Cara Menjadi Reseller Hosting yang Untung dan Mudah

Domain & Hosting, Tips & Tricks / 0 | | 0

Mempelajari cara menjual atau menjadi reseller hosting web tidaklah sesulit yang mungkin Anda pikir. Apakah Anda ingin menambahkan aliran pendapatan dan menampung situs web klien Anda atau membangun bisnis hosting web Anda sendiri adalah hal biasa. Mengingat analogi yang telah terbukti benar tentang bagaimana web hosting itu seperti real estat hosting bersama adalah sebuah apartemen, server khusus adalah rumah keluarga tunggal, dan seterusnya yang bisa menjadikannya sebuah bisnis lagi.

Bisnis reseller akan serupa dengan menyewakan kamar di rumah Anda, atau mungkin menjalankan penginapan. Dengan menyediakan rumah Anda untuk klien, Anda dapat menghasilkan pendapatan tanpa harus menyewa kontraktor untuk membangun hotel baru. Peluang web hosting reseller terbaik memungkinkan Anda memulai bisnis baru tanpa investasi mahal atau pengalaman puluhan tahun.

Namun, untuk benar-benar berhasil, Anda pasti ingin meluangkan waktu untuk mempelajari alat dan teknologi yang akan membantu Anda dalam perjalanan Anda dan mengembangkan rencana bisnis yang menguraikan langkah-langkah menuju profitabilitas yang langgeng. Lihat panduan di bawah ini untuk membantu Anda memulai bisnis reseller hosting pertama Anda.

 

Cara Menjadi Reseller Hosting

Cara Menjadi Reseller Hosting yang Untung dan Mudah
 

Tetapi seperti bisnis apa pun, setiap bisnis pasti membutuhkan perencanaan strategis dan investasi sebelum Anda dapat menawarkan layanan yang menarik dan dapat diandalkan. Berikut adalah lima langkah untuk memulai sebagai pengecer atau reseller hosting yang akan membantu Anda memulai bisnis ini :

 

Memilih Hosting

Ini mungkin langkah yang paling penting, karena layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda akan langsung ditautkan dengan layanan yang ditawarkan oleh tuan rumah Anda. Anda harus memiliki sejumlah pertanyaan dari kriteria- kriteria saat mencari host yang tepat, yakni :

 

  • Apakah mereka memiliki reputasi yang baik? Anda dapat memeriksa dan meneliti jasa penyedia hosting melalui ulasan, Twitter, forum dan lain- lain.
  • Apakah mereka memiliki kepemilikan dan kendali penuh atas infrastruktur mereka? Ini juga termasuk pusat data dan jaringan mereka.
  • Apakah mereka menawarkan penerapan server yang dapat disesuaikan? Apakah itu cloud bare metal yang dapat diskalakan atau lingkungan server khusus, dapatkah Anda sepenuhnya menyesuaikan perangkat keras dan perangkat lunak sesuai kebutuhan Anda?
  • Apakah mereka menawarkan dukungan aplikasi untuk pengecer? Baik untuk perangkat lunak penagihan terkemuka, panel kontrol, atau sistem Anda sendiri, Anda memerlukan integrasi API.
  • Apakah mereka menawarkan diskon besar untuk pengecer? Saat Anda mengembangkan basis pelanggan, apakah Anda mempertahankan lebih banyak pendapatan per akuisisi?

 

Baca Juga  :      Tutorial Mengedit DNS Zone Domain (Account Reseller)

 

Pilih Paket Hosting Anda

Pengecer atau reseller hosting tradisional melibatkan penjualan ruang yang disediakan di server khusus, tetapi lingkungan cloud, tempat paket pengecer dan paket pelanggan Anda dapat dengan mudah diskalakan, menjadi populer saat ini. Apa pun preferensi Anda, Anda harus memilih dan menyesuaikan paket hosting Anda berdasarkan proyeksi pertumbuhan pelanggan, ekspektasi Anda terhadap persyaratan pelanggan, dan anggaran Anda. Dengan sepenuhnya menyesuaikan lingkungan server Anda melalui, misalnya, jumlah inti atau jenis hard drive yang dipasang, Anda dapat memberikan peningkatan kinerja kepada pelanggan Anda dan mendapatkan keunggulan kompetitif.

 

Buat Paket Hosting Anda Sendiri

Paket hosting yang Anda tawarkan sekali lagi akan ditentukan oleh ekspektasi Anda tentang siapa pelanggan Anda nantinya yang akan membeli paket tersebut dari Anda. Pertimbangan utama adalah strategi harga yang Anda terapkan. Biasanya Anda tidak akan dapat bersaing hanya dalam harga melawan perusahaan hosting besar, jadi faktor-faktor seperti alokasi sumber daya seperti ruang disk, bandwidth, database, dll. Jenis perangkat keras dan perangkat lunak yang tersedia dan kualitas dukungan harus menentukan harga rencana-rencana paket Anda tersebut.

 

Baca Juga  :     Cara Menjadi Reseller Domain yang Untung dengan Mudah

 

Rencanakan Sistem Pendukung Anda

Anda memerlukan panel kontrol, ditambah perangkat lunak dan penagihan untuk mengelola dan mendukung pelanggan Anda. Apa pun yang Anda pilih, Anda harus memahami sistem Anda karena itu akan bertindak sebagai tulang punggung komunikasi Anda dengan pelanggan. Anda juga perlu merencanakan logistik dukungan yang Anda tawarkan, misalnya, waktu tertentu yang Anda berikan dukungan yang sesuai dengan harga yang Anda tawarkan dan pengaturan antara Anda dan tuan rumah terkait cara Anda menangani masalah perangkat keras fisik.

 

Tentukan Persyaratan Layanan Anda

Setiap penyelenggara, termasuk pengecer reseller, perlu menetapkan syarat dan ketentuan layanan untuk mencegah aktivitas ilegal, kasar, atau mengganggu oleh pelanggan. Untuk pengecer, ini harus sesuai dengan kebijakan penggunaan yang dapat diterima oleh tuan rumah. Biasanya persyaratan ini selalu dapat ditemukan di situs web host, tetapi jika Anda membutuhkan panduan atau dukungan lebih lanjut, Anda harus menghubungi host Anda untuk membuat dokumentasi Anda dan memastikannya sah secara hukum.

 

Baca Juga  :     Cara Setting Child Nameserver untuk Reseller Hosting

 

Luncurkan Bisnis Hosting Anda Secara Online

Sama seperti bisnis lainnya, Anda perlu membawa layanan hosting Anda ke pasaran yang lebih besar dan luas. Tentu saja, ini melibatkan pembuatan situs web eCommerce atau, jika hosting web adalah perpanjangan dari layanan Anda saat ini, Anda dapat menambahkan halaman arahan dan fungsi sistem dukungan ke situs bisnis Anda yang ada. Dari sini, terserah Anda bagaimana pendekatan Anda terhadap strategi pemasaran, apakah Anda menggunakan iklan bergambar atau penelusuran, mengembangkan rencana pemasaran konten organik, atau yang lainnya.

Kunci sukses reseller hosting adalah memperlakukannya seperti bisnis, baik ketika Anda menyediakan infrastruktur terkelola atau layanan aplikasi, pelanggan Anda mengharapkan keandalan dan profesionalisme. Host yang Anda andalkan untuk layanan pengecer Anda meletakkan dasar dari ini, dan itulah mengapa dalam banyak hal, tahap awal dalam memilih host adalah yang paling penting dan krusial untuk meluncurkan dan melanjutkan bisnis ini.

 

Tips Mengembangkan Bisnis Reseller Hosting

Cara Menjadi Reseller Hosting yang Untung dan Mudah
 

Setelah Anda mendapatkan pijakan pertama dalam memulai bisnis ini, maka teruslah menggali lebih dalam lagi. Anda mungkin berpikir bahwa hal itu hanya berkisar pada menarik pelanggan baru secara terus-menerus, tetapi jangan lupakan mereka yang telah menjadi klien Anda pertama kali.. Menurut para ahli, pelanggan yang sudah Anda miliki adalah pilihan terbaik Anda untuk meningkatkan penjualan. Lakukan apa pun untuk membantu mereka mengembangkan keberadaan online mereka ke titik di mana mereka perlu meningkatkan ke paket yang lebih mahal, mencari add-on tambahan, atau ingin memulai situs web yang sama sekali baru.

Sebaliknya, mereka akan mendukung bisnis Anda kepada orang lain, menghadirkan lebih banyak klien untuk Anda. Mempromosikan bisnis Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya, atau anggaran iklan yang sangat besar. Pastikan untuk memanfaatkan media sosial menjadi cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang ada dan menjangkau pelanggan baru. Hampir 75% pemasar yang disurvei saat ini percaya bahwa upaya mereka di media sosial Facebook, Twitter, dan platform lain sangat efektif untuk kemajuan bisnis mereka.

 

Baca Juga  :       Update Harga Lisensi cPanel dan Dampaknya Untuk Layanan Hosting Anda

 

Kesimpulan dan Penutup

Karena bisnis hosting web pengecer Anda bukanlah toko fisik yang mendapatkan pelanggan berdasarkan radius geografis, menambahkan bisnis Anda ke direktori online seperti mesin telusur seperti Google atau Yahoo mungkin tidak terlalu relevan. Namun, Anda dapat menarik mesin pencari dan mendapatkan penempatan yang lebih tinggi dalam hasil pencarian dengan mengoptimalkan kata kunci, kecepatan memuat halaman, dan metrik lainnya sebagai bagian dari SEO.

Sedangkan untuk memilih penyedia jasa layanan hosting yang terlengkap dengan fitur maupun dukungan 24 jam mungkin sedikit membingungkan. Mulai dari penyedia hosting skala global yang mempunyai reputasi maupun kumpulan paket yang menggiurkan hingga penyedia lokal. Untuk penyedia lokal terbaik saat ini, Anda bisa mencoba  dan mengujungi laman resmi IDCloudHost Indonesia https://idcloudhost.com/ yang telah mempunyai pengalaman melayani ribuan klien yang tentunya akan juga turut membantu Anda menjadi reseller hosting yang sukses.

 

Related Post :