Contoh Bisnis Waralaba (Franchise) yang Menguntungkan dan Modal Sedikit

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Bisnis franchise atau waralaba merupakan sebuah bisnis yang saat ini sedang mengalami kemajuan signifikan. Hal tersebut juga sejalan dengan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berwirausaha. Jenis bisnis ini mempunyai konsep yang menguntungkan baik bagi pihak pemilik merek franchise maupun mitranya, dimana melalui pembelian seperangkat bisnis franchise maka pihak pemilik merek franchise akan memperoleh keuntungan beberapa persen.

Sedangkan mitranya akan memperoleh keuntungan dari penjualan produk franchise tersebut atau secara sederhana, bisnis waralaba hampir menyerupai dropship dan reseller yang menjual produk milik orang lain. Namun pada usaha waralaba biasanya sudah menyediakan seperangkat tools bisnis lengkap dan tugas mitra hanyalah menyediakan tempat serta mengelola bisnis tersebut. Sedangkan untuk sistem bagi hasil bisnis franchise, bersifat fleksibel sesuai dengan kesepakatan dua belah pihak.

Bagi Anda yang tertarik ingin menjalankan bisnis waralaba, persiapkan modal yang cukup untuk memulainya, dengan modal yang dibutuhkan biasanya cukup bervariasi mulai dari 1 jutaan hingga puluhan juta Rupiah. Contoh usaha waralaba juga bermacam-macam jenisnya tetapi kebanyakan jenis bisnis tersebut sudah sangat familiar di masyarakat. Apa saja contoh usaha waralaba yang menguntungkan dan modalnya sedikit? Simak ulasannya di bawah ini.

 

Tips Bisnis Waralaba yang Menguntungkan

Contoh Bisnis Waralaba (Franchise) yang Menguntungkan dan Modal Sedikit
 

 

Bisnis waralaba merupakan model bisnis yang dijalankan antara pihak pemilik waralaba dengan pemodal melalui perjanjian atau kontrak. Bisnis dengan sistem waralaba ini memang sudah banyak bermunculan di Indonesia. Apalagi bisnis tersebut memang sangat mudah dijalankan karena modalnya yang kecil serta sudah memiliki brand yang terkenal. Sebagai pemodal, tugas Anda hanyalah membayar ke pihak pemilik merek franchise untuk memperoleh hak usaha.

Jika Anda berminat menjalankan bisnis waralaba yang menguntungkan, sebaiknya terapkan beberapa tips berikut ini :

 

  • Lakukan Riset

    Sebelum memilih sebuah brand waralaba, sebaiknya cari tahu rejak jejak brand tersebut dan reputasinya di mata konsumen, mengingat riset adalah tonggak dan fondasi utama dalam merancang dan membuat sebuah bisnis yang berhasil.

  • Pastikan Menguntungkan

    Pilihlah bisnis waralaba yang memberikan keuntungan pasti, dimana keuntungan tersebut bisa Anda ukur dari perolehan keuntungan selama 2 tahun terakhir. Jika terjadi kenaikan laba 10 persen per tahun maka bisnis tersebut memiliki prospek yang bagus.

  • Pilih Sesuai Hobi Anda

    Anda sebaiknya memilih jenis bisnis waralaba sesuai dengan hobi agar bisnis tersebut tidak hanya menguntungkan tetapi juga membuat Anda tidak terbebani.

  • Lokasi yang Berprospek

    Agar bisnis waralaba Anda lebih menguntungkan, pilihlah lokasi usaha yang strategis. Mengingat lokasi tersebut banyak dilalui konsumen, mudah di akses serta berada di kawasan bisnis seperti mall, foodcourt atau tempat stategis lainnya.

 

Baca Juga :     Daftar Franchise Kopi Terbaru dan Terupdate untuk Peluang Wirausaha

 

Contoh Bisnis Waralaba Menguntungkan dan Modal Kecil

Contoh Bisnis Waralaba (Franchise) yang Menguntungkan dan Modal Sedikit
 

Sesudah Anda memahami apa itu bisnis waralaba, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui contoh-contoh bisnis tersebut, terutama bagi pemula pasti menginginkan bisnis modal kecil yang menguntungkan. Apalagi bisnis sistem waralaba dikenal dengan bisnis yang mudah dijalankan serta minim risiko. Berikut beberapa contoh bisnis sistem waralaba yang dijamin menguntungkan dan bermodal kecil yang mungkin bisa menginspirasi langkah pertama Anda dalam berbisnis :

 

  1. Ayam Geprek

    Bisnis waralaba makanan merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak cepat mari karena makanan menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Salah satu contoh bisnis makanan modal kecil dan menguntungkan yaitu ayam geprek. Saat ini berbagai bisnis ayam geprek dari brand-brand ternama semakin bermunculan yang sejalan dengan minat masyarakat terhadap ayam geprek yang juga tak pernah surut. Bisnis ayam geprek biasanya dijalankan dengan dua sistem yaitu murni waralaba dan kerja sama bagi hasil. Salah satu bisnis ayam geprek sistem waralaba yang sudah sukses yaitu Geprek Bensu yang kini memiliki cabang di berbagai daerah.

  2. Minuman Bubble Tea

    Bubble tea merupakan jenis minuman kekinian yang saat ini sangat digemari oleh kalangan anak-anak muda. Minuman satu ini banyak dicari oleh konsumen karena rasanya yang enak serta bisa meredakan haus. Apalagi dengan sensasi bubble yang unik tentu akan semakin menambah cita rasa. Salah satu contoh bisnis bubble tea modal kecil yang menguntungkan yaitu Gulu-Gulu dimana bisnis bubble tea ini ditawarkan dalam dua tipe yaitu outlet island dan booth.
     

    Baca Juga :   Cara Menjadi Dropshipper Sukses dan Tanpa Modal di Tahun 2020 [Terlengkap]

  3. Es Krim

    Es krim merupakan jenis santapan yang disukai oleh berbagai kalangan sehingga jumlah peminat es krim selalu tinggi. Selain bisa meredakan haus, sensasi unik dari rasa es krim juga bisa menghilangkan stres. Saat ini banyak waralaba es krim yang menawarkan aneka varian es krim dengan harga terjangkau. Salah satu waralaba es krim yang sangat populer adalah Ice Cream Aice.

  4. Fried Chicken

    Siapa sih yang tidak suka dengan fried chicken? Produk ayam goreng tepung ini memang sangat disukai oleh berbagai kalangan. Dapat dikatakan bahwa fried chicken termasuk makanan yang tidak lekang oleh zaman. Hal ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk menjalankan bisnis waralaba fried chicken. Contoh waralaba fried chicken yang sangat populer di Indonesia yaitu Hisana, Rocket Chicken, KFC dan sebagainya.

  5. Pertamini

    Bahan bakar selalu dicari oleh masyarakat seiring dengan jumlah pemilik kendaraan bermotor yang selalu meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu contoh bisnis bahan bakar sistem waralaba yang menguntungkan yaitu Pertamini atau pom mini. Bisnis ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang tinggal jauh dari pom bensin dan membutuhkan bahan bakar untuk kendaraannya. Dengan jumlah peminat yang tinggi dan modal yang kecil, menjadikan bisnis Pertamini selalu menguntungkan.

  6. Kebab

    Kebab merupakan makanan khas Timur Tengah yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia sehingga makanan satu ini bisa dijadikan sebagai bisnis waralaba yang menguntungkan dengan modal kecil. Biasanya waralaba kebab sering ditemukan di pusat perbelanjaan dan kompleks perumahan. Salah satu contoh waralaba kebab yang sangat sukses di Indonesia yaitu kebab Baba Rafi. Cukup dengan modal mulai dari Rp 3.000.000, Anda bisa berbisnis kebab Baba Rafi yang menguntungkan.
     

    Baca Juga :    Daftar Peluang Ide Bisnis dengan Modal Kecil dan Contohnya

  7. Kedai Kopi

    Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang disukai oleh berbagai kalangan. Tak heran jika bisnis waralaba kopi kini juga semakin menjamur di berbagai wilayah terutama di kita-kota besar. Uniknya, sajian kopi dari usaha waralaba biasanya tersedia dalam berbagai varian rasa sehingga membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya. Contoh waralaba kedai kopi yang sangat populer di Indonesia yaitu Janji Jiwa, Star Buck dan lain-lain.

 

Baca Juga :      Peluang Bisnis Frozen Food : Tips, Triks, dan Cara Berjualan

 

Kesimpulan dan Penutup

Bisnis waralaba merupakan salah satu bisnis yang digeluti oleh banyak orang karena bisnis ini sangat mudah dijalankan. Sebab para pebisnis hanya perlu membayar royalti ke pemilik merek waralaba kemudian bisa secara langsung menjalankan bisnisnya tersebut. Tentunya beberapa contoh bisnis di atas dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin belajar berbisnis dengan modal kecil tetapi menguntungkan.

Menjalankan bisnis waralaba mungkin tidak semudah yang dibayangkan, tetapi lebih baik mencoba dahulu dari pada tidak sama sekali. Sebab bisnis ini sangat menguntungkan tanpa perlu modal besar jika Anda rajin berpromosi serta tidak mudah menyerah. Supaya waralaba yang Anda jalankan berjalan lancar dan sukses, sebaiknya terapkan sistem manajemen keuangan yang diberikan oleh pihak pemilik waralaba.

Jika Anda ingin berbisnis tetapi masih bingung untuk memulainya, segeralah bergabung dengan bisnis waralaba yang kiranya sesuai dengan minat Anda. Sebab melalui bisnis ini Anda tidak perlu pusing mencari ide, modal besar maupun membangun brand. Cukup dengan membayar royalti, Anda akan memperoleh berbagai keuntungan dan kemudahan menjalankan bisnis yang minim risiko.

Related Post :

popup image