Daftar Aplikasi Kasir Online Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Bisnis

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Berbisnis secara online bukanlah sesuatu yang asing di masa seperti ini, masa dimana teknologi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Teknologi yang semakin berkembang rupanya tidak hanya mengubah pola komunikasi masyarakat, namun juga mengubah cara masyarakat dalam hal perdagangan. Salah satunya dengan berdagang secara online, bisnis satu ini cukup menjanjikan dalam menjalaninya. Ada banyak hal bisa dilakukan dan mudah untuk dijangkau, hanya dengan menggunakan smartphone Anda sudah bisa mulai untuk berjualan secara online.

Bisnis secara online bisa diikuti oleh hampir semua kalangan, mulai dari pelajar hingga perusahaan besar juga sudah mulai beralih pada bisnis online. Barang atau jasa yang dijual umumnya melalui akun media sosial, situs e-commerce, dan sebagainya. Biaya yang dibutuhkan untuk memulainya pun terbilang murah, Anda bisa mulai dengan membangun sendiri bisnis tersebut dari nol atau mulai dengan menjadi reseller dari toko online lain.

Sebelum Anda memulai berbisnis secara online ada baiknya Anda mempelajari lebih dahulu seperti apa bisnis online tersebut, mengetahui bagaimana cara memulainya dan memanfaatkan aplikasi kasir onlinenya. Hal ini bisa Anda dapatkan dalam banyak artikel di internet, salah satunya artikel ini. Anda bisa mulai membaca dan segera buka bisnis Anda.

 

Mengenal Apa Itu Bisnis Online

Bagi para pembaca pastinya sudah pernah melakukan pembelian pada suatu situs e-commerce atau bahkan sering. Nah, situs e-commerce tersebut merupakan bagian dari sebuah sistem bisnis online. Bisnis online adalah sistem atau cara berbisnis melalui internet, mulai dari transaksi, pemasaran, dan hal lainnya dilakukan melalui internet. Menjalankan sebuah bisnis online ini sangatlah mudah, seseorang tidak perlu membangun atau menyewa sebuah toko untuk menjalankan bisnis mereka.

Sekarang banyak sekali media di internet yang bisa dijadikan lapak pengganti toko fisik. Media-media tersebut seperti website, aplikasi, blog, dan akun sosial media. Anda yang membaca artikel ini pastinya memiliki sebuah akun sosial media bukan? Bahkan biasanya akun yang dimiliki lebih dari satu. Ternyata sosial media selain sebagai tempat untuk bersosialisasi juga bisa dirubah menjadi lapak berjualan. Sudah banyak sekarang kita temui orang-orang yang berjualan di sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dan masih banyak lagi.

Memang tidak bisa dipungkiri jika pengguna internet dari tahun ke tahun akan terus mengalami pertambahan. Menurut data APJII jumlah pengguna internet Indonesia sudah menembus angka 170 juta. Dengan jumlah yang sedemikian fantastis tentu ini merupakan pasar yang menggiurkan bagi para pelaku bisnis. Pelaku bisnis akan lebih mudah menjangkau pelanggan mereka. Market share yang begitu besar tersebut akan mempermudah pelaku bisnis online untuk menjual bisnis mereka. Banyak sekali perusahaan yang sukses karena penjualan di internet contoh situs Amazon yang berhasil membuat pemiliknya sebagai orang terkaya di dunia.

 

Baca Juga  :   Apa Itu Point of Sale : Pengertian, Contoh, Cara Kerja, dan Mendaftarnya

 

Manfaat dari Bisnis Online

Daftar Aplikasi Kasir Online Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Bisnis
 

Berbisnis secara online memiliki banyak manfaatnya, dengan mengetahui manfaat yang ada Anda bisa memiliki pertimbangan untuk mulai berbisnis secara online. Berikut ulasannya.

 

  • Ladang Mata Pencaharian

    Sudah menjadi trend penghasilan baru yang sangat menjanjikan, selain mudah untuk dijalankan bisnis online memiliki kemudahan dalam mengaksesnya. Anda bisa mengaksesnya dimana dan kapan saja, selain itu pasarnya lebih luas sehingga bisa menarik pelanggan dan berpeluang besar untuk menjadi profesi masyarakat. Baik mata pencaharian pokok, maupun sampingan.

  • Membuka Lowongan Pekerjaan

    Lowongan pekerjaan yang semakin menyempit, membuat masyarakat kesulitan dalam mencarinya. Dengan adanya bisnis online, hal itu bisa sedikit dikurangi. Manfaat yang diberikan oleh bisnis online adalah bisa merekrut orang-orang untuk diajak kerja sama dalam mengembangkan bisnis online tersebut.

 

Keuntungan dari Bisnis Online

Selain memiliki manfaat, bisnis online juga memiliki keuntungannya sendiri. Berikut ulasannya.

 

  1. Modal Kecil

    Bukan sesuatu yang aneh jika modal dari berbisnis secara online terbilang kecil, tidak adanya penyetokan barang dan tidak perlu kantor atau toko. Modal yang dibutuhkan umumnya smartphone dengan fitur yang mendukung, skill, serta kuota internet yang cukup.

  2. Hemat Waktu

    Anda bisa bekerja dimana dan kapan saja jika menggunakan bisnis secara online, bisnis ini mudah untuk dikontrol dan sangat praktis. Anda tidak perlu pergi untuk memantau perkembangan bisnis, Anda bisa melakukannya di rumah.

  3. Pasar Luas

    Jangkauan pasar untuk bisnis online terhitung cukup luas bahkan tidak terbatas, berbisnis dalam skala nasional maupun internasional tanpa harus takut terbatas dalam ruang dan waktu. Memanfaatkan media sosial yang bisa membuat produk Anda dilihat oleh banyak orang seluruh dunia.

  4. Peluang Besar

    Dibandingkan dengan bisnis offline, peluang yang ditawarkan akan lebih besar pada bisnis online. Menjadi salah satu keuntungan bisnis online yang cukup menggiurkan, dan kesempatan yang ada umumnya terbuka sangat lebar.

 

Baca Juga  :    Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol bagi Pemula yang Ingin Berjualan Online

 

Tips Sebelum Memulai Bisnis Online

Daftar Aplikasi Kasir Online Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Bisnis
 

Sebagai calon pelaku bisnis online yang sukses akan lebih baiknya anda memiliki komitmen terhadap bisnis yang akan dijalankan. Motivasi untuk meraih keuntungan saja tidak cukup malahan hal itu bisa membuat anda terjerumus pada sebuah kerugian. Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang harus dikuasai oleh seorang pemilik bisnis sebelum memulai bisnis mereka. Meskipun bisnis online memang terlihat gampang dalam pengelolaannya namun bukan berarti tantangan yang akan dijalani nantinya mudah. Maka dari itu, berikut ini adalah tips bagaimana membangun sebuah bisnis online bagi pemula.

 

  1. Niat dan Minat

    Seorang yang memiliki passion di bidang bisnis tentu akan sangat suka dengan apa yang mereka lakukan untuk bisnisnya. Meskipun hal itu harus melewati tantangan dan kesulitan seorang pebisnis sejati akan melaluinya dengan gigih dan pantang menyerah. Hal inilah yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis online, bukan berarti bisnis yang dijalankannya itu gampang dan malah meremehkan justru jika dapat dilakukan dengan mudah pelaku bisnis online haruslah sungguh-sungguh agar cepat mencapai keuntungan. Hal yang penting juga adalah bisnis yang dijalankan itu sesuai dengan minat dari pelaku bisnis. Jadi jika bisnis tersebut dalam perkembangannya mengalami kesulitan atau tantangan pebisnis tetap menghadapinya dengan gigih.

  2. Manajemen Uang yang Baik

    Dalam mengembangkan sebuah bisnis, suatu hal penting yang perlu diperhatikan yaitu manajemen keuangan. Sebuah bisnis yang besar tingkat manajemen keuangannya akan sangat kompleks dan rumit. Berbeda dengan bisnis yang kecil tetapi hal ini tetap tidak boleh diremehkan oleh para pebisnis. Misalnya sebuah studi kasus seseorang pelaku bisnis kecil-kecilan tanpa memikirkan keberlanjutan usahanya ketika mendapat penghasilan langsung dipakai untuk keperluan pribadinya.
     
    Tentu hal ini salah karena harusnya calon pelaku bisnis tersebut menghitung dulu mulai dari modal yang dikeluarkan dalam sekali produksi produknya, jumlah penghasilan yang di dapat, keuntungan yang diperoleh. Barulah jika sudah dihitung dengan teliti pelaku bisnis bebas menggunakan sisa keuntungannya.

  3. Berpikir Strategis

    Menjadi seorang pelaku bisnis juga harus memiliki pemikiran yang maju dan cerdas. Meskipun yang dikelola adalah bisnis online yang notabene merupakan bisnis sampingan bukan berarti dalam mengembangkannya tidak memikirkan rencana-rencana yang strategis. Justru jika pelaku bisnis online semakin mahir mengelola bisnisnya bukan tidak mungkin bisnis yang dikerjakan akan memberikan keuntungan yang lumayan. Seorang pebisnis yang sukses tidak hanya melihat keuntungan saat mengambil peluang bisnis yang akan dijalankan namun mereka juga melihat risiko-risiko yang akan dihadapi. Jadi, dalam menjalankannya selain semangat yang diperlukan pebisnis juga harus siap sedia dengan kemungkinan yang terjadi.

 

Daftar Aplikasi Kasir Online

Ada banyak aplikasi kasir online yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda secara online, berikut beberapa aplikasi yang bisa diulas.

 

  • MokaPOS

    Aplikasi ini berbasis cloud memiliki banyak pengguna dalam latar belakang bisnis yang beragam, aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Fitur yang tersedia seperti daftar menu, menambahkan harga, stok barang serta laporan transportasi. Kelebihannya Anda bisa memantau bisnis yang berjalan dari jarak jauh, laporan keuangannya pun tersedia secara realtime yang bisa diakses secara online dan offline. Pembayarannya pun mudah, Anda bisa menggunakan OVO, Gopay, Dana, serta Link Aja.

  • Kasir Pintar Free

    Mirip dengan MokaPOS, aplikasi ini memiliki fitur unggulan dalam scan barcode sehingga Anda tidak perlu membeli scan barcode lain cukup dengan menggunakan smartphone saja.

  • VendHQ

    Program aplikasi kasir online komputer ini cocok untuk kebutuhan bisnis dalam skala yang kecil, jumlah barang yang tidak banyak. Fitur yang ada berbasis online dengan penyimpanan offline. Adanya fitur CRM, inventaris,loyalty dan sebagainya.

 

Baca Juga   :   5 Rekomendasi Software E-Commerce Terbaik versi IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Keuntungan dari berbisnis secara online sangatlah banyak, hal ini bahkan bisa menjadi peluang yang besar untuk Anda yang ingin memulai bisnis sebagai mata pencaharian. Jika Anda ingin memulai bisnis sebagai mata pencaharian pokok, Anda harus benar-benar memahami dan sabar dalam merintisnya.

Banyak membaca dan mempelajarinya jadi langkah baik untuk Anda yang serius dalam menjalankan bisnis secara online, ada beberapa tips dan pengenalan terkait bisnis secara online yang bisa Anda coba serta terapkan dalam dunia bisnis Anda. Selain itu Anda bisa mencoba memakai aplikasi yang mendukung bisnis Anda, seperti kasir online dan sebagainya.

Related Post :

popup image