Cara Setting APN Indosat, APN Telkomsel dan lainnya Tercepat & Stabil 2020

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Saat ini internet menjadi kebutuhan utama dalam hampir banyak di segala hal kehidupan. Siapa saja pasti memerlukan koneksi dan jaringan internet untuk dapat berkomunikasi dan terus terhubung dengan jaringan internet. Tetapi tidak dapat dipungkiri pula, internet terkadang sangat lambat bahkan hingga terputus jaringannya.

Masalah keterlambatan atau jaringan yang terkadang seakan terputus sebentar ini memang adalah permasalahan biasa yang bisa ditemui pada banyak provider. Baik itu jaringan Telkomsel, Indosat, XL, Tri dan lain- lain. Tentunya ini harus diatasi berdasarkan masing- masing provider pula karena setiap APN-nya berbeda- beda juga.

APN sendiri juga banyak jenis dan tipe sehingga Anda dapat memilihnya dari yang paling tercepat dan termudah untuk dilakukan. Mengingat banyaknya penggunaan internet yang harus cepat dan laju untuk bermain game, melakukan streaming, browsing atau sekedar mengunduh aplikasi atau film. Berikut ini cara setting APN yang bisa Anda coba menurut provider Anda masing- masing.

 

Mengenal Apa Itu APN

Access Point Name (APN) adalah nama untuk pengaturan yang dibaca ponsel Anda untuk mengatur koneksi ke gateway antara jaringan seluler operator Anda dan Internet publik. Operator Anda membaca pengaturan ini untuk menghasilkan alamat IP, menghubungkan ke gateway aman yang benar, dan melihat operator perlu menghubungkan Anda ke jaringan pribadi seperti VPN. Semua pengangkatan berat dilakukan di sisi operator, tetapi kita perlu memastikan pengaturan yang tepat untuk mendapatkan jaringan yang kita butuhkan, dengan cara yang kita butuhkan untuk terhubung.

Bergantung pada bagaimana struktur jaringan operator Anda, pengaturan yang berbeda adalah hal yang wajib untuk setiap provider. Sisanya dapat sedikit diubah untuk mengubah beberapa parameter, tetapi bagi kebanyakan pengguna harus menggunakan pengaturan yang tepat yang disediakan oleh operator provider mereka. Kabar baiknya adalah ponsel Anda seringkali memiliki beberapa pengaturan APN yang sudah diprogram dan satu akan berfungsi untuk panggilan telepon secara otomatis. Sangat berguna jika Anda perlu menghubungi dukungan untuk mendapatkan bantuan jika salah satu pengaturan internal tidak berfungsi dengan benar dan Anda harus menambahkan APN sendiri.

Kabar buruknya adalah operator dapat menyesuaikan perangkat lunak telepon apa pun yang mereka jual, dan itu termasuk memblokir kemampuan untuk mengubah APN. Meskipun ponsel Anda tidak terkunci. Anda mungkin dapat menemukan solusi online, tetapi ada juga kemungkinan bagus bahwa Anda tidak akan dapat menggunakan jaringan lain.

 

Struktur Sebuah APN

Cara Setting APN Indosat, APN Telkomsel dan lainnya Tercepat & Stabil 2020
 

 

Pada umumnya APN terstruktur terdiri dari dua bagian yang dapat diidentifikasi dengan resmi. Adapaun 2 struktur APN tersebut yakni :

 

  • Network Identifier

    Struktur ini biasanya menentukan jaringan eksternal tempat Gateway GPRS Support Node (GGSN) terhubung. Secara opsional, mungkin juga termasuk layanan yang diminta oleh pengguna. Bagian dari APN ini wajib

  • Operator Identifier

    Struktur kedua ini bertugas menentukan jaringan domain paket operator tertentu di mana GGSN berada. Bagian dari APN ini opsional. PKS adalah kode negara seluler dan MNC adalah kode jaringan seluler yang secara bersama-sama mengidentifikasi operator jaringan seluler.

 

Baca Juga  :      Cara Mendapatkan Pulsa Gratis di Android dan iOS dengan Mudah dan Cepat

 

Pengenal operator identifier sendiri pada gilirannya terdiri dari dua bagian lain :

 

  • Kode Jaringan Seluler (MNC)
  • Kode Negara Seluler (MCC)

 

Karena MNC dan MCC adalah topik yang sama sekali berbeda, banyak yang tidak mengetahui mengenai identifier ini. APN sendiri dapat terlihat seperti ini: “internet(dot)mnc012(dot)mcc345.gprs”. Tapi, itu juga bisa menggunakan nama domain yang disesuaikan dari operator Domain Name Service (DNS). Ini akan memberi Anda APN seperti “terminal”, yang misalnya adalah APN yang paling umum digunakan untuk kartu SIM 1oT. APN khusus ditautkan dengan jaringan yang sama dan parameter pengenal operator tetapi hanya diterjemahkan oleh DNS.

 

Tipe- tipe APN

Cara Setting APN Indosat, APN Telkomsel dan lainnya Tercepat & Stabil 2020
 

Ada beberapa jenis APN tergantung pada fungsionalitas dan beberapa singkatan yang mungkin membingungkan Anda. Pada umumnya APN dapat dibagi berdasarkan apakah itu terhubung ke jaringan publik atau pribadi dan juga berdasarkan bagaimana alamat IP ditetapkan. Karenanya ada 4 tipe APN seperti :

 

  • APN publik

    Umumnya kebanyakan disebut hanya sebagai “APN”. Perangkat yang terhubung ke gateway dengan APN publik diberi alamat IP secara dinamis untuk sebagian besar mengakses internet.

  • APN publik dengan IP statis

    Gateway menetapkan alamat IP statis ke perangkat berdasarkan kumpulan IP jaringan publik yang tersedia.

  • APN Pribadi

    Sering juga disalahartikan sebagai “APN dengan VPN”. Perangkat yang memiliki konfigurasi APN pribadi dapat dihubungkan ke jaringan internal perusahaan sendiri melalui gateway.

  • APN pribadi dengan IP statis

    Gateway memberikan alamat IP statis ke perangkat berdasarkan kumpulan IP jaringan pribadi yang tersedia.

 

Jika dibandingkan APN Publik dan APN Pribadi, dapat dilihat bahwa APN Pribadi bahkan tidak memerlukan koneksi internet. APN pribadi memastikan penanganan data yang aman dengan tidak pernah mengizinkannya mengakses internet publik sementara pada saat yang sama tetap menggunakan infrastruktur jaringan seluler. Private APN dan Virtual Private Network (VPN) sering disalah artikan sebagai sama tetapi VPN adalah lapisan tambahan di atas internet publik untuk membuat saluran komunikasi yang aman. IP Dinamis tidak dapat diakses oleh koneksi masuk dan oleh karena itu tidak dapat digunakan untuk memulai komunikasi ke perangkat IoT atau M2M karena alamat IP ini tidak diketahui hingga perangkat memulai koneksi itu sendiri. APN dengan IP statis sepenuhnya dapat dirutekan dan dimungkinkan untuk memulai komunikasi secara eksternal.

 

Baca Juga  :     Cara Transfer Pulsa Telkomsel, Indosat, XL, dan Provider lainnya di Indonesia

 

Cara Setting APN Indosat

Melakukan pengaturan pada smartphone untuk setting APN Indosat sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan dan diikuti. Berikut langkah- langkah yang bisa Anda ikuti :

 

  • Buka menu Setting di smartphone Anda
  • Pilik menu opsti SIM SIM cards & mobile networks
  • Lalu pilih Access Point Names
  • Dari sini Anda akan melihat setting APN di perangkat Anda
  • Untuk dapat membuat APN baru, pilih New APN
  • Kemudian setting dan isi APN Anda
  • Simpan semua setting dengan mengklik tombol Save

 

Baca Juga  :      Daftar Harga Paket Internet Telkomsel Terbaru 2020

 

Cara Setting APN Telkomsel

Telkomsel adalah provider penyedia yang terbesar di Indonesia dengan banyak pengguna dengan skala nasional. Berikut ini cara setting APN Telkomsel yang bisa Anda coba untuk smartphone Anda :

 

  • Buka Setting atau Setelan di Android Anda
  • Cari dan temukan menu Jaringan Seluler
  • Lalu klik kartu SIM Telkomsel yang aktif
  • Kemudian masuk ke menu Access Point Name (APN)
  • Kemudian buka APN Telkomsel yang tengah aktif

 

Baca Juga  :      Cara Cek Kuota Internet Telkomsel, Indosat, XL, dan Provider lainnya di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Access Point Name (APN) adalah nama sebuah gateway diantara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G atau 4G dan jaringan komputer lain, juga biasanya Internet publik. Perangkat seluler yang membuat koneksi data harus dikonfigurasi dengan APN untuk diberikan ke operator. Operator kemudian akan memeriksa pengenal ini untuk menentukan jenis koneksi jaringan apa yang harus dibuat, misalnya alamat IP mana yang harus ditetapkan ke perangkat nirkabel, metode keamanan mana yang harus digunakan, dan bagaimana atau apakah, itu harus dihubungkan ke beberapa jaringan pelanggan pribadi.

Lebih khusus lagi, APN mengidentifikasi jaringan data paket (PDN) yang ingin berkomunikasi dengan pengguna data seluler. Selain untuk mengidentifikasi PDN, APN juga dapat digunakan untuk menentukan jenis layanan, (misalnya koneksi ke server Wireless Application Protocol (WAP), Multimedia Messaging Service (MMS)) yang disediakan oleh PDN. APN digunakan dalam jaringan akses data 3GPP, mis. Layanan Radio Paket Umum (GPRS), inti paket yang berkembang (EPC).

Related Post :