CMS (Content Management System) : Definisi dan Cara Kerjanya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Konten menjadi salah satu cara utama bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka. Anda bisa membuat konten untuk berbagai tujuan, dari mulai mempromosikan produk atau layanan maupun sekadar untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan. Bisa dikatakan konten merupakan bagian dari menyebarkan, mengenalkan dan mempromosikan suatu bisnis.

Selain itu konten juga tidak hanya mempengaruhi marketing, sebaliknya konten telah menjadi bagian inti dari bisnis dan menyentuh hampir setiap departemen, termasuk marketing, merchandising, dan developer. Namun sayangnya, 42% perusahaan mengindikasikan bahwa mereka tidak memiliki teknologi yang tepat untuk mengelola konten mereka.

Anda bisa mengelola semua konten yang telah Anda rancang dan buat pada satu sistem yang bisa mengintegrasikan konten Anda ke beberapa channel. Selain itu Anda juga bisa menggunakan software CRM untuk mengelola semua itu. Tetapi apakah CMS itu? Lalu apa saja fitur-fitur CMS dan rekomendasi CMS terbaik? Semua itu akan dikupas secara mendalam di artikel ini.

 

Memahami Apa Itu CMS (Content Management System) dan Komponennya

Sistem Manajemen Konten atau Content Management System (CMS) adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola konten yang memungkinkan banyak kontributor untuk membuat, mengedit, dan menerbitkan. Konten dalam CMS biasanya disimpan dalam database dan ditampilkan dalam lapisan presentasi berdasarkan sekumpulan template seperti situs web.

Lebih ringkasnya, CMS merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mempublikasikan konten web, memungkinkan banyak pengguna untuk berkontribusi tanpa harus meminta izin dari pengembang. Ini juga menyediakan manajemen versi dan alur kerja penulisan untuk menjaga situs global yang besar tetap konsisten. Jika Anda lebih jauh memecah sistem manajemen konten, ada dua bagian utama yang membantu membuat situs web Anda.

Menariknya, CMS menyediakan antarmuka pengguna grafis dengan alat untuk membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten web tanpa perlu menulis kode dari awal. CMS memiliki dua komponen yakni aplikasi manajemen konten atau Content Management Application (CMA) dan aplikasi pengiriman konten atau Content Delivery Application (CDA). Adapun CMA adalah antarmuka pengguna grafis yang memungkinkan pengguna untuk merancang, membuat, memodifikasi, dan menghapus konten dari situs web tanpa pengetahuan HTML. Sementara komponen CDA menyediakan layanan back-end yang mendukung manajemen dan pengiriman konten setelah pengguna membuatnya di CMA.

Kemudian aplikasi manajemen konten (CMA) memungkinkan pemasar, merchandiser, dan pembuat konten lainnya untuk bekerja dengan konten secara langsung, tanpa perlu melibatkan departemen TI. Berbeda dengan aplikasi pengiriman konten (CDA) yang bertindak sebagai bagian belakang situs web, mengambil konten yang Anda masukkan ke dalam template dan mengubahnya menjadi situs web yang berfungsi yang dapat diakses oleh pengunjung dari seluruh dunia.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi CMS Laravel Terbaik untuk Pengembangan Website

 

Fitur-fitur yang Tersedia di CMS dan Keunggulannya

CMS (Content Management System) - Definisi dan Cara Kerjanya
 

Sebagai platform pembuat blog dan situs web yang bisa dikatakan instant, fitur dapat bervariasi di antara berbagai penawaran CMS, tapi fungsi yang paling inti dari CMS adalah sebagai berikut ini.

  • Indeks Intuitif Search and Get

    Fitur-fitur ini mengindeks semua data untuk akses mudah melalui fungsi pencarian dan memungkinkan pengguna untuk mencari berdasarkan atribut seperti tanggal publikasi, kata kunci atau penulis.

  • Manajemen Format

    Ini membantu mengubah dokumen kertas pemindaian dan dokumen elektronik lama menjadi dokumen HTML atau PDF.

  • Fitur Revisi

    Fitur-fitur ini memungkinkan konten diperbarui dan diedit setelah publikasi awal. Kontrol revisi juga melacak setiap perubahan yang dilakukan individu pada file.

  • Publikasi

    Fungsionalitas ini memungkinkan individu untuk menggunakan template atau kumpulan template yang disetujui organisasi serta wizard dan alat lainnya untuk pembuatan dan modifikasi konten.

 

Baca Juga  :    Perbedaan Halaman Page dan Post pada CMS WordPress yang Perlu diketahui

 

CMS juga dapat menyediakan alat untuk personalisasi, atau pemasaran one-by-one. Pemasaran one-by-one adalah kemampuan situs web untuk menyesuaikan konten dan iklannya dengan karakteristik khusus pengguna menggunakan informasi yang diberikan pengguna atau dikumpulkan oleh situs web. Teknik ini akan menghubungkan Anda dengan apa yang Anda cari di mesin telusur dengan lebih relevan. Fitur CMS populer lainnya meliputi :

  • URL ramah pengoptimalan mesin pencari
  • Bantuan terintegrasi dan online, termasuk papan diskusi
  • Sistem izin dan keamanan berbasis grup
  • Dukungan template lengkap dan template yang dapat disesuaikan
  • Prosedur pemasangan dan pembuatan versi berbasis wizard yang mudah
  • Panel admin dengan dukungan untuk berbagai bahasa
  • Persyaratan server minimal
  • Manajer file terintegrasi dan log audit terintegrasi.

 

Baca Juga  :     10 Tips Meningkatkan Keamanan CMS WordPress

 

Manfaat Menggunakan CMS

Fitur-fitur yang telah dijelaskan sebelumnya akan membuat Anda berpikir bahwa CMS pasti memiliki banyak manfaat. Tentu saja, dari sejumlah manfaat menggunakan sistem manajemen konten, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mudah Digunakan

    CMS sangat mudah digunakan karena antarmuka pengguna grafis, bahkan untuk Anda yang memiliki pengetahuan teknis terbatas dapat menggunakan perangkat lunak atau software.

  • Tersedianya Berbagai Informasi

    Anda bisa dengan mudah untuk mencari informasi. Sebuah fungsi pencarian built-in memungkinkan pengguna untuk memasukkan apa yang Anda cari dan memiliki daftar item yang dikembalikan kepada Anda seperti mesin pencari Google.

  • Mengelola Konten Lebih Mudah

    Anda bisa lebih mudah untuk mengelola konten. Tidak hanya membuat konten yang mudah, tetapi juga menghapus konten. CMS memudahkan untuk membatalkan publikasi konten agar situs web selalu terbarui.

  • Akses Mudah oleh Siapa pun

    Anda dapat mengakses dari mana saja. CMS dapat berbasis cloud atau di tempat, tetapi pengguna dapat mengakses konten dari mana saja dengan perangkat yang terhubung ke internet. Disamping itu Anda juga bisa menambahkan banyak pengguna lain ke dalam project konten Anda karena CMS memudahkan pengelolaan izin penerbitan.

  • Update Konten Lebih Cepat

    Anda bisa melakukan pembaharuan konten secara instan. CMS memungkinkan pengguna untuk mengelola dan memperbarui konten secara real time tanpa perlu menunggu pengembang atau developer.

  • Penambahan Skala

    CMS memudahkan bisnis untuk menambahkan halaman web baru seiring pertumbuhan bisnis mereka tanpa memerlukan developer. Anda bisa menambah skala dan memperbesar skala yang Anda inginkan sesuai kebutuhan Anda.

  • Upgrade Cepat

    Anda bisa dengan cepat untuk memperbarui atau upgrade. Tim developer dapat meluncurkan pembaruan hanya dengan beberapa klik.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Website Gratis di WordPress dan Ide Template Terbaik

 

Rekomendasi CMS (Content Management System) Terbaik

CMS (Content Management System) - Definisi dan Cara Kerjanya
 

 

Setelah Anda mengetahui detail tentang CMS, Anda pasti ingin mencari CMS yang terbaik bagi bisnis Anda. Berikut rekomendasi CMS yang bisa Anda gunakan untuk mengelola konten Anda jadi semakin lebih cepat dan fleksibel.

 

WordPress

WordPress, awalnya diluncurkan sebagai perangkat lunak blogging, telah berkembang menjadi platform CMS paling populer yang pernah ada. Karena sifat platform yang open source yaitu bisa digunakan oleh siapa pun, serta menekankan fitur editorial seperti artikel dan penerbitan blog, ini secara teratur digunakan dalam industri penerbitan dan blog. WordPress dirancang dengan antarmuka dan tema situs webnya cukup mudah digunakan, mungkin berguna untuk bisnis kecil yang baru saja membangun strategi web mereka atau kurang berpengalaman dengan desain. Berikut ini adalah kelebihan dari WordPress.

  • Mudah digunakan untuk pemula
  • Koleksi plugin dan tema bervariasi
  • Plugin dan pemeliharaan situs dapat memakan waktu
  • Biaya bervariasi menurut pendaftaran domain, hosting, serta plugin dan tema premium.

 

Drupal

Seperti WordPress, Drupal adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dapat diunduh gratis. Namun, biaya yang terkait dengan membangun dan mengelola situs Drupal jauh lebih tinggi daripada WordPress, terutama untuk pengguna non-teknis. Karena Drupal dirancang oleh developer untuk developer, Anda mungkin harus menyewa developer atau agensi untuk membangun dan mendesain situs Drupal. Sebagai CMS yang bersifat open-source yang sangat fleksibel yang ditargetkan untuk berbagai developer, marketing, dan agensi. CMS memungkinkan Anda sebagai marketer dengan pengalaman yang lebih mendasar untuk membuat situs dari template, atau bagi developer untuk membuat situs yang dapat menangani volume data yang besar dan lalu lintas yang padat. Berikut keunggulan dari drupal.

  • Takeaways Key
  • Ditujukan untuk developer
  • Banyak pilihan modul dan tema yang sangat dapat dikonfigurasi
  • Reputasi tertinggi untuk keamanan di antara platform sumber terbuka (open source)
  • Biaya membangun dan menyesuaikan situs biasanya berkisar dalam ribuan.

 

 

CMS Hub

Sebagai satu-satunya gabungan CMS dan CRM, CMS Hub by HubSpot dirancang untuk membantu bisnis dengan mudah membangun dan mengelola situs web yang dioptimalkan untuk setiap perangkat dan setiap pengunjung. Terintegrasi dengan alat pemasaran, penjualan, layanan, dan CRM HubSpot. Berikut kelebihan CMS Hub by HubSpot.

  • Aplikasi dan template CMS tersedia di HubSpot Marketplace
  • CDN yang dihosting secara global, pemantauan ancaman 24/7, dan WAF bawaan menjaga situs Anda tetap aman
  • Menawarkan dua paket premium. CMS Hub menawarkan dua tingkatan, Profesional dan Perusahaan, pada titik harga yang berbeda.

 

Baca Juga Panduan :      Cara Install CMS WordPress, Joomla, dll di Plesk Hosting Menggunakan Softaculous

 

Kesimpulan dan Penutup

Sistem manajemen konten (CMS) adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola konten, memungkinkan banyak kontributor untuk membuat, mengedit, dan menerbitkan. Konten dalam CMS biasanya disimpan dalam database dan ditampilkan dalam lapisan presentasi berdasarkan sekumpulan template seperti situs web. Ini adalah cara terbaik dan ramah guna bagi mereka yang ingin membuat blog maupun situs web tanpa menggunakan bantuan jasa pengembang profesional.

Lebih ringkasnya, CMS adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mempublikasikan konten web, memungkinkan banyak pengguna untuk berkontribusi, membuat, mengedit, menerbitkan tanpa harus meminta pengembang. Ini juga menyediakan manajemen versi dan alur kerja penulisan untuk menjaga situs global yang besar tetap konsisten. Jika Anda lebih jauh memecah sistem manajemen konten, ada dua bagian utama yang membantu membuat situs web Anda.

Related Post :