Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sama seperti platform media sosial seperti Instagram atau Facebook yang bisa dijadwalkan, maka begitu juga YouTube. Bagian dari pengetahuan dasar YouTube adalah mengetahui cara menjadwalkan video sebelumnya. Tips ini akan selalu berguna saat Anda sibuk, bepergian, atau hanya ingin videonya aktif pada waktu tertentu.

Anda mungkin tergoda untuk mempublikasikan video YouTube segera setelah diupload dan diproses. Mengatur jadwal terbit postingan akan memberi Anda waktu untuk mengatur semuanya dengan lebih matang, menyempurnakan tag kata kunci dan membuatnya siap untuk digunakan daripada melakukan perubahan menit-menit terakhir yang bisa membuat postingan Anda terlihat kalang kabut.

Setelah menghabiskan banyak waktu untuk merekam dan mengedit rekaman video, wajar jika Anda ingin menyampaikannya kepada audiens Anda secepat mungkin. Tetapi bisa saja Anda sudah mempunyai waktu khusus karena penonton Anda sudah terbiasa menunggu konten Anda sesuai waktunya. Berikut cara posting terjadwal di YouTube jika Anda ingin mengunggahnya dengan waktu tertentu.

 

Manfaat Posting Terjadwal di YouTube

Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet
 

Ada beberapa keuntungan menjadwalkan video di YouTube daripada langsung mempublikasikannya begitu Anda selesai membuat konten Anda. Berikut ini beberapa yang manfaat terbesar dari adanya penjadwalan konten :

 

  • Menargetkan pemirsa yang relevan

    Penjadwalan memungkinkan Anda mempublikasikan video saat pelanggan Anda online dan aktif. Anda mungkin mengupload video pada dini hari atau ketika Anda selesai mengedit konten Anda, tetapi hanya sedikit yang akan melihatnya jika video ditayangkan saat itu karena bisa saja itu adalah waktu sepi.

  • Mengatur video yang banyak

    Tidak ada yang suka apabila sebuah saluran YouTube yang menerbitkan banyak video sekaligus dalam satu waktu. Waktu publikasi yang tiba- tiba dan terkesan tergesa- gesa akan membuat saluran YouTube Anda kelihatan tidak kredibel. Maka dari itu, atur jadwal terbit konten Anda agar juga membuat channel Anda terlihat rapi dan mempunyai jadwal tayang yang teratur.

  • Penghematan waktu

    Anda bisa saja mengalami hari yang sibuk dimana Anda mempunyai keperluan lain yang mendesaat saat itu, tetapi Anda juga memiliki kewajiban untuk memposting konten YouTube Anda. Oleh karenanya, menjadwalkan video konten Anda lebih dulu dapat membantu pekerjaan Anda lebih ringan lagi.

 

Baca Juga  :     Cara Iklan di YouTube dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Cara Memverifikasi Akun di YouTube

Untuk dapat membuat dan menjadwalkan postingan YouTube Anda, maka Anda perlu melakukan verifikasi akun Anda. Setelah adanya verifikasi, maka langkah selanjutnya untuk dalam menjadwalkan postingan Anda, adapun langkah verifikasi akun adalah :

  • Memverifikasi channel YouTube

    Jika Anda telah membuat saluran YouTube, klik ikon profil YouTube Anda dan pilih opsi tarik-turun ketiga yakni YouTube Studio yang akan membawa Anda ke dasbor saluran Anda. Di kolom sebelah kiri, di bawah ikon profil Anda, Anda akan melihat lebih banyak opsi yang tersedia dan sulir ke bawah dan pilih Pengaturan. Setelah berada di Setelan, klik Saluran lalu Kelayakan fitur dan di bagian bawah bagian itu, klik Status dan Fitur. Di sini, Anda akan melihat apakah akun Anda sudah diverifikasi atau Anda dapat memulai proses verifikasi.

  • Buktikan bahwa Anda manusia

    Untuk mendapatkan verifikasi, YouTube akan meminta Anda untuk memilih negara tempat Anda berasal dan bagaimana Anda ingin menerima kode verifikasi. Kemudian, Anda akan diminta memberikan nomor telepon kontak Anda.

  • Masukkan kode verifikasi Anda

    Segera setelah memilih metode verifikasi, Anda akan menerima kode enam digit. Bergantung pada opsi mana yang Anda pilih, itu akan diterima melalui pesan teks atau ke telepon Anda sebagai pesan suara otomatis. Masukkan itu ke dalam kotak yang tersedia dan klik Kirim.

  • Akun sudah diverifikasi

    Memverifikasi saluran Anda juga akan memberi Anda akses ke beberapa fitur YouTube lainnya, seperti gambar mini khusus dan video yang lebih panjang dan fitur- fitur dukungan lainnya yang lebih luas.

 

Baca Juga  :   Cara Download Subtitle di YouTube Terbaru dengan Mudah dan Aman

 

Cara Posting Terjadwal di YouTube Langsung di YouTube

Cara Posting Terjadwal di YouTube Langsung di YouTube

YouTube sendiri memberikan banyak kemudahan langsung pada para penggunanya sehingga Anda dapat membuat jadwal posting langsung dari akun YouTube Anda. berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda tempuh :

  • Unggah video Anda

    Klik ikon kamera di pojok kanan atas YouTube atau Anda bisa mengklik tombol Create berwarna merah jika Anda berada di YouTube Studio. Lalu, seret dan lepas video Anda untuk yang hendak diunggah.

  • Tambahkan detail video Anda

    Tambahkan judul, deskripsi, dan gambar thumbnail. Selain Juga saat Anda akan memilih playlist mana yang Anda inginkan untuk menampilkan video Anda dan detail penonton untuk video tersebut atau Anda dapat menempatkan batasan usia apa pun di sini.

  • Pilih Jadwal

    Setelah mengerjakan tab elemen Detail dan Video, maka Anda akan sampai di tab Visibilitas. Di sinilah Anda akan melihat opsi untuk menyimpan, menerbitkan, atau menjadwalkan. Pertama, pilih apakah Anda ingin video tersebut disetel untuk publik atau pribadi setelah ditayangkan. Kemudian, klik Jadwalkan dan Anda juga memasukkan tanggal dan waktu yang Anda inginkan untuk menayangkan video Anda.

  • Klik Jadwalkan

    Setelah Anda mengklik opsi tombol pada Jadwalkan, maka Anda akan dapat melihat pemberitahuan ini jika video Anda telah berhasil dijadwalkan.

 

Baca Juga  :    Cara Memperoleh View di YouTube dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Posting Terjadwal di YouTube Melalui Smartphone

menjadwalkan youtube
Lalu bagaimana jika Anda ingin mengunggah postingan video Anda melalui smartphone? Tentu saja bisa, mengingat smartphone lebih praktis, efisien dan bisa digunakan kapan dan darimana saja, maka YouTube pun mendukung versi mobile yang akan memudahkan banyak para penggunanya. Untuk menjadwalkan video YouTube dari ponsel Anda, Anda perlu mendownload dua aplikasi ke ponsel Anda yakni aplikasi YouTube dan aplikasi YouTube Studio. Sedangkan langkah selanjutnya adalah :

  • Setelah Anda masuk ke aplikasi YouTube pada ponsel Anda, klik ikon kamera. Pilih video yang ingin Anda upload. Kemudian, klik Next untuk mengunggah video Anda ke aplikasi YouTube.
  • Tambahkan judul, deskripsi, dan lokasi video. Kemudian, pastikan video tersebut ditandai sebagai pribadi dan kemudian klik Unggah.
  • Buka aplikasi YouTube Studio yang mana disini Anda akan melihat video pribadi yang baru saja Anda upload tadi.
  • Klik pada video pribadi itu dari daftar video Anda. Itu akan membawa Anda ke layar video Anda dan edit video Anda disini. Kemudian, klik tombol Edit yang berbentuk ikon pensil di pojok kanan atas.
  • Ubah video dari pribadi menjadi Terjadwal. Kemudian, pilih tanggal dan waktu Anda ingin video Anda dapat dilihat oleh mata umum.
  • Klik Simpan untuk menjadwalkan dan ketikan Anda mengunjungi kembali daftar video Anda, Anda akan melihat bahwa itu telah berhasil dijadwalkan dengan sukses.

 

Baca Juga  :     Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Kelebihan Anda penjadwalan postingan YouTube adalah jika Anda merasa melakukan kesalahan, maka Anda dapat mengedit waktu publikasi yang dijadwalkan kapan saja dengan mengklik link halaman video yang Anda berikan setelah penjadwalan awal tadi, lalu mengklik Edit Video di pojok kanan bawah. Atau, Anda dapat mengubah waktu dan tanggal dengan membuka dasbor YouTube Studio Anda, mengklik Video dari menu sebelah kiri, lalu mengklik Dijadwalkan.

Selain itu Anda juga dapat mencoba zona waktu alternatif dari waktu unggah video Anda biasanya. Jika Anda mengupload video yang mungkin menarik bagi penonton di negara tertentu, mengapa tidak menjadwalkannya sesuai dengan zona penonton yang ingin Anda jadikan target audiens Anda berikutnya.

Related Post :

popup image