Daftar Situs Web Untuk Kursus dan Belajar Coding Secara Online Terbaik

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Bahasa pemrograman atau yang umum dikenal sebagai coding merupakan dasar dalam pemrograman yang telah berkembang jauh seiringnya waktu. Tidak hanya menjadi dasar dan ilmu dalam berkarir di bidang IT, coding sendiri mulai menjadi hobi yang bisa dilakukan oleh banyak orang yang meminatinya. Belajar coding merupakan hal yang menyenangkan dan juga bermanfaat, karena dunia pemrograman membuka banyak pintu yang memungkinkan pengembang baru untuk memanfaatkan dan mengimplementasikan proyek baru.

Di dunia modern serba digital ini, pemrograman telah menjadi jauh lebih penting daripada sebelumnya. Jika Anda baru mengenal serta menyukai dunia coding dan pengembangan web namun tidak mempunyai waktu atau dana untuk belajar di sekolah formal, maka Anda bisa mulai langkah pertama Anda dengan belajar coding melalui untuk kursus online gratis. Peningkatan kursus online hampir di semua bidang termasuk dunia IT tidak lepas dari meningkatnya permintaan dari banyak organisasi atau perusahaan yang membutuhkan ahli coding.

Demand atau permintaan yang tinggi ini bisa menjadi peluang yang besar untuk Anda terutama pada karier Anda jika Anda sudah menjadi ahli coding. Begitu juga bagi mereka yang mengambil kelas belajar coding secara online juga turut mempunyai peluang yang sama besarnya. Jika Anda mempunyai keinginan belajar coding dan menjadi pengembang handal, simak rekomendasi situs untuk kursus dan belajar coding secara online dibawah ini.

 

Situs Web Gratis Untuk Belajar Coding

Daftar Situs Web Untuk Kursus dan Belajar Coding Secara Online Terbaik
 

Dengan belajar coding, Anda bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan Anda baik itu untuk kebutuhan secara profesional, hobi maupun keahlian yang ingin Anda gunakan dalam mencari kerja. Banyak sekali para pemula yang ingin belajar coding, kebanyakan pemula lebih suka belajar dengan situs web dan kursus gratis untuk meningkatkan kemampuan mereka. Siapa saja yang tertarik akan coding dapat belajar coding melalui situs web, bahkan tanpa dipungut biaya atau gratis. Dibawah ini adalah daftar situs web untuk kursus online gratis dan untuk Anda yang ingin belajar coding secara online.

 

  1. Coursera
    Salah satu platform situs belajar lengkap secara online ada Coursera yang terkenal terbaik untuk belajar coding secara gratis dengan pilihan kursus yang profesional dan serbaguna. Coursera menyediakan kursus, tutorial, dan sumber daya berbasis coding yang diajarkan oleh profesor universitas yang sebenarnya. Semua kursus tidak dikenai biaya, tetapi jika Anda memilih dan menginginkan sertifikat yang terverifikasi, maka Anda dapat membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya. Terkadang membayar sertifikat juga memberikan akses ke konten yang tidak tersedia dalam versi gratis. Disamping itu coursera juga menawarkan Spesialisasi yang merupakan kumpulan kursus tentang topik tertentu, biasanya dengan proyek di bagian akhir. Anda akan menemukan berbagai kursus yang tersedia seperti Python, Jawa, HTML dan CSS, Pemrograman IoT, bahasa C, pengantar pemrograman dan masih banyak lagi.
  2. Codewars

    Codewars menawarkan cara yang menyenangkan dan unik untuk Anda yang ingin belajar coding disini. Dengan tema seni bela diri, program ini didasarkan pada tantangan yang disebut kata yang kemudian harus diselesaikan pelajaran coding untuk pemula sehingga Anda akan mendapatkan kehormatan dan maju ke peringkat yang lebih tinggi. Berbeda dengan cara pembelajar online lainnya, Codewars adalah pilihan yang interaktif dan unik terutama bagi pemula. Beberapa bahasa pemrograman yang dapat Anda pelajari dengan Codewars yaitu Jawa, JavaScript, C#, Rubi, Python, SQL, dan masih banyak lagi.

  3. Free Code Camp

    Free Code Camp adalah organisasi nirlaba dengan beberapa konten yang paling berguna dan sumber daya yang bermanfaat bagi programmer dan pengembang. Platform situs web ini memberikan panduan dan materi yang berkualitas tinggi untuk para penggemar pemrograman pemula dan untuk berlatih serta menguasai keterampilan pengkodean mereka. Ini juga sempurna untuk Anda yang ingin belajar cara coding secara online dengan mendapatkan pengalaman praktis dan langsung bermanfaat untuk Anda serta terlihat mengesankan. Adapun sertifikasi coding gratis yang ditawarkan oleh Free Code Camp yaitu HTML, CSS, JavaScript, visualisasi data, DevTools, pengujian QA, Node.js, React, jQuery, dan masih banyak lagi.
     
    Baca Juga  :   Teknologi Informasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Teknologi Informasi

  4. edX

    edX adalah platform pembelajaran pendidikan tinggi open source yang sangat besar yang saat ini memiliki jaringan lebih dari 5 juta siswa. Situs ini dipecah menjadi banyak kategori berbeda yang jauh melampaui pemrograman. Dengan belajar coding disini, Anda akan menemukan nilai tertinggi dalam kategori Ilmu Komputer yang menawarkan lebih dari 600 kursus hebat di bawah kategori spesifik ini yang akan mengajarkan berbagai bahasa pemrograman. Sebagai salah satu situs web terbaik untuk belajar coding secara gratis, edX menawarkan kursus yang cukup menarik yaitu HTML dan CSS, Jawa, jQuery, C++, C#, Python, SQL, dan masih banyak lagi.

  5. Codecademy

    Codecademy adalah tempat yang sangat tepat serta sesuai bagi pengembang pemula dan penggemar pemrograman untuk meningkatkan keterampilan pengkodean mereka yang membuat Codecademy juga merupakan salah satu situs coding gratis yang paling populer untuk pemula. Platform ini juga cukup lengkap dimana Anda dapat mempelajari cara memprogram di antara keterampilan teknis lainnya sehingga reputasinya sebagai salah satu situs web untuk belajar coding gratis terbaik memang layak. Pembelajaran Codecademy berkisar pada pembelajaran yang efektif yaitu Anda membaca sedikit, mengetik kode Anda langsung ke browser, dan langsung melihat hasilnya. Pelajaran coding gratis yang ditawarkan adalah HTML & CSS, JavaScript, PHP, Phyton, Ruby, Angularjs, The Command Line, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Daftar Bahasa Pemrograman Populer

 

Tips dan Trik Belajar Coding Bagi Pemula

Daftar Situs Web Untuk Kursus dan Belajar Coding Secara Online Terbaik
 

Salah satu pertanyaan umum dan mendasar di kalangan siswa atau seseorang yang ingin belajar coding adalah bagaimana caranya bisa belajar coding dengan cepat dan berkarir sebagai programmer. Tidak ada proses yang cepat dan instant, semua harus Anda lalui satu persatu sesuai dengan ketentuan pembelajaran kursus online yang Anda pilih. Ini adalah cara belajar layaknya Anda belajar di sekolah maupun bidang pelajaran lainnya.

Berawal dari minat yang Anda teruskan sehingga mengambil kelas belajar coding secara online, maka Anda telah memulai langkah pertama anda. Tetapi meskipun belajar coding tidak begitu berat, Anda tetapi harus mempunyai konsisten dan disiplin dalam mengikuti kelas coding Anda. Ini yang membuat coding tidak untuk semua orang namun masih bisa dipelajari bagi mereka yang benar- benar berminat. Simak tips belajar coding yang bisa Anda praktekkan sendiri dibawah ini :

 

  • Pelajari dulu konsep dasar dari coding.
  • Tidak perlu terburu – buru untuk belajar coding.
  • Pilih bahasa pemrograman yang tepat.
  • Pilih bahasa pemrograman yang menunjukkan konsep tingkat rendah.
  • Pilih bahasa pemrograman berdasarkan tujuan Anda.
  • Belajar dengan mempraktikkan coding langsung, bukan hanya membaca teori di buku.
  • Jangan mengabaikan dasar – dasar coding.
  • Belajar coding dengan fokus dan santai.

 

Baca Juga  :    Kumpulan Tempat Belajar HTML Secara Online Untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebelum munculnya kursus online yang serba lengkap bahkan gratis, belajar coding merupakan pendidikan yang sangat mahal serta harus ditempuh melalui jalur pendidikan formal. Namun, dengan semua layanan situs web untuk belajar coding gratis yang tersedia saat ini, Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman dalam waktu yang singkat, bahkan Anda dapat mempelajarinya tanpa mengeluarkan uang.

Tentu saja, ada banyak program dan kursus belajar coding yang berbayar, tapi dengan adanya layanan situs web yang gratis sudah lebih dari cukup untuk membantu Anda memulai dan mengembangkan pengetahuan dasar untuk berhasil sebagai seorang programmer. Manfaatkan semua situs web gratis yang ada dan jika Anda ingin meningkatkan level pembelajaran Anda serta mendapatkan sertifikat yang valid, Anda bisa mengambil kelas berbayar yang tentunya lebih advance dari kelas pemula.

Related Post :