Cara Swipe Up Instagram Story dan Cara Mendapatkannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Siapa yang tidak mengenal fitur swipe up pada instagram story? Sudah sangat tidak asing bagi pengguna aplikasi Instagram dalam menggunakan fitur swipe up, namun sayangnya tidak semua pengguna instagram bisa merasakan fitur kece satu ini. Pasalnya ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan fitur swipe up, karena Instagram tidak memberikan fitur ini kepada semua penggunanya.

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digandrungi oleh masyarakat, media sosial ini memberikan kemudahan pada penggunanya untuk menampilkan foto atau video dengan durasi yang ditentukan. Aplikasi satu ini milik Kevin Systrom dan Mike Krieger yang dimulai sejak tahun 2010, hingga saat ini terus mengalami perbaikan untuk memudahkan banyak penggunanya.

Beberapa waktu lalu, perbaikan yang diberikan menghebohkan para penggunanya. Pasalnya Instagram memunculkan fitur swipe up pada storynya, di mana Anda bisa menautkan link halaman pada story tersebut tanpa harus memenuhi halaman home Anda dengan link-link di bio Instagram. Untuk mendapatkan fitur ini ada banyak hal yang harus Anda penuhi sesuai dengan ketentuan yang diberikan Instagram.

 

Apa Itu Fitur Swipe Up Instagram

Sejak diluncurkan pada tahun 2010 lalu, Instagram terus memberikan inovasi baru untuk memanjakan para penggunanya. Tak heran jika saat ini ia menjadi salah satu platform social media marketing yang dipilih oleh para pelaku marketer untuk memanfaatkan media sosial ini sebagai lahan bagus untuk usaha mereka, apalagi sejak dimunculkannya fitur swipe up yang menjadi angin segar bagi para pelaku bisnis ini. Fitur satu ini sangat diminati karena Anda bisa menautkan langsung link pada Instagram Story, karena feed tidak bisa klik link secara langsung. Menggunakan fitur ini bisa membuat pengguna Anda langsung menemukan laman yang Anda tautkan ketika mereka melakukan swipe up story, hal ini selain menguntungkan Anda dalam bisnis juga memudahkan pengikut untuk membuka halaman website tautan tanpa harus menuju link bio profil terlebih dahulu.

 

Fitur- Fitur Instagram

Cara Swipe Up Instagram Story dan Cara Mendapatkannya
 

Meski terlihat dengan interface atau antarmuka yang sederhana dan tidak terlalu banyak melakukan perubahan yang dramatis, namun inilah yang menjadi daya tarik bagi banyak peminatnya. Berikut ini adalah fitur- fitur yang bisa Anda coba dari akun Instagram Anda.

 

  1. Hashtag

    Pada Januari 2011, Instagram memperkenalkan tagar untuk membantu pengguna menemukan foto dan satu sama lain yaitu Hashtag (#). Instagram mendorong pengguna untuk membuat tag spesifik dan relevan, daripada menandai kata-kata umum seperti “foto”, untuk membuat foto menonjol dan menarik pengguna Instagram yang juga mempunyai minat yang sama.Pengguna di Instagram telah membuat “tren” mereke sendiri melalui hashtag dan pada Desember 2017, Instagram mulai memungkinkan penggunanya untuk mengikuti hashtag, yang menampilkan sorotan relevan dari topik dalam umpan mereka.

  2. Explore

    Juni 2012, Instagram memperkenalkan fitur “Explore”, sebuah tab di dalam aplikasi yang menampilkan foto-foto populer, foto yang diambil di lokasi terdekat, dan yang muncul pada pencarian. Tab ini diperbarui pada Juni 2015 untuk menampilkan tag dan tempat yang sedang tren, konten yang dikuratori, dan kemampuan untuk mencari lokasi.

  3. Filter Foto

    Instagram menawarkan sejumlah filter fotografi yang dapat diterapkan pengguna ke gambar atau foto mereka. Februari 2012, Instagram menambahkan filter “Lux”, efek yang dapat memberi efek mencerahkan bayangan, menggelapkan highlight, dan meningkatkan kontras. Sedangkan Desember 2014, Slumber, Crema, Ludwig, Aden, dan Perpetua adalah lima filter baru yang telah ditambahkan ke dalam filter Instagram.

  4. Video

    Awalnya layanan berbagi foto di Instagram hanya mampu mengunggah 15 detik video pada Juni 2013. Pada Agustus 2015, Instagram menambahkan dukungan untuk video layar lebar yang diikuti dengan pembaruan Maret 2016 yang memungkinkan video berdurasi 60 detik.

  5. IGTV

    IGTV adalah aplikasi video vertikal yang diluncurkan oleh Instagram bulan Juni 2018. Fungsionalitas dasar juga tersedia dalam aplikasi dan situs web Instagram. IGTV memungkinkan unggahan berdurasi hingga 10 menit dengan ukuran file hingga 650 MB, dengan pengguna yang telah diverifikasi dan populer diizinkan untuk mengunggah video berdurasi hingga 60 menit dengan ukuran file hingga 5,4 GB. Aplikasi ini secara otomatis mulai memutar video segera setelah diluncurkan.

  6. Instagram Direct atau Direct Message

    Instagram Direct adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna berinteraksi melalui pesan pribadi. Pengguna yang mengikuti satu sama lain dapat mengirim pesan pribadi dengan foto dan video. Ketika pengguna menerima pesan pribadi dari seseorang yang tidak mereka ikuti, pesan itu ditandai sebagai ditangguhkan dan pengguna harus menerima untuk melihatnya. Fitur ini mengalami pembaruan dengan memungkinkan untuk mengirim tautan situs web melalui pesan, dan juga menambahkan dukungan untuk mengirim foto dalam potret asli atau orientasi lanskap tanpa memotongnya (cropping).

  7. Instagram Stories

    Sebuah fitur baru diluncurkan bulan Agustus 2016 yang disebut Instagram Stories, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, menambahkan efek dan layer, dan menambahkannya ke cerita Instagram mereka. Gambar yang diunggah ke cerita pengguna akan berakhir atau kadaluwarsa setelah 24 jam.

  8. Instagram Ads atau Iklan

    Fitur baru yang satu ini lebih banyak diminati oleh akun- akun terverifikasi seperti merek dan brand besar yang ingin mempromosikan atau melakukan branding mereka lebih luas lagi. Iklan ini kini juga dapat digunakan oleh siapa saja dengan akun yang bersifat bisnis dan bukan akun pribadi.

 

Baca Juga  :   Memaksimalkan Fitur Stories Instagram untuk Bisnis Online

 

Syarat Mendapatkan Fitur Swipe Up

Cara Swipe Up Instagram Story dan Cara Mendapatkannya
 

Siapa sangka jika fitur ini tidak diberikan kepada semua pengguna Instagram, lantas siapakah yang bisa mendapatkan fitur tersebut. Untuk mendapatkan fitur swipe up pada story Instagram, akun Anda harus terdaftar sebagai akun bisnis dengan memiliki lebih dari 10 ribu pengikut. Namun bagaimana tidak memenuhi syarat tersebut? Ada cara yang bisa dilakukan seperti membuat akun yang sudah terverifikasi sehingga akun Instagram Anda akan mendapatkan pengakuan dari Instagram dan mendapatkan centang biru.

 

Baca Juga  :    Tutorial Cara Mendaftar Akun Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Membuat Instagram Swipe Up Story

Untuk menautkan link pada Instagram story tidaklah sulit, Anda bisa menautkannya dalam beberapa tahap saja. Berikut ulasannya.

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka Instagram story terlebih dahulu.
  • Kemudian Anda bisa memilih foto atau video yang ingin dibagikan kepada pengikut Anda, jika sudah Anda bisa klik tanda rantai yang terletak di sisi sebelah kanan atas dari Instagram Story.
  • Lanjut dengan memilih + URL dan memasukkan link yang ingin dibagikan, dan kemudian klik done di bagian kanan atas. Story Anda siap untuk dibagikan.

 

Baca Juga  :   Tips dan Cara Meningkatkan Jumlah Follower Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah viral dan dikenal oleh banyak orang, Instagram semakin banyak penggunanya. Semakin berkembang, justru semakin banyak perbaikan dan pembaharuan yang diberikan oleh Instagram. Pembaharuan ini berupa fitur-fitur baru yang keren dan membantu banyak pengguna, salah satunya fitur swipe up story. Fitur ini memberikan angin segar bagi para pelaku bisnis, sebab fungsinya untuk menautkan link secara langsung pada story Instagram. Sehingga pengikut yang melihat story tersebut tinggal menggulirkan ke atas pada layar smartphonenya, dan halaman yang ditautkan akan terbuka secara otomatis.

Pelaku bisnis yang merasa diuntungkan dengan fitur-fitur ini kemudian mulai menautkan link pada storynya untuk kemudian mengarahkan pengikut pada halaman bisnis mereka, tidak hanya para marketer tetapi juga menjadi keuntungan sendiri bagi para influencer. Namun tidak semua pengguna Instagram bisa mendapatkan fitur tersebut, hanya pengguna yang memenuhi syarat yang bisa mendapatkan fitur tersebut.

Related Post :