Definisi Webinar dan Memanfaatkannya Untuk Bisnis Online

Business, Video Marketing / 0 | | 0

Meskipun webinar sudah ada sejak lama, dengan popularitas konten video yang terus meningkat dalam pemasaran, presentasi web adalah cara yang tepat. Dengan pandemi global yang melanda dunia dan memaksa orang untuk bekerja dari rumah, webinar telah mengalami kebangkitan popularitas dan penggunaan di seluruh dunia.

Dalam dekade terakhir terutama dalam beberapa bulan terakhir webinar telah menjadi bahan pokok untuk mendidik siswa, berhubungan dengan kerja dan calon pelanggan, menghasilkan prospek untuk bisnis Anda, dan memikat banyak sekali pemirsa online. Webinar sendiri adalah rapat atau presentasi online yang diadakan melalui internet secara real-time.

Sederhananya, ini adalah acara online, yang menghubungkan individu dengan pemirsa di seluruh dunia. Selain juga dapat digunakan dalam banyak hal terlebih lagi disaat pandemi seperti saat ini. Jika Anda baru mengenal pemasaran webinar, baca dan cari tahu apa itu webinar, manfaat utamanya, dan fitur- fitur yang biasa digunakan.

 

Apa Itu Definisi Webinar

Webinar (seminar web) adalah presentasi video, lokakarya, atau kuliah yang diselenggarakan secara online, biasanya melalui perangkat lunak webinar. Acara online ini biasanya interaktif, terkait bisnis, dan memungkinkan Anda berbagi pengetahuan dengan hampir semua orang di dunia. Presentasi dan konferensi web adalah bentuk pemasaran yang sangat interaktif dan dapat digunakan sebagai taktik membangun hubungan atau membangun otoritas.

Tapi kemungkinannya tidak terbatas. Anda bahkan dapat menggunakan webinar untuk rapat tim internal jika Anda adalah bagian dari tim jarak jauh. Merencanakan webinar jauh lebih mudah daripada menyelenggarakan seminar atau kuliah di kehidupan nyata. Terutama karena Anda tidak perlu memiliki tempat yang besar untuk menampung banyak orang. Anda dapat mengundang orang-orang dari seluruh dunia, untuk bertemu secara real-time, dan jika mereka tidak dapat berpartisipasi secara langsung, Anda dapat merekam webinar dan mengirimkan rekamannya nanti.

 

Baca Juga  :     Aplikasi Webinar Online yang Murah, Mudah, dan Aman untuk digunakan

 

Fitur- Fitur Webinar

Definisi Webinar dan Memanfaatkannya Untuk Bisnis Online
 

Tujuan webinar tergantung pada host atau penyelenggaranya, tetapi opsi untuk dipilih berada pada spektrum yang luas. Ini berarti bahwa alat yang Anda gunakan untuk meluncurkan webinar Anda harus cukup fleksibel untuk memberi Anda fitur yang akan membuat audiens Anda tetap terlibat, apapun topiknya. Di bawah ini adalah beberapa fitur yang disediakan oleh sebagian besar alat webinar. Pelajari bagaimana Anda dapat memanfaatkannya saat menyelenggarakan webinar Anda sendiri.

  • Obrolan teks/text chat

    Webinar melibatkan audiens besar atau kecil dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda, tetapi salah satu metode paling sederhana adalah dengan mengaktifkan obrolan teks. Dengan adanya fitur ini memungkinkan audiens Anda mengajukan pertanyaan terkait atau menjawab pertanyaan yang diajukan. Tanpa berada di ruangan yang sama, sulit untuk menarik perhatian penyaji dengan pertanyaan atau jawaban, tetapi obrolan teks di alat webinar memungkinkannya.
    Seperti pertanyaan Anda yang dijawab dalam pertemuan tradisional, menjawab pertanyaan yang telah dibangun oleh audiens Anda akan membangun kepercayaan dan otoritas.

  • Berbagi slide presentasi

    Membuat webinar yang menarik bisa jadi sulit. Jika webinar Anda mendidik dalam satu atau lain cara, pertimbangkan untuk berbagi slide presentasi yang berguna untuk disajikan kepada audiens Anda saat Anda membicarakannya. Dengan adanya slide ini juga memungkinkan Anda untuk memberikan agenda yang jelas untuk pemirsa Anda, mendorong keterlibatan, dan memberikan sesuatu untuk menarik penonton.

  • Rekaman

    Secara tradisional, webinar dijalankan secara langsung sehingga audiens dapat mengajukan pertanyaan kepada presenter dan mendapatkan jawaban secara real-time. Meskipun menonton webinar yang direkam sebelumnya menjadi kurang menarik, informasi yang disajikan atau didiskusikan dapat dilihat oleh mereka yang melewatkan versi langsung, dapat dirujuk nanti oleh audiens Anda. Selain juga direkam untuk tamu yang tidak dapat mengikuti jadwal webinar. Mereka juga bisa diadakan lebih dari sekali jika Anda memiliki topik yang selalu menarik.

  • Share screen

    Jika topik Anda memerlukan demonstrasi, fitur berbagi layar atau share screen di alat webinar akan berguna. Penonton akan dapat melihat dengan tepat tindakan apa yang Anda lakukan di layar dan mengikuti sendiri jika diperlukan. Fitur share screen ini juga dapat berguna selain demo. Jika Anda berbagi video atau presentasi dengan cara non-tradisional, berbagi layar adalah cara untuk menunjukkan kepada pemirsa apa yang Anda lihat. Selain itu, jika Anda mendemonstrasikan lebih dari satu proses atau menggunakan lebih dari satu alat atau file, berbagi layar seringkali lebih efektif daripada tangkapan layar untuk pemirsa.

  • Papan tulis

    Jika Anda menjelaskan topik yang kompleks dan ingin melakukannya secara langsung, menggunakan fitur papan tulis memungkinkan Anda dan pembawa acara lainnya membuat catatan, mengilustrasikan ide dengan gambar, atau menggambar panah untuk mendemonstrasikan suatu proses. Sama seperti yang dapat Anda lakukan di ruang kelas, fitur papan tulis yang disediakan oleh beberapa perangkat lunak webinar memungkinkan audiens Anda merasa seperti ada di sana bersama Anda dan memberi mereka gambaran yang lebih jelas tentang subjek Anda.

  • Survei dan poling

    Membuat audiens Anda menjawab pertanyaan dalam obrolan teks bisa menjadi sedikit kacau, terutama ketika audiens Anda berada di ujung skala yang lebih besar. Memberikan jajak pendapat selama webinar Anda memungkinkan Anda memberikan opsi yang ditetapkan untuk dipilih audiens Anda, dan itu membuat hasil Anda tetap teratur di satu tempat. Jajak pendapat dan survei memberi audiens Anda cara mudah untuk terlibat dengan presentasi dan pertanyaan Anda dengan cara yang cepat dan teratur.

 

Baca Juga  :     Memanfaatkan Strategi Webinar untuk Bisnis Online

 

Manfaat Webinar Untuk Bisnis Online

Definisi Webinar dan Memanfaatkannya Untuk Bisnis Online
 

Dari bisnis kecil hingga perusahaan besar, semua orang tampaknya menyadari manfaat webinar terutama di tengah situasi saat ini. Acara profesional dan pameran dagang dibatalkan di seluruh dunia karena krisis COVID-19. Begitu banyak bisnis mencari cara untuk menjangkau audiens target mereka secara digital. Ini membuat webinar adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens Anda. Jika Anda belum memanfaatkan webinar untuk mengembangkan bisnis Anda, sekarang saatnya untuk memulai. Beberapa manfaatnya adalah :

 

  • Menjangkau lebih banyak pemirsa

    Pada pameran dagang, lokasi geografis dapat menjadi penghalang. Bagaimanapun, Anda hanya dapat menjangkau penonton di mana pertunjukan tertentu sedang berlangsung. Namun tidak demikian halnya dengan webinar. Salah satu manfaat terbesar webinar adalah memungkinkan Anda menjangkau peserta dan sponsor di mana pun di dunia. Tidak ada batasan geografis karena Anda sedang online. Siapa pun yang memiliki koneksi internet dapat bergabung dengan webinar Anda.
    Anda tidak perlu mengatur perjalanan, penginapan, makan, dan fasilitas lainnya untuk presenter atau peserta. Logistik dan perencanaan tidak akan menyita waktu atau energi Anda. Anda bahkan tidak perlu mengirim tim pemasaran dan penjualan ke acara yang jauh. Webinar memungkinkan Anda membangun jaringan profesional dan terhubung dengan audiens target Anda secara global.
    Tanpa meninggalkan kenyamanan rumah Anda, Anda dapat menjangkau banyak orang secara online. Manfaat webinar ini sangat berguna untuk perusahaan yang berskala global atau memiliki target audiens di berbagai negara. Jika Anda dapat mengatasi perbedaan zona waktu, webinar menawarkan peluang besar untuk mengembangkan bisnis Anda.

  • Meningkatkan brand awareness

    Pemilik bisnis perlu menghabiskan banyak waktu, uang, dan sumber daya untuk membangun identitas brand mereka. Dari membuat logo unik dan memilih warna merek hingga membangun suara brand, ada banyak pekerjaan yang dilakukan untuk branding. Webinar memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan identitas brand Anda secara online. Selama sesi webinar Anda, peserta akan dihadapkan pada elemen pencitraan merek ini berulang kali.
    Jika Anda merancang presentasi dan konten Anda dengan cerdas, Anda dapat memperkuat identitas brand Anda. Setelah pemaparan berulang kali, ada kemungkinan nilai penarikan kembali brand Anda dapat meningkat.Untuk mendapatkan hasil maksimal dari situasi ini, Anda dapat memanfaatkan laporan data yang ada. Selain itu, Anda juga dapat mendesain konten Anda sedemikian rupa sehingga meningkatkan kesadaran merek Anda. Meskipun manfaat utama dari strategi ini mungkin tidak dapat diukur, mereka dapat membantu Anda memperkuat identitas brand Anda secara keseluruhan di ceruk pasar Anda.

  • Mempromosikan produk

    Teknik penjualan keras tidak lagi bisa diandalkan. Tidak hanya tidak efektif, audiens Anda juga mungkin menganggap strategi seperti itu mengganggu. Jika Anda menginginkan reputasi brand yang kuat, Anda harus menghindari godaan untuk menjual produk Anda dengan keras. Webinar memungkinkan Anda untuk fokus mendidik pelanggan bersama dengan menjual produk atau layanan Anda. Di webinar Anda, Anda dapat menyentuh masalah pelanggan dan bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu. Ini adalah titik di mana Anda dapat secara organik menyoroti manfaat produk atau layanan Anda.
    Keuntungan terbesar webinar adalah Anda juga dapat bereksperimen dengan berbagai format konten. Ini dapat membuat dunia berbeda dan memungkinkan Anda untuk berbagi wawasan dan mendemonstrasikan kemampuan produk Anda. Di akhir webinar, Anda juga dapat memberikan diskon untuk memotivasi audiens Anda agar melakukan pembelian.

 

Baca Juga  :    Mengenal Aplikasi CloudX : Cara Install dan Fitur-Fitur CloudX Telkomsel [Lengkap]

 

Kesimpulan dan Penutup

Potensi yang dapat dijangkau webinar Anda melampaui imajinasi Anda maupun cara penjualan biasa. Namun, webinar tidak mungkin melebihi ekspektasi tanpa melakukan persiapan dengan tepat. Sama seperti upaya pemasaran lainnya, sangat penting bahwa tujuan Anda ditetapkan dengan jelas mengingat seminar Anda bisa diakses oleh siapa saja calon pelanggan Anda.

Sama seperti event atau seminar lainnya, maka siapkan amunisi Anda dengan matang karena Anda harus mencari dan mendapatkan perhatian audiens serta mereka yang berpotensi besar pada bisnis Anda. Pilih tool atau aplikasi yang mendukung, tetapkan goal Anda dari webinar tersebut dan jangan lupa untuk melakukan promosi webinar bisnis online Anda agar mencapai audiens yang tertarget.

Related Post :