CloudLinux Vs CentOS – “Mana Lebih Baik?”

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Saat ini teknologi di dunia web hosting begitu cepat berganti dari satu teknologi ke teknologi yang lain. salah satu yang paling ramai diperbincangkan adalah teknologi CloudLinux Hosting. Beberapa waktu lalu, IDCloudHost sudah sempat membahas tentang teknologi CloudLinux beserta kebermanfaatanya.

Baca juga tentang : Mari Mengenal Apa itu Teknologi CloudLinux.

IDCloudHost adalah satu dari banyak sekali penyedia webhosting yang sudah menggunakan teknologi ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa semua web hosting adalah sama, padahal itu merupakan pemikiran yang sangat salah. Jika pembaca mencari web hosting terbaik dengan tingkat keamanan dan dedikasi sumber daya server seperti RAM, CPU yang lebih baik serta berdedikasi atau memberikan garansi yang pasti. maka, web hosting yang pembaca perlukan adalah web hosting yang menggunakan sistem operasi CloudLinux atau yang biasa dikenal dengan cloud linux hosting.

Baca Juga : Teknologi Litespeed untuk Kualitas Maksimal

Diluar masih banyak yang membandingkan CloudLinux dengan CentOS. “Lebih baik menggunakan CentOS karena fasilitas sama saja dan dapat diperoleh dengan gratis”. Memang CentOS mempunyai kesamaan dengan CloudLinux tetapi fikirkan juga selalu ada kualitas dibalik harga. Silahkan bandingkan sendiri berikut ini:

CloudLinux (Share Hosting)
Operating System memiliki hubungan yang sangat erat untuk kestabilan hosting, kami menggunakan CloudLinux OS (partner) sebagai pilihan Operating System untuk shared hosting kami, kelebihan CloudLinux ini dapat membagi resource per user sehingga penggunaan resource yang besar oleh salah satu user tidak mempengaruhi terhadap user lainnya. CloudLinux sendiri berbasis dari RedHat Enterprise yang sudah teruji untuk keperluan server berbasis linux.

CentOS (Node Server)
Untuk Node Server VPS kami menggunakan Operating System CentOS. CentOS adalah operating system turunan dari RedHat Enterprise juga yang dikembangkan secara Community (Free). Meskipun gratis CentOS ditujukan untuk sistem server yang memerlukan kestabilitas, kehandalan dan keamanan data.

Kelebihan cloudlinux dibanding centos adalah cloudLinux menggunakan teknologi Lightweight Virtual Environment (LVE) yaitu teknologi isolasi untuk meningkatkan densitas, stabilitas dan kehandalan server hosting. Kelebihan LVE adalah:

  • Memberikan penyedia hosting kontrol penuh atas sumber daya CPUnya.
  • Mencegah account menggunakan resource server berlebihan sehingga membebani kinerja server.
  • Melindungi server dari masalah tak terduga yang menguras sumber daya.
  • Meningkatkan densitas sehingga Anda dapat memiliki account hosting lebih banyak lagi di satu server tersebut.
  • Dapat mengidentifikasi account yang menggunakan sumber daya berlebihan sehingga penyedia hosting dapat mengalokasikan sumber daya sesuai kebutuhan pelanggan.
  • Menurunkan risiko dan meningkatkan efisiensi pada shared server.
  • Meningkatkan kinerja dan performa server.

Berbicara kelebihan tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kelemahan CloudLinux juga.Tidak ada gading yang tak retak, semua buatan manusia pasti ada kelemahannya. Namun berbicara masalah CloudLinux, saat ini kami belum menemukan kelemahan di sisi server. Permasalahan yang timbul seringkali berkaitan dengan akun per akun atau berbasis per user. Seringnya dikarenakan script yang tidak dibuat dengan baik, memicu module keamanan untuk mencegahnya dieksekusi.

Order : SSD Cloud Hosting Indonesia

 

Related Post :