Daftar Usaha Sampingan yang Mudah dan Menguntungkan di tahun 2020

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Jika Anda ingin menjadi mandiri secara finansial, Anda perlu menemukan cara untuk mengurangi hutang dan pengeluaran Anda. Tetapi meningkatkan penghasilan Anda juga bermanfaat, dan pekerjaan sampingan bisa sangat membantu untuk Anda untuk mewujudkan hidup baik itu menambah pemasukan maupun tabungan Anda. Ini membuat usaha sampingan sangat menarik banyak orang karena akan menambah pemasukan utama.

Ada banyak alasan kenapa orang memutuskan untuk membuat usaha sampingan atau side job, terutama di saat- saat seperti ini. Anda bisa memulai usaha Anda dengan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda namun tetap mendapat pemasukan. Namun begitu, perhatikan juga bagaimana Anda mengatur dan membagi waktu dengan usaha sampingan Anda tersebut.

Beruntungnya, di zaman yang serba maju dan menggunakan cara digital ini, ada banyak peluang usaha sampingan yang bisa Anda coba. Mulai dari menjadi editor untuk foto dan video bagi para YouTuber, menjadi fotografer bagi brand yang ingin memasarkan produknya dengan visual hingga menjadi tenaga pengajar les secara online. Simak daftar usaha sampingan yang mudah dan menguntungkan di tahun 2020 yang bisa Anda coba berikut ini.

 

Keuntungan Mempunyai Usaha Sampingan

Daftar Usaha Sampingan yang Mudah dan Menguntungkan di tahun 2020
 

 

Apabila pekerjaan tetap Anda tidak begitu menghasilkan dan Anda sendiri memerlukan tambahan pemasukan, usaha sampingan akan menjadi jalan keluar yang baik dan masuk akal untuk dilakukan. Berikut beberapa keuntungan dari mempunyai usaha sampingan :

 

  • Anda bebas mengatur dan menentukan waktu Anda sendiri
  • Anda bebas memilih bidang usaha seperti apakah yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda
  • Anda adalah boss bagi diri Anda sendiri, jadi semua kontrol usaha akan berada di tangan Anda
  • Semua hasil keuntungan dari usaha sampingan tersebut akan menjadi milik Anda tanpa harus perlu dibagi lagi

 

Baca Juga :     Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

 

Rekomendasi Daftar Usaha Sampingan

Daftar Usaha Sampingan yang Mudah dan Menguntungkan di tahun 2020
 

Ada banyak jenis usaha sampingan yang ada diluar sana, jika Anda tertarik mencobanya, pastikan usaha tersebut sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Berikut beberapa ide- ide usaha yang bisa Anda pertimbangkan :

 

  • Mengajar les privat online

    Kalau sebelumnya siswa yang ingin belajar les harus ke lembaga les atau guru privat akan datang mengunjungi siswa mereka, saat ini itu tentu tidak bisa dilakukan. Namun Anda masih bisa mengajar para siswa Anda melalui online dengan memanfaatkan aplikasi online seperti Zoom, Discord dan lain- lain.

  • Menerima jahitan dan craft tangan

    Bagi Anda yang mempunyai bakat menjahit dan craft tangan, ini adalah pilihan usaha sampingan yang mungkin sesuai dengan Anda. Dengan menerima jahitan, Anda bisa menentukan siapa saja yang menjadi klien Anda begitu pula lama Anda mengerjakan proyek jahitan Anda. Anda juga bisa mengerjakannya di rumah ketika akhir pekan yang mana akan lebih fleksibel dan praktis bagi Anda jika Anda mempunyai pekerjaan utama dari Senin hingga Jumat.

  • Menjadi affiliate marketing

    Jika Anda memiliki situs web sendiri, maka pemasaran afiliasi bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Pemasaran afiliasi atau affiliate marketing adalah bentuk pemasaran yang Anda tautkan ke produk perusahaan lain di situs Anda dan Anda mendapatkan komisi dari penjualan yang dihasilkan melalui tautan tersebut.Namun berhati-hatilah, karena ada penipuan dan skema di luar sana yang perlu Anda hindari. Pastikan untuk memeriksa kemitraan yang Anda bentuk untuk pemasaran afiliasi sehingga Anda tidak terjebak dalam penipuan.

  • Editor foto dan video

    Dengan maraknya YouTuber yang bermunculan saat ini, akan membutuhkan banyak editor pula. Ini adalah lahan pekerjaan sampingan yang sebenarnya cukup menjanjikan karena setiap YouTuber tentu memerlukan seseorang untuk mengolah konten mereka menjadi menarik. Maka apabila Anda mempunyai bakat dalam mengedit, mungkin ini adalah usaha sampingan yang paling sesuai dengan Anda.
    *nbsp;

    Baca Juga :    Strategi Pemasaran Produk/Layanan untuk Bisnis + Contohnya

  • Mengelola media sosial untuk bisnis lokal

    Maraknya merek- merek dan usaha yang masuk ke dunia media sosial berarti akan banyak pula dari mereka yang memerlukan tenaga ahli untuk mengolah laman sosial mereka untuk menjadi lebih menarik dan mengikuti trend. Disinilah Anda bisa masuk dan menawarkan jasa Anda. Ini adalah bisnis digital, jadi Anda bisa melakukannya langsung dari rumah. Anda dapat mengelola postingan media sosial untuk perusahaan Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram, atau platform lain yang mereka gunakan. Anda juga dapat memperluas ke bidang pemasaran digital lain seperti pengoptimalan mesin telusur (SEO), desain, atau pengkodean.

  • Penulis freelance

    Jika Anda mempunyai bakat dalam mengolah kata menjadi tulisan yang menarik dan menggugah pembacanya, Anda dapat mencoba bidang ini. Anda dapat menawarkan jasa penulisan Anda kepada blog, website maupun portal – portal berita yang selalu mencari penulis dari setiap daerah untuk mendapatkan berita terbaru yang lebih akurat.

  • Fotografer untuk produk

    Hampir sama dengan mengelola media sosial, saat ini banyak brand yang membutuhkan seorang fotografer untuk membuat produk atau jasa mereka menjadi visual yang menarik minat calon pembeli mereka. Jika Anda mempunyai kamera dan teknik fotografi yang mumpuni, ini bisa menjadi pilihan usaha sampingan Anda yang paling baik.

  • Katering

    Usaha yang satu ini rasanya tidak akan pernah berhenti karena setiap orang pasti membutuhkan makanan dan hobi makan. Jadi apabila Anda mempunyai bakat dalam memasak atau membuat kue, Anda bisa mulai melakukannya sekarang juga. Jangan lupa untuk memasarkannya di media sosial khusus bisnis Anda ini untuk menarik dan membangun image usaha Anda.
     

    Baca Juga :   Perbedaan Antara Reseller dan DropShipper untuk Bisnis Anda

  • Menjadi reseller atau dropshipper

    Anda ingin berjualan tapi tidak mempunyai modal awal? Maka Anda bisa mencoba cara berjualan masa kini yaitu menjadi reseller atau dropshipper. Modal utama yang Anda perlukan adalah smartphone atau laptop serta koneksi internet yang stabil. Namun pastikan juga Anda memakai agen penjualan yang mumpuni dan terpercaya agar usaha Anda berhasil.

  • Menjadi influencer

    Banyaknya platform media sosial membuat banyak ide dan peluang pekerjaan bermunculan. Para brand pun turut mengikuti trend tersebut dengan memasarkan produk mereka menggunakan jasa influencer yang dinilai lebih relatable dan dekat dengan keseharian. Apabila Anda ingin menjadi influencer, maka inilah saat yang tepat untuk memulai untuk mencobanya.

  • Membuat website

    Apakah Anda mengerti bahasa pemrograman atau coding? Atau Anda mengerti bagaimana menjalankan platform blog dan website seperti Blogspot, WordPress, Joomla dan lain- lain? Semakin meningkatnya penggunaan online dan digitalisasi, maka semakin banyak pula blog dan website yang bermunculan saat ini. Anda bisa mempertimbangkan bidang usaha sampingan membuat website jika Anda bisa membuat website.

 

Baca Juga :     Cara Memulai Bisnis Properti yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

 

Kesimpulan dan Penutup

Meski usaha sampingan biasanya lebih sering dilakukan ketika senggang atau akhir pekan, bukan berarti Anda tidak sungguh- sungguh dalam menjalankannya. Justru Anda harus juga memberikan perhatian Anda agar usaha sampingan tersebut benar- benar mendatangkan hasil dan manfaat. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial dalam memasarkan dan membangun image usaha Anda.

Usaha sampingan biasanya akan lebih membawa kepuasan secara emosional mengingat usaha yang dilakukan adalah usaha yang dipilih berdasarkan kesukaan Anda secara pribadi. Maka karenanya usaha sampingan tidak hanya mendapatkan tambahan pemasukan, tetapi juga mendatangkan kepuasan tersendiri. Untuk mendapatkan itu semua, maka pilihlah bidang usaha sampingan yang sesuai dengan Anda agar lebih mudah menjalankannya.

Related Post :