Cloud Object Storage : Karakteristik dan Manfaat Penggunaannya Bagi Bisnis

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Penyimpanan objek baru ada sejak pertengahan 90-an meski relatif baru. Cara penyimpanan dalam sistem komputer sendiri ada beberapa pilihan. Beberapa cara yang paling umum termasuk menggunakan berbagai jenis sistem file atau perangkat blok, menggunakan penyimpanan objek, menggunakan berbagai jenis database, dan sejumlah metode lainnya.

Setiap pendekatan penyimpanan ini sendiri juga memiliki kelebihan, kekurangan, dan persyaratan, bersama dengan kasus penggunaan yang akan diterapkan. Salah satu opsi penyimpanan yang terbaik adalah cloud object storage. Penyimpanan objek atau object storage jauh lebih terukur daripada penyimpanan sistem file tradisional karena jauh lebih sederhana.

Sejatinya object storage dirancang untuk menjadi solusi data statis yang besar dan dapat diskalakan. Tidak seperti penyimpanan file atau blok, penyimpanan objek tidak menggunakan hierarki atau pohon direktori. Sebaliknya, setiap unit data yang berbeda ada pada tingkat yang sama dalam kumpulan penyimpanan. Desain unik ini membuat penyimpanan objek lebih terukur, efisien, dan andal daripada semua solusi lain untuk data statis.

 

Memahami Definisi Object Storage

Object Storage adalah metode menyimpan dan kemudian mengambil set data sebagai kumpulan item atau objek tunggal yang dapat diidentifikasi secara unik. Ini berlaku untuk segala bentuk data yang dapat dibungkus dan dikelola sebagai objek. Objek yang ada diperlakukan sebagai unit atom. Tidak ada struktur yang sesuai dengan hirarki direktori dalam sistem file; setiap objek secara unik diidentifikasi dalam sistem dengan pengidentifikasi objek yang unik. Saat Anda membuat objek pada jenis penyimpanan ini, seluruh kumpulan data ditangani dan diproses tanpa memperhatikan sub-bagian apa yang mungkin dimilikinya.

Jadi jika membaca dari penyimpanan objek, Anda dapat membaca seluruh objek, atau meminta untuk membaca sebagiannya. Seringkali tidak ada kemampuan untuk memperbarui ke objek atau bagian dari objek mengingat seluruh objek biasanya harus ditulis ulang. Sebagian besar penyimpanan objek memungkinkan objek untuk dihapus dan juga sering mendukung meta-data. Ini adalah data yang merupakan bagian dari objek, tetapi selain ID objek dan data. Adapun objek yang dapat disimpan berupa kumpulan data sederhana, file, seluruh sistem file, video, mesin atau wadah virtual, database, daftarnya tidak terbatas, karena sistem penyimpanan hanya melihat dan mengelola objek sebagai ID objek yang dikaitkan dengan sepotong data .

Bagaimana objek disimpan tidak penting untuk aplikasi. Karena banyak sistem menggunakan penyimpanan berbasis file atau blok membuat beberapa diantaranya dirancang khusus dengan perangkat yang secara langsung mendukung objek. Terlepas dari bagaimana semua object disimpan, semua sistem penyimpanan objek mendukung API sederhana untuk membuat, membaca dan menghapus objek, dan untuk mencari meta-data.

 

Karakteristik Cloud Object Storage

https://www.netapp.com/data-storage/storagegrid/what-is-object-storage/
 

Secara tradisional, object storage menjadi solusi terbaik untuk menyimpan sejumlah besar data. Penyimpanan ini hampir tanpa batas, yang merupakan ide penyimpanan terbaik bagi kebutuhan dunia di mana tingkat data yang dihasilkan meningkat secara eksponensial. Aplikasi asli cloud modern yang menggunakan layanan mikro kini juga menggunakan penyimpanan objek sebagai lapisan data persistent. Berikut karakteristik cloud object storage yang baik :

  • Konsisten dan kuat

    Saat permintaan baca dibuat, object storage selalu menyajikan salinan terbaru dari data yang ditulis ke sistem.

  • Daya tahan

    Penyimpanan objek adalah layanan regional yang mana data disimpan secara berlebihan di beberapa server penyimpanan. Object storage secara aktif memantau integritas data menggunakan checksum dan secara otomatis mendeteksi dan memperbaiki data yang rusak yang akan secara aktif memantau dan memastikan redundansi data. Jika kehilangan redundansi terdeteksi, object storage secara otomatis membuat lebih banyak salinan data.

  • Kostumisasi metadata

    Anda dapat menentukan metadata ekstensif Anda sendiri sebagai pasangan nilai kunci untuk tujuan apa pun. Misalnya, Anda dapat membuat tag deskriptif untuk objek, mengambil tag tersebut, dan menyortir data.

 

Baca Juga  :     Alasan Website Bisnis Harus Menggunakan Virtual Private Server (VPS)

 

Contoh Penerapan dan Penggunaan Cloud Object Storage

Penyimpanan objek memiliki berbagai kasus penggunaan yang mengharuskan penyimpanan data ditingkatkan hingga petabyte dan lebih, semuanya tetap pada tingkat ketersediaan dan kinerja yang tinggi. Adapun contoh penerapan dan penggunaan object storage yang sering ditemukan adalah :

  • Data tidak terstruktur seperti musik, gambar, dan video
  • Cadangkan dan log file
  • Kumpulan besar data historis
  • File yang diarsipkan

 

Dari dontoh ini, mudah untuk melihat di mana penyimpanan objek memberikan nilai tambah dan batuan bagi bisnis atau siapa saja yang membutuhkannya. Cadangan dan arsip, misalnya, sangat penting untuk pemulihan jika terjadi kesalahan. Sedangkan kumpulan data historis dapat digunakan untuk menjalankan analitik data besar pada sumber seperti situs web e-commerce, situs web media sosial, sensor IoT, dan banyak lagi.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu Colocation Server Beserta Manfaatnya

 

Manfaat Penggunaan Cloud Object Storage

https://www.netapp.com/data-storage/storagegrid/what-is-object-storage/
 

Teknik penyimpanan objek menambahkan metadata komprehensif ke file, menghilangkan struktur file berjenjang yang digunakan dalam penyimpanan file, dan menempatkan semuanya ke dalam ruang alamat datar, yang disebut kumpulan penyimpanan. Metadata ini adalah kunci keberhasilan penyimpanan objek karena menyediakan analisis mendalam tentang penggunaan dan fungsi data di kumpulan penyimpanan. Ini yang membuatnya bagus untuk penyimpanan data bisnis karena sifat data yang besar, kompleks dan akan terus bertambah.

  • Dengan analisis data yang lebih besar, penyimpanan objek didorong oleh metadata, dan dengan tingkat klasifikasi ini untuk setiap bagian data, peluang untuk analisis jauh lebih besar.
  • Skalabilitas tak terbatas yang membuat bisnis dapat terus menambahkan data mereka kapan saja dengan tidak ada batasan.
  • Pengambilan data lebih cepat karena struktur kategorisasi penyimpanan objek, dan kurangnya hirarki folder, yang membuat Anda dapat mengambil data lebih cepat.
  • Karena sifat penyimpanan objek yang skala-out, lebih hemat biaya untuk menyimpan semua data Anda.
  • Mengingat penyimpanan objek tidak memiliki hierarki pengarsipan, dan metadata sepenuhnya dapat disesuaikan, ada batasan yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan penyimpanan file atau blok.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu Email Hosting dan Cara Kerjanya

 

Layanan dan Keunggulan Cloud Object Storage Indonesia

Bersamaan dengan digitalisasi yang akan terus berkembang membuat kebutuhan akan penyimpanan juga semakin meningkat. Sebagai penyedia cloud di Indonesia, IDCloudHost juga menawarkan layanan object storage. Layanan penyimpanan ini sendiri berbasis objek yang dapat menyimpan berbagai berkas mulai dari file gambar, video, audio (media), file HTML, CSS, JS (File Website dan Aplikasi), dan file lainnya dan pastinya kompatibel dengan protokol S3 yang bertujuan untuk meningkatkan performa server bisnis Anda baik itu dari sisi skalabilitas, ketersediaan data, hingga keamanan data dan sistem informasi bisnis.

Oleh karena permintaan dan memberi jaminan yang terbaik dalam penyimpanan data penting bagi bisnis Anda di era digital ini, maka IDCloudHost memberikan keunggulan terbaik seperti :

  • Kemudahan Integrasi

    Object storage IDCloudHost sudah terintegrasi dengan Protokol S3 (S3 API) yang dapat dengan mudah dan praktis untuk dapat menjalankan sistem dengan menggunakan aplikasi maupun kode integrasi.

  • Harga Termurah

    IDCloudHost menawarkan solusi dengan harga termurah dibandingkan penyedia object storage lainnya di Indonesia yang dirancang khusus untuk bisa menghasilkan kualitas dan performa terbaik untuk bisnis.

  • Mudah Digunakan

    Sistem dirancang dengan berbagai kemudahan dalam setup hingga manage object storage. Anda dapat menggunakan berbagai fitur One Click Apps yang dapat bekerja dengan sangat cepat dan proses yang aman.

  • Data Center di Indonesia

    Object Storage IDCloudhost tersebar di beberapa data center di Indonesia yang membuat berkas Anda akan lebih aman dengan SLA mencapai 99.99% dengan dukungan tim teknis yang berpengalaman yang siap membantu Anda.

 

Untuk mendapatkan informasi dan penawaran lebih lanjut, Anda dapat menghubungi IDCloudHost di laman https://idcloudhost.com/object-storage/

 

Kesimpulan dan Penutup

Pada dasarnya penyimpanan berbasis objek menggabungkan data itu sendiri bersama dengan tag metadata dan pengidentifikasi unik. Metadata dapat disesuaikan, yang berarti Anda dapat memasukkan lebih banyak informasi pengenal untuk setiap bagian data. Objek-objek ini disimpan dalam ruang alamat datar, yang memudahkan untuk menemukan dan mengambil data Anda di seluruh wilayah.

Ruang alamat datar ini juga membantu dengan skalabilitas. Dengan hanya menambahkan node tambahan, Anda dapat menskalakan hingga petabyte dan seterusnya. Ini membuat object storage menjadi strategi penyimpanan yang paling terukur, efisien, dan andal untuk kumpulan data statis yang besar. Menggabungkan penyimpanan objek dan komputasi tepi meningkatkan efisiensi dan keandalan melalui penggunaan replikasi yang beragam secara geografis. Serta analisis kebutuhan bisnis dan bandingkan strategi penyimpanan untuk menentukan mana yang memberikan manfaat terbaik untuk setiap kasus penggunaan.

 

Related Post :