CRM (Customer Relationship Management) : Cara Kerja dan Komponennya

Business, Marketing / 0 | | 0

Setiap pebisnis pasti ingin bisnis yang dijalankannya bisa dikenal oleh banyak orang, sehingga akan terus berkembang dan selalu menjadi pilihan utama pelanggannya. Memiliki produk yang inovatif, berguna, dan dibutuhkan banyak orang tentu merupakan salah satu kunci langgengnya bisnis. Tetapi semua ini tidak mudah karena dibutuhkan suatu usaha dan strategi tersendiri,

Dilansir oleh emarsys(dot)com, pembeli yang loyal akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli produk, bahkan ini sama sekali bukan masalah bagi mereka. Sari sini bisnis dan brand menjadi tahu betapa pentingnya untuk selalu menjaga hubungan dengan pembeli loyal Anda. Produk yang bagus, dan sesuai dengan target pasar adalah permulaan yang baik, namun hubungan dengan pembeli adalah yang utama.

Karenanya, ada berbagai opsi untuk mengelola bisnis Anda, termasuk dalam merawat hubungan bisnis dengan pembeli. Saat ini, banyak bisnis dan brand mengenal bahkan menerapkan CRM. Tetapi apa itu CRM dan bagaimana cara kerjanya? Artikel ini akan membahas hal-hal tersebut, beserta komponen-komponen yang ada dalam CRM. Simak ulasannya hingga akhir.

 

Definisi dan Kegunaan CRM (Customer Relationship Management)

CRM (Customer Relationship Management) : Cara Kerja dan Komponennya
 

 

CRM atau Customer Relationship Management adalah upaya untuk memelihara dan mengembangkan hubungan antar bisnis dengan pembeli sehingga diharapkan akan mendatangkan pelanggan baru dan membuat pelanggan loyal tetap setia. Pentingnya memelihara pelanggan dikarenakan jika Anda memiliki reputasi baik maka pelanggan akan terus menggunakan/membeli produk/jasa Anda.

Hadir sebagai software, CRM adalah teknlogi dimana Anda dapat menyimpan berbagai banyak informasi dari pembeli. Sehingga jika pembeli mengalami masalah yang harus diselesaikan Anda tidak lagi harus meminta datanya. Selain itu, CRM juga merujuk kepada tools/alat untuk meningkatkan hubungan dengan pembeli. Ada banyak perangkat lunak CRM yang bisa dipilih untuk keperluan bisnis Anda, dan memudahkan jalannya bisnis. CRM sangat menguntungkan karena Anda bisa melakukan analisis terhadap data-data yang ada, misalnya dengan mengolah data riwayat pembelian customer, Anda dapat meningkat pelayanan pada bagian customer service dan meningkatkan penjualan, seperti menawarkan barang baru rilis dengan tampilan/kegunaan yang sama.

Kemudian, dengan akses ke data pembeli, Anda bisa mendapatkan insight tentang trend yang sedang happening saat ini. CRM juga memberikan Anda melakukan otomasi dalam berbagai hal misalnya, workflow. Ini merupakan salah satu fitur yang akan dibahas lebih lanjut pada bagian selanjutnya.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

 

Mengetahui Cara Kerja CRM (Customer Relationship Management)

Saat Anda menggunakan CRM, Anda dapat membuat data-data tentang pembeli ada dalam satu tempat. Ini akan sangat menghemat waktu bagi Anda dan tim jika memerlukan suatu data, terutama untuk kasus-kasus yang memerlukan tindakan lanjut, sehingga tidak terlupakan dan bisa dijalankan dengan tepat waktu dan cepat. Menggunakan CRM dapat menguatkan hubungan Anda dan pembeli, juga meningkatkan kepercayaan mereka dengan menghindari dialog berulang.

Bahkan CRM memungkinkan Anda untuk melacak percakapan Anda dengan pembeli, dan Anda bisa memberi prioritas kepada pelanggan VIP atau sejenisnya. Ketika bisnis Anda semakin berkembang, Anda mungkin memerlukan CRM yang lebih terkostumisasi agar tidak menggunakan fitur-fitur lain yang tidak diperlukan. Ini akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis dan memberikan informasi yang tepat bagi anggota tim.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Odoo, Software Open Source untuk ERP and CRM

 

Mengenal Berbagai Fitur CRM yang Bermanfaat Bagi Bisnis Anda

CRM (Customer Relationship Management) : Cara Kerja dan Komponennya
 

Terdapat fitur-fitur CRM yang penting Anda miliki untuk kelancaran bisnis Anda dan memperkuat hubungan serta kepercayaan dengan pembeli. Berikut beberapa diantaranya.

  • Otomatisasi alur kerja

    Salah satu fitur yang Anda bisa gunakan dari CRM adalah mengotomatisasi alur kerja. Salah satu contohnya adalah dengan membuat perangkat lunak CRM melakukan sesuatu ketika dipicu oleh peristiwa/event tertentu.

  • Kustomisasi

    Dengan CRM Anda dapat mengkostumisasi hal-hal yang Anda perlukan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang berjalan. Salah satu contoh kustomisasi yang bisa Anda lakukan adalah memilih tipe data yang muncul di dashboard, Anda juga bisa menambahkan ekstensi, plugin, bagi perangkat lunak CRM.

  • Customer service

    Ada beberapa perangkat lunak CRM yang menyediakan fitur customer service yang sangat baik. Anda bisa melakukan berbagai macam hal untuk meningkatkan layanan customer service dalam bisnis yang Anda jalani. Contohnya mencatat berbagai masalah, kunjungan situs web, riwayat pembelian, dan aktivitas lainnya yang pembeli lakukan untuk referensi di masa mendatang.

  • Management kontak

    Anda dapat menempatkan data-data seperti social media, nomor telepon atau alamat dalam satu database yang bisa dicari. Dengan management kontak Anda bisa melakukan lead scoring yaitu mengidentifikasikan kontak mana yang akan membeli produk berdasarkan interaksi mereka dengan campaign bisnis.

 

Baca Juga   :    Memahami Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing Bagi Bisnis

 

Komponen – Komponen Penting dalam Teknologi CRM

Terdapat berbagai komponen dari CRM yang penting untuk dimiliki, berikut adalah komponen penting yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan.

  • Automasi Pemasaran

    Bagian pemasaran harus berusaha keras untuk mengidentifikasikan prospek terbaik bagi tenaga penjualan. Namun banyak kegiatan dari pemasaran yang sangat membosankan dan seringkali berulang seperti membuat email pemasaran, menyusun profil pembeli maupun tugas segmentasi dan lainnya. Karena itu, automasi penjualan hadir untuk mengerjakan tugas yang berulang tersebut sehingga bagian pemasaran dapat mengerjakan hal-hal yang lebih penting dan memerlukan waktu misalnya mengorganisasikan event dan sebagainya.

  • Otomasi Tenaga Penjualan

    Otomasi tenaga penjualan adalah ketika proses penjualan di otomasikan dengan perangkat lunak. Proses automasi yang dilakukan berpusat pada hal-hal yang repetitif dan penting, namun juga sangat memakan waktu. Dengan mengotomasi tugas-tugas yang repetitive tersebut, tenaga penjualan mendapatkan banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal lain yang lebih penting. Ini akan membantu perkembangan perusahaan karena waktu yang digunakan untuk mengerjakan tugas repetitif dapat dialihkan untuk memikirkan inovasi dalam berbagai aspek.
    Selain itu otomasi juga dapat dilakukan dengan perangkat lunak mengerjakan tugas dari satu anggota penjualan. Sehingga berbagai tugas dapat diselesaikan dengan otomasi.

  • Management Kasus

    Dengan menggunakan CRM, Anda dapat me-manage hal-hal yang berhubungan dengan data pelanggan, seperti menaruhnya dalam suatu tempat yang bisa diakses anggota tim yang lain, sehingga ketika diperlukan tidak perlu repot mencari, ini akan memangkas banyak waktu yang terbuang. Perangkat lunak manajemen yang bagus membuat respon terhadap pembeli menjadi cepat dan lebih efektif. Selain itu dengan komponen ini Anda memiliki kemampuan untuk melacak bahan dan waktu yang dikeluarkan dalam satu kasus.

 

Baca Juga  :     Cara Instal Odoo (One Click Deploy) di Cloud VPS IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Ketika memulai bisnis, banyak pengusaha yang mungkin dapat menjalankan bisnis mereka secara manual, seperti membuat pencatatan keluar masuk barang, total pendapatan, dan sebagainya. Namun, seiring berjalannya waktu, dan semakin bertumbuhnya bisnis yang dikembankan, akan sangat sulit untuk melacak semua kegiatan bisnis dalam satu waktu. Karenanya, diperlukan automasi dalam berbagai aspek. CRM adalah strategi untuk memperdalam bisnis Anda dengan pembeli, sehingga diharapkan terdapat peningkatan penjualan yang terjadi.

Selain itu CRM juga merujuk kepada tools atau alat yang membantu Anda menjalankan bisnis dan mengerjakan tugas repetitive sehingga waktu yang ada dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih bermakna. Hubungan baik dengan pembeli akan berdampak pada pertumbuhan dari bisnis Anda. CRM membantu Anda untuk memungkinkan hal-hal tersebut lewat fiturnya, serta memberikan Anda dan anggota tim lainnya keleluasaan dari tugas-tugas repetitif yang mengkonsumsi waktu.

Related Post :

popup image