Cara Mudah Menambahkan Schema & Rich Snippet di WordPress

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Ketika mencari sebuah informasi di mesin pencari seperti Google, kita akan mendapatkan hasil pencarian dengan tampilan kalimat di bawah judul dari kata kunci pencarian. Selain itu, hasil pencarian juga menampilkan berbagai macam tampilan hasil seperti berbentuk star rating yang mengurutkan ranking terbaik, hingga rekomendasi produk lengkap dengan harga dan perbandingan pembelian yang disarankan.

Tampilan inilah yang disebut dengan rich snippet yang memang dimunculkan secara khusus untuk membantu menekankan pilihan hasil kata kunci. Google sendiri tidak memilih snippet dengan asal- asalan dan kemudian menampilkannya dengan hasil format berbeda pula. Justru setiap snippet yang ada telah mempunyai kode khusus sehingga Google akan menampilkan konten yang Anda cara dengan lebih layak.

Cara ini berarti bahwa setiap konten yang ada di internet dapat dilihat dengan format rich snippet. Format ini akan membantu para pencari kata kunci dan menjelaskan setiap konten yang muncul dengan singkat dengan mengunggulkan key words yang sebelumnya. Lalu bagaimana cara memasang rich snippet pada konten Anda? Simak cara mudah menambahkan schema dan rich snippet di WordPress dibawah ini.

 

Mengenal Apa itu Rich Snippet?

Rich snippet adalah potongan kumpulan beberapa baris teks yang mempunyai nilai lebih sebagai informasi tambahan yang ditampilkan pada setias hasil pencarian search engine SERP. Teks snippet ini muncul berdasarkan permintaan kata kunci yang dicari pengunjung dan masih bersifat sesuai serta relevan atau berhubungan dengan apa yang mereka ketik pada kolom pencarian tadi. Nilai lebih yang dimaksud disini termasuk author atau pembuat konten, produk, review dan rating, file video dan audio serta lain sebagainya.

Pemakaian penerapan rich snippet di WordPress akan memungkinkan penggunanya untuk memiliki daftar pencarian kustom seperti pada konten khusus resep, review, event dan lainnya. Sistem cara ini memberikan pilihan bagi pemilik situs web untuk berkomunikasi dengan search engine. Adanya data yang terstruktur akan memudahkan mesin pencari untuk melihat berbagai jenis konten dan kemungkinan di setiap situs web yang lalu menggunakan rich snippet untuk menampilkan informasi yang dianggap relevan dengan hasil pencarian.

Dengan begitu informasi tambahan pada hasil pencarian membuat domain web dan daftar artikel Anda akan muncul pada pencarian. Tiap konten dan hasil pencarian relevan yang muncul akan juga membawa pengaruh baik bagi pemilik situs web, seperti adanya traffic dan lalu lintas organik yang baik bagi website. Hal ini juga akan membantu dalam membangun otoritas niche Anda, menjadikan situs web Anda lebih terlihat dan teridentifikasi dalam setiap hasil pencarian yang mempunyai kata kunci yang relevan.

 

Mengenal Apa itu Schema

Tidak jauh berbeda, schema juga hampir mirip dengan dan saling berkaitan dengan rich snippet meski sedikit berbeda. Schema markup atau yg sering disebut Google sebagai structured data markup adalah kode di balik layar untuk mempermudah search engine dalam memahami konteks dan struktur dari sebuah website. Schema markup dapat memberitahu search engine mengenai rating dengan jumlah bintang tertentu dan harga barang dalam mata uang tertentu pula.

Meski search engine mengalami peningkatan kepintaran, tapi cara ini masih berlaku untuk search engine dalam memahami dengan mudah sebuah petunjuk dari sebuah konten seperti pada rating dan harga tadi. Jadi ketika search engine melakukan crawling pada situ dengan schema markup maka search engine dapat menggunakan data tersebut untuk membuat rich snippet yang ditampilkan pada hasil pencarian. Rich snippet akan menyesuaikan dengan konten anda menurut jenis konten dan niche Anda. Dengan kata lain, schema markup adalah sistem untuk robot search engine dan snippet adalah tampilan yang muncul untuk pengunjung nyata atau manusia.

Baca Juga : Panduan Search Engine Optimization (SEO) Terupdate dan Terbaru di 2020

 

Manfaat Schema dan Rich Snippet

Website yang mengimplementasikan schema markup terbukti dapat menaikkan kunjungan organik yang cukup tinggi bagi sebuah website, maka sebuah rich snippets yang dihasilkan dari schema markup mempunyai manfaat seperti dibawah :

  • Membantu mesin pencari memahami konten situs web Anda dengan tepat sasaran.
  • Konten Anda memiliki kesempatan tampil di hasil pencarian Google dan menjadi Knowledge Graph yang adalah ringkasan artikel yang tampil pada urutan pertama.
  • Menampilkan kolom pencarian di bawah URL setiap kali nama website Anda di ketik di kolom pencarian.
  • Memastikan detail dan niche yang sesuai.

Baca Juga :  Mengenal Apa itu RankingCoach dan Fungsinya untuk SEO Website

 

Cara Menambahkan Rich Snippet di WordPress

 

Ada banyak cara untuk menambahkan dan memasang rich snippet seperti menggunakan plugin khusus seperti schema markup, WP SEO Structured Data Schema dan lainnya baik itu yang gratis maupun berbayar. Salah satu plugin yang bisa Anda coba adalah All In One Schema Rich Snippets yang mempunyai pengguna terbanyak dibanding plugin lain. Berikut ini langkah- langkah pemasangan yang bisa Anda coba.

  1. Instal dan aktifkan plugin

    Lakukan instal melalui dashboard, klik Plugins > Add New dan ketikkan All In One Schema Rich Snippets. Klik Install Now dan klik Activate. Setelah aktif Anda akan dibawa kembali ke dashboard untuk melakukan pengaturan.

  2. Pengaturan plugin

    Anda akan mendapatkan 3 opsi pengaturan yaitu nama data yang ditampilkan, tampilan warna dan WooCommerce. Pengaturan pertama dapat dilakukan pada tab Configuration, pengaturan kedua dilakukan pada tab Customization. Sedangkan pengaturan WooCommerce sudah terpasang secara otomatis.

  3. Konfigurasi post

    Apabila plugin telah terkonfigurasi dengan sempurna, berikutnya adalah menambahkan schemas pada post yang Anda inginkan dengan menuju halaman post dan mengklik bagian Configure Rich Snippet. Isi kolom penjelasan tersebut dan nanti setelah di publikasikan aka menampilkan kotak ringkasan teks snippet.

Baca Juga :  Panduan Lengkap SEMrush Tools SEO Untuk Pemula dan Pebisnis

 

Kesimpulan dan penutup

Pada dasarnya setiap konten bisa menggunakan format rich snippet bukan hanya terbatas pada konten bertema resep, ulasan atau review maupun artikel berita. Anda bisa menggunakan rich snippet dalam web dengan beragam niche untuk menambah daya tarik konten Anda selain memang membantu menjelaskan konten Anda pada kotak teks snippet di hasil pencarian.

Anda dapat juga mengandalkan schema rich snippet ini sebagai salah satu komponen dari SEO yang sederhana dan ramah bagi pemula namun juga memiliki dampak yang baik. Perlu diingat untuk selalu memilih jenis schema yang sesuai dengan konten Anda agar tidak melenceng jauh dan hilang dari kemunculan di search engine seharusnya. Maka dari itu sesuaikan niche Anda dengan isi konten yang detail serta hindari terlalu banyak informasi berlebihan atau justru isi yang terlalu singkat.

Berikan informasi data dan review yang spesifik dan kecilkan isi konten Anda pada satu tema tertentu saja agar lebih terdedikasi dan jelas. Isi snippet Anda dengan penulisan yang padat dan jelas karena keterbatasan 200 kata tentu juga tidak bisa diisi dengan kalimat yang bertele- tele. Rangkum kesulurahan artikel Anda dengan cerdas dan menarik agar lebih banyak mengundang lebih banyak kunjungan organik.

Related Post :