keterampilan dalam mengatur konten situs web ke dalam hierarki, mengintegrasikan frasa kata kunci, kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI) dan lain- lain.

  • Keterampilan Menulis yang Baik

    Poin penulisan disini juga akan berbeda pada setiap spesialis SEO tetapi biasanya adalah menulis untuk copywriting dan content writing. Perhatikan penulisan judul, meta tag, sub judul paragraf yang efektif yang bisa mendorong klik dalam hasil pencarian nantinya. Sedangkan tulisan yang harus Anda buat adalah tulisan dengan nada percakapan bahasa alami yang akan sesuai dengan pencari yang melakukan kueri pencarian. Tak lupa, kenali pembaca Anda, tulis konten yang strategis, format teks yang tepat dan juga gunakan gambar atau video yang kiranya mendukung konten tulisan Anda.
     
    Baca Juga  :   Perbedaan Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword dalam SEO

  • Memanfaatkan Alat dan Software SEO Dengan Efektif

    Bagian tugas dari spesialis SEO yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana Anda memanfaatkan alat- alat pendukung SEO untuk dapat membuat rekomendasi. Manfaatkan bantuan alat penunjang SEO seperti Google Analytics, Google Webmaster Tools, Site Crawling, Keyword Analysis, Semrush, Hootsuite, Yoast dan apa saja yang sekiranya dapat menunjang pekerjaan Anda sebagai jasa spesialis SEO.

  • Membuat Rekomendasi Strategi SEO yang Tepat

    Seorang spesialis SEO harus dapat memberikan konsultasi dan panduan berkelanjutan bersama dengan perubahan detail tambahan untuk membuat halaman web yang lebih baik. Diantaranya adalah dalam mengusulkan strategi, taktik, dan jadwal kampanye pemasaran digital, mengevaluasi kemajuan berdasarkan tindakan yang dilaksanakan, termasuk merekomendasikan layanan khusus bila diperlukan. Intinya adalah bagaimana spesialis SEO bisa membantu dalam pemasaran digital klien mereka dengan tepat dan sesuai target.

  • Memahami Tujuan dan Kebutuhan Pemasaran Klien

    Jasa spesialis SEO menawarkan bantuan mereka kepan klien atau pelanggan yang mana spesialis harus dapat memahami tujuan dan sasaran pemasaran pencarian pelanggan mereka. Termasuk juga kondisi posisi persaingan industri, ceruk bisnis, tujuan kesadaran merek, dan keunggulan kompetitif merek. Adapun tujuan pemasaran pencarian itu sendiri harus dapat diukur, realistis, dan dapat dicapai dengan realistis.

 

Baca Juga  :    Sitemap : Hubungannya Dengan SEO, Manfaat dan Cara Membuatnya Dengan Mudah

 

Kesimpulan dan Penutup

Pakar atau spesialis SEO yang sukses pasti selalu melihat dan mempelajari trend terbaru serta juga selalu melakukan upgrade baik itu skill atau keahlian maupun apa yang berkaitan dengan algoritma SEO terbaru. Ini juga termasuk bagaimana pakar SEO tersebut dalam mempertimbangkan keseluruhan situs web klien atau perusahaan, dan mempertimbangkan tidak hanya struktur tetapi juga pengalaman pengguna serta tampilan dan nuansa keseluruhannya.

Ada banyaknya hal yang harus Anda kuasai, SEO tidak lagi sekedar penulisan konten yang menarik dan relevan kepada para pembacanya, juga bagaimana seorang ahli SEO bagaimana membuat konten tersebut menarik secara visual dan estetika sesuai dengan desain web. Walau bagian ini biasanya tidak disadari banyak pakar SEO, tetapi ini bisa menjadi nilai yang baik jika Anda juga turut menguasai bagaimana sebuah konten dan visual bisa menarik lebih banyak pengunjung. Dengan menguasainya, Anda bisa menawarkan jasa SEO Anda kepada lebih banyak pilihan pekerjaan seperti manajemen konten, pemasaran, jurnalisme hingga media sosial.

Related Post :