Cara Mudah dan Cepat Agar Website di Index oleh Google (Mesin Pencarian)

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Jika website yang Anda buat tidak bisa di detect di Google Index, maka ini adalah masalah terbesar Anda, alhasil website Anda tidak bisa muncul di mesin pencarian juga orang-orang yang Anda tuju tidak akan mengetahui bahwa website Anda tetap eksis di dunia maya. Tetapi hal ini jangan Anda khawatirkan, sebab ada cepat agar website di Index oleh Google.

Sebelum menggunakan cara agar website di Index oleh Google ada baiknya ketahui dahulu apa yang dimaksud dengan Google Index, cara yang bisa dilakukan dengan Google Index, juga mengapa ini sangat penting bagi kemajuan dan kelanjutan website Anda.

Apa Google Index Itu? Ketahui Sebelum Menggunakan Cara Cepat Agar Website di Index oleh Google
Anda ingin menggunakan cepat agar website di Index oleh Google tidak bisa dilakukan begitu saja ada baiknya ketahui dahulu apa yang di maksud Google Index tersebut. Google Index adalah kumpulan dari database yang isinya berbagai informasi dan berbagai halaman website yang terkumpulkan oleh Google. Maka, dari kumpulan database inilah maka Google dapat menampilkan berbagai hasil pencarian untuk penggunaannya.

Semua database tersebut diperoleh dari banyak proses crawling serta Indexing dan dilakukan sendiri oleh Google. Crawling serta Indexing menjadikan Google dapat menemukan banyak halaman website yang baru di dunia maya dengan menggunakan satu teknologi yang diberi nama Spiders dan Spiders pada Google sendiri sering dinamakan Googlebot.

Baca Juga : Panduan Dasar SEO untuk Pemula (On Page dan Off Page)

 

Pentingnya Menggunakan Cara Cepat Agar Website Di Index Oleh Google

 

Penggunaan cara ini harus dilakukan supaya website Anda bisa masuk dalam daftar Google Index, website yang ingin dimunculkan pada mesin pencarian harus terlebih dahulu ada di Google Index, dengan demikian Google menyadari bahwa website yang Anda gunakan masih aktif.

Tetapi tidak juga bahwa website akan menaruh halaman website Anda menjadi ranking yang tertinggi ketika kata kunci dalam pencarian sama. Tetapi Index dan ranking itu sendiri adalah hal yang berbeda. Ranking sendiri identik dengan SEO (Search Engine Optimization) dan masuk dalam Index harus didahulukan sebelum dapat berkompetisi dalam Ranking dengan pencarian serta mengurus SEO.

 

Cara Cepat Agar Website di Index Oleh Google dengan Mengetahui Hal Berikut

 

Sebagai pengguna website bisa mengecek sendiri apakah website yang Anda gunakan telah masuk dalam daftar Google Index atau belum dengan cara: “Site:websiteAnda.com”. Jika website telah masuk dalam daftar Google Index maka website Anda masuk dalam pencarian tersebut. Namun, jika website Anda belum masuk dalam daftar Google Index maka tidak akan ditemui dalam penelusuran tersebut.

 

Manfaat Google Webmaster Untuk Optimasi

 

Google search console memiliki manfaat terutama bagi para SEO yang melakukan optimasi website. Secara garis besar, manfaat ini berkaitan dengan performa. Para SEO dapat memantau performa website mereka berdasarkan data-data yang berupa angka-angka dan grafik. Berikut beberapa manfaatnya.

 

  1.  Indexing Halaman di Google

    Setiap halaman web yang sudah diupdate belum tentu langsung mendapat perhatian oleh mesin pencarian seperti Google. Sehingga, saat pengguna internet melakukan pencarian, bisa jadi halaman website Anda masih belum dapat ditemukan. Dengan fitur google index, Anda bisa mengindex halaman melalui url yang Anda masukkan. Selain indexing, pada fitur ini dapat melihat content keywords, blocked resources dan melakukan remove URLs. Di sini para webmaster dapat melakukan pengaturan link secara maksimal.

  2. Melihat Data Search Traffic

    Search Traffic adalah data terkait performa kunjungan dan aktivitas website secara real time. Semakin tinggi traffic web, seharusnya semakin memberikan keuntungan bagi optimasi website. Sehingga melalui data traffic web ini, para webmaster dapat melakukan improvisasi pada halaman website berdasarkan tinggi dan rendahnya traffic. Search traffic bisa dilihat berdasarkan data page, query, device, country, tanggal dan search appearance. Pengelompokan berdasarkan page adalah melalui link halaman yang mengarah ke website. Sedangkan query adalah data pencarian berdasarkan kata kunci.

  3. Tampilan Data Performance, sumber Data Pribadi

    Device maksudnya adalah data pengunjung yang menggunakan device tertentu seperti mobile phone, tablet, desktop yang dipakai untuk mengunjungi website Anda. Untuk country adalah data pengunjung website berdasarkan negara dan tanggal adalah data pengunjung website berdasarkan tanggal tertentu.

  4. Coverage

    Coverage adalah laporan yang menampilkan posisi indexing setiap URLs halaman website Anda baik yang telah dikunjungi atau yang sedang dicoba untuk dikunjungi oleh Google. Laporan ini berupa status yaitu error, warning dan valid. Selain itu terdapat juga alasan bagi setiap status, misalnya penyebab error.

Baca Juga : Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Website

 

Cara Cepat Agar Website di Index Oleh Google

Jika website Anda belum bisa ditelusuri berarti belum masuk dalam daftar Google Index, dan cara yang bisa Anda lakukan supaya bisa masuk dalam daftar Google Index terlebih dahulu adalah dengan menggunakan  cepat agar website di Index oleh Google di bawah ini!.

 

1. Website ditambahkan pada Google Search Console

 

 

Langkah pertama agar website di Index oleh Google adalah dengan memasukkan website pada Google Search Console yang merupakan alat yang bisa secara gratis digunakan oleh para pengguna website dengan tujuan memonitor kinerja dari website tersebut.

Fungsi yang dimiliki oleh Google Search Console adalah penting di proses Indexing dengan dapat melihat berapa seringnya Googlebot Crawling ke website tersebut. Melalui Sitemaps bisa melihat apakah dapat memperbaiki ketika ada jenis proses crawl yang sedang error.

 

2. Membuat Sitemap

 

Buatlah sitemap XML supaya Googlebot dengan mudah memahami isi dari website Anda. Sitemap XML ini adalah daftar halaman website yang dituju untuk mesin pencarian supaya website bisa dengan gampang ditemukan dengan ini maka akan membuat website Anda dapat dilacak oleh Index.

Menggunakan sitemap HTML dalam hal ini beda dengan Sitemap XML, sebab jika Sitemap ditujukan pada mesin pencarian maka sitemap HTML digunakan pada pengunjung di website.

 

3. Membuat Robots.txt

 

Cara website di Index oleh Google yang ini digunakan untuk member tahu mesin pencarian berkenaan dengan halaman yang akan diakses serta halaman apa yang tidak diakses. Namun perlu diingat bahwa Google Index juga bisa menghapus secara permanen website Anda jika Anda duplikat konten yang sama dengan website yang lainnya.

 

4. Membuat konten

 

Cara cepat agar website di Index oleh Google yang bisa dilakukan bahkan sebelum website Anda masuk ke dalam Google Index adalah dengan membuat konten di dalamnya, sebab hal ini juga yang menjadi kunci website Anda segera masuk dan dideteksi oleh Google Index. Namun pastikan Anda tetap menciptakan dan membuat konten yang bermanfaat dan tidak mengandung sara atau pornografi.

 

5. Memperbanyak menggunakan internal Link

 

Ada baiknya membuat konten dengan menghubungkan konten satu dengan konten yang lain melalui internal Link yaitu Link yang digunakan pada satu halaman menuju halaman yang dalam satu website. Dengan demikian Googlebot akan sangat terbantu dalam memahami hubungan ari konteks yang ada dalam website Anda ke halaman website yang Anda tuju.

 

6. Membuat halaman pada kategori konten

 

Jika banyak konten yang dibuat di website ada baiknya menggunakan halaman kategori konten. Hal ini berisi daftar konten yang ada di website Anda yang dapat membantu para pengunjung, juga Googlebot bisa semakin mudah menjelajah website yang Anda buat secara efisien.

 

7. Bangunlah Backlink yang berkualitas

 

Backlink adalah jenis link yang digunakan untuk website Anda dengan tujuan mengarah ke halaman website yang Anda gunakan. Backlink ini lumayan penting untuk Indexing karena Googlebot bisa menemukan halaman yang baru adalah melalui backlink ini. Dengan demikian semakin banyak mendapatkan backlink yang berkualitas di berbagai website membuat Googlebot semakin gampang menemukan website yang digunakan.

 

Kesimpulan dan Penutup

Nah, Bagimana menurut anda? Mudah bukan ? agar Website anda dapat di Index oleh Google. Tahukah anda manfaat dari website anda terindeks? beberapa manfaat webmaster untuk optimasi yaitu agar website anda dapat terindeks di google, melihat data traffic, Coverage, dan dapat melihat data performance.

Salah satu caranya ialah membuat konten setiap hari secara rutin dengan menerapkan kata kunci yang akan digunakan pada key performance indikator SEO, kemudian anda wajib membangun backlink internal. Dengan membangun Backlink Internal, anda dapat menarik perhatian pembaca agar lebih lama berada dalam website anda dan membaca konten konten yang terdapat dalam website anda.

Agar dapat mempermudah pengunjng anda perlu memperhatikan tata letak konten dalam website anda. Jangan sampai kategori blog dalam website anda tercampur dengan kategori lainnya. Hal ini, juga merupakan sebuah trick untuk memancing minat pengunjung untuk mengunjngi website anda.

Related Post :

popup image