Daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Berdasarkan Webometrics

Pengumuman, Serba Serbi / 0 | | 0

Saat ini, tidak hanya ada beberapa daftar peringkat global terkenal untuk peringkat universitas di dunia namun juga berlaku untuk deretan universitas di Indonesia. Ada banyak dan bermacam peringkat yang diberikan di luar sana, baik peringkat beberapa ratus universitas terbaik dan paling berpengaruh, ada juga yang memasukkan jumlah institusi ilmiah peringkat yang jauh lebih besar.

Dari bermacam daftar global dengan peringkat sejumlah besar lembaga ilmiah dan ilmuwan di dunia disebut daftar Webometrics. Bahkan banyak mengatakan kalau daftar Webometrics ini cukup penting baik bagi negara berkembang dan negara berkembang yang belum memiliki sistem kendali mutu kualitas pendidikan tinggi yang memadai. Ini membuat daftar akan berfungsi sebagai korektif untuk evaluasi internasional dari berbagai universitas di dunia.

Sedangkan daftar universitas yang termasuk dalam ini bisa saja berubah setiap tahunnya karena ada pembaruan dan penilaian. Data- data yang dikumpulkan untuk dapat masuk dalam daftar juga harus dikumpulkan, analisis dan diindeks berdasarkan banyak kriteria tertentu pula. Berikut beberapa daftar perguruang tinggis swasta terbaik berdasarkan Webometrics.

 

Mengenal Peringkat Webometrics dari Universitas Dunia

Peringkat Webometrik Universitas Dunia atau The Webometrics Ranking of World Universities, juga dikenal sebagai Peringkat Web Universitas. Ini adalah adalah sistem peringkat untuk universitas dunia berdasarkan indikator komposit yang memperhitungkan volume konten Web yang di dapat dari jumlah halaman web dan file dan visibilitas dan dampak publikasi web ini sesuai dengan jumlah tautan masuk eksternal atau kutipan situs.

Diambil dari informasi resmi Webometric di Wikipedia, pemberi pemeringkatan tersebut dipublikasikan oleh Cybermetrics Lab yaitu sebuah kelompok penelitian dari Dewan Riset Nasional Spanyol atau Spanish National Research Council (CSIC) yang berlokasi di Madrid, Spanyol. Sedangkan tujuan adanya pemeringkatan ini adalah untuk meningkatkan keberadaan institusi akademik dan penelitian di Web dan untuk mempromosikan akses terbuka publikasi hasil ilmiah. Analisa dan pemberian pemeringkatan dimulai pada tahun 2004 silam dan diperbarui setiap bulan Januari dan Juli. Di tahun 2021 ini pemeringkatan menyediakan indikator Web untuk lebih dari 31.000 universitas yang tercatat di seluruh dunia. Peringkat Webometrik Sekolah Bisnis adalah peringkat serupa dari Sekolah Bisnis dari seluruh dunia.

 

Metodologi Pemberian Peringkat Webometrics

Daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Berdasarkan Webometrics
 

Untuk dapat mengeluarkan daftar perguruan tinggi atau universitas terbaik, metodologi webometrics telah mencakup analisis tautan, analisis kutipan web, evaluasi hasil penelusuran melalui browser web, serta beberapa studi deskriptif dasar dan analisis web. Web sendiri sangat penting sebagai media komunikasi karena ini adalah platform untuk menempatkan dan mengarsipkan berbagai dokumen.

Dilansir dari Intechopen, daftar ini termasuk analisis sejumlah besar repositori dari berbagai jenis dokumen terkait dengan sivitas akademika. Oleh karena itu penerapan metodologi ini dalam pemeringkatan umum situasi terkini di bidang akademik lebih signifikan. Mengingat sumber informasi yang besar dan mudah diakses ini, kemungkinan tak terbatas untuk mengukur atau menghitung konten web muncul dalam rentang yang luas atau dalam rentang yang lebih sempit.

 

Baca Juga  :     Jurusan Favorit untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Kelebihan dan Kekurangan Daftar Webometrics

Sama seperti sistem peringkat lainnya, sistem peringkat Webometrics memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Berbeda dari sistem pemeringkatan ilmuwan dan universitas lainnya, dapat dikatakan bahwa webometrics adalah sistem pemeringkatan secara global. Ini karena sebagian besar sistem pemeringkatan hanya mencakup beberapa ratus atau ribuan universitas terbaik, sedangkan Webometrics mencakup sebagian besar universitas di dunia, yaitu, saat ini 28.000 institusi ilmiah dari seluruh dunia. Daftar ini juga memungkinkan pemeringkatan lembaga ilmiah, institut, dan anggota individu universitas, yang dapat menarik semangat kompetitif di antara anggota individu universitas.

Namun, bukan berarti tidak ada universitas lain yang berkualitas baik selain yang diperingkat maupun ilmuwan yang bekerja di universitas-universitas tersebut di seluruh dunia. Umumnya sistem pendidikan tinggi di negara maju mengikuti kebutuhan pasar tenaga kerja dan kemajuan teknologi. Karenanya, kualitas lembaga pendidikan dipertahankan secara kelembagaan karena kriteria akreditasi yang ketat yang ditentukan oleh organ dan kementerian yang berwenang di setiap negara bagian. Di negara berkembang dan ekonomi yang kurang berkembang, ada masalah besar mengenai penilaian objektif dan peringkat kualitas institusi pendidikan tinggi disebabkan :

 

  • Penerapan kriteria internasional yang buruk atau tidak ada sama sekali
  • Kemungkinan keterlibatan politik ke dalam institusi pendidikan tinggi
  • Devaluasi ijazah dan kriteria melalui lembaga yang tidak memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan oleh undang-undang
  • Persentase yang sangat rendah dari produksi ilmiah dari publikasi relevan yang diindeks dalam database terkemuka dan valid

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Informatika Terbaik di Indonesia

 

Daftar Perguruan Tinggi /Universitas yang Termasuk dalam Daftar Webometrics

Diambil dari situs resmi Webometrics, tujuan asli dari pemeringkatan ini adalah untuk mempromosikan publikasi Web. Mendukung inisiatif Open Acces, akses elektronik ke publikasi ilmiah dan materi akademis lainnya adalah target utama mereka. Namun indikator web juga sangat berguna untuk tujuan pemeringkatan karena tidak didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman tetapi pada kinerja global dan visibilitas universitas.

Adapun daftar negara yang termasuk dalam daftar perguruan tinggi atau universitas dalam Webometrics adalah :

 

  • Amerika Serikat dan Kanada
  • Eropa, termasuk Turki, Kaukasus & Israel
  • Eropa Tengah & Timur
  • Asia, tidak termasuk Timur Tengah
  • Asia Tenggara
  • Asia Selatan, Anak Benua India
  • Dunia Arab & Persia (Afrika Utara dan Timur Tengah)
  • Afrika
  • Amerika Latin yakni Tengah, Amerika Selatan dan Karibia
  • Oceania

 

Baca Juga  :    Beasiswa GRATIS Sampai Lulus ? Yuk, Gabung Beasiswa IDCloudHost!

 

Daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Berdasarkan Webometrics

Daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Berdasarkan Webometrics
 

Webometrics mencangkup banyak perguruan tinggi dan universitas dari seluruh dunia termasuk juga dari Indonesia yang juga membuat daftar private university atau swasta. Berikut beberapa daftar perguruan tinggi swasta yang masuk ke dalam daftar Webometric tahun 2021 :

 

  • Bina Nusantara (Binus) University
  • Telkom University
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Universitas Dian Nuswantoro
  • Universitas Narotama UNNAR Surabaya
  • Universitas Kristen Satya Wacana
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Mercu Buana

 

Dari 10 daftar perguruan tinggi swasta di Indonesia diatas, tentunya banyak yang mempertanyakan validitas dari Webometric dalam memilih dan membuat daftar ini. Dikutip dari laman resmi mereka, Ranking Web sangat berkorelasi dengan Ranking lainnya, terutama yang berdasarkan hasil penelitian. Ini memiliki cakupan yang jauh lebih besar karena peringkatnya lebih dari 20.000 universitas di seluruh dunia dan juga mempertimbangkan lebih banyak misi universitas dan tidak hanya penelitian saja.

Perbedaan utama mengacu pada masing-masing universitas dengan kebijakan web yang salah seperti kebanyakan penamaan web. Beberapa institusi memiliki dua atau lebih domain web, yang lain baru-baru ini mengubah domain utamanya tetapi masih mempertahankan banyak informasi di bawah domain lama dan bahkan beberapa universitas berbagi domainnya dengan organisasi eksternal. Dalam kasus lain, jika kinerja web suatu institusi berada di bawah posisi yang diharapkan sesuai dengan keunggulan akademis mereka, otoritas universitas harus mempertimbangkan kembali kebijakan web mereka, mempromosikan peningkatan substansial dari volume dan kualitas publikasi elektronik mereka.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Diterima Beasiswa IDCloudHost 2021

 

Beasiswa Gratis di Telkom University dari IDCloudHost Indonesia

Daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Berdasarkan Webometrics
 

Melengkapi daftar perguruan tinggi swasta terbaik berdasarkan daftar Webometrics, pelajar juga bisa mempertimbangkan untuk melamar ke salah satunya, yakni Telkom University. Beasiswa yang diluncurkan sejak tahun 2015 lalu, IDCloudHost Indonesia telah dengan konsisten membuka beasiswa untuk memberikan bantuan kepada pelajar dan mahasiswa Indonesia dalam pembelajaran mereka.

Tidak terkecuali tahun 2021 ini, IDCloudHost kembali bekerjasama dengan Telkom University dengan memberikan dukungan beasiswa full secara gratis. IDCloudHost juga menekankan bahwa beasiswa ini tidak memungut biaya pendaftaran sama sekali. Dibuka pada tanggal 14 Februari hingga 20 Juni 2021, beasiswa ini menawarkan bidang studi di Jurusan Teknik dan Non Teknik. Sedangkan jika Anda berminat untuk mendaftarkan diri Anda di program beasiswa tahun ini dari IDCLoudHost, Anda bisa mendaftarkan diri Anda di https://idcloudhost.com/beasiswa/

Related Post :