Tips Digital Marketing Terbaik 2022

Business, Marketing / 0 | | 1

Banyak orang yang membuka bisnis dan mulai memasarkannya secara online dikarenakan hampir setiap orang saat ini telah terhubung ke internet. Tahun 2022 adalah tahun yang tepat untuk Anda membuka bisnis online untuk menambah penghasilan. Pendapatan Anda bisa dengan signifikan meningkat. Apakah Anda berminat untuk membuka bisnis dan membuat strategi digital marketing yang baik?

Anda bisa memulainya sekarang juga dengan menerapkan beberapa tips yang tersaji dalam artikel ini. Strategi marketing yang baik akan menghasilkan tingkat penjualan yang tinggi dan Anda bisa dengan mudah mempraktekannya secara langsung. Tetapi sebelum Anda menerapkan strategi marketing, Anda perlu memikirkan bisnis apa yang ingin Anda jalankan dan siapa target marketing Anda.

Memikirkan bisnis apa yang ingin Anda buka dan siapa target market Anda akan memudahkan Anda memasarkan produk atau layanan Anda secara online. Misalnya, Anda ingin membuka bisnis pakaian remaja, tentu saja Anda harus menargetkan orang-orang dengan rentang usia muda atau produktif. Setelah Anda mengetahui hal tersebut, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa hal. Silakan simak artikel berikut ini untuk mendapatkan tips digital marketing terbaik 2022.

 

Cara Mempersiapkan Strategi Marketing Sebelum Memulai Bisnis

Tips Digital Marketing Terbaik 2022
 

 

Mempersiapkan bisnis yang ingin bertumbuh pesat memang tidak mudah,, Anda perlu meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk menyusun strategi marketing yang baik agar bisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Sebelum Anda menyusun strategi marketing, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini supaya strategi marketing yang Anda jalankan bisa lebih terarah.

  • Tetapkan Tujuan Bisnis

    Menetapkan tujuan bisnis sangat penting jika Anda menginginkan bisnis yang berkembang, jika Anda tidak punya tujuan dalam menjalankan bisnis, ada kemungkinan bahwa nantinya Anda akan kesulitan dalam menyusun strategi marketing yang tepat. Anda bisa mulai memikirkan tujuan atau sasaran bisnis Anda mulai dengan produk atau layanan apa yang ingin Anda jual, tetapkan prioritas produk atau layanan mana yang paling Anda unggulkan, serta Anda harus tahu siapa target pasar dari produk atau layanan Anda.
    Jika Anda bingung dalam menentukan tujuan tersebut, Anda bisa memulai dengan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound). Anda harus membuat rencana spesifik untuk bisnis Anda, kemudian buat tujuan bisnis yang terukur, bisa dicapai, dan siapkan jangka waktu tertentu dalam mencapai tujuan tersebut.

  • Cari Tahu Target Market

    Dalam membangun bisnis, Anda harus tahu siapa target market Anda. Misalnya saja, Anda menjual perlengkapan bayi, tentu Anda tidak akan menjual produk Anda kepada remaja yang masih duduk di bangku sekolah, Anda pasti menargetkan para calon orang tua yang baru saja memiliki anak-anak atau pria atau wanita dewasa yang memiliki teman yang baru saja memiliki anak.
    Setelah Anda mengetahui siapa target market Anda, selanjutnya cari tahu lebih dalam tentang target market Anda, seperti usia, gender, demografi, dan lain sebagainnya. Hal ini membantu Anda dalam melihat potensi dari tingkat penjualan Anda karena Anda bisa lebih spesifik dalam menentukan strategi marketing terbaik untuk calon pelanggan Anda.

  • Kenali Kompetitor

    Anda tidak bisa begitu saja menjalankan strategi marketing sebelum Anda juga mengetahui siapa kompetitor bisnis Anda. Hal ini berguna untuk membuat Anda terus mengevaluasi bisnis Anda, mendominasi keseluruhan target market, dan membuat brand Anda lebih disukai oleh banyak orang dibandingkan dengan kompetitor Anda.

 

Baca Juga  :      5 Customer Engagement Metrics yang Mendukung Sukses Digital Marketing 2022

 

Tips Digital Marketing Terbaik 2022

Tips Digital Marketing Terbaik 2022
 

Setelah Anda mempersiapkan hal di atas, Anda perlu ke tahapan selanjutnya, yaitu membuat strategi digital marketing terbaik agar bisnis Anda berkembang pesat. Membuat bisnis yang dikenal oleh banyak orang dan menjadi yang terbaik dalam bidang bisnis Anda dibutuhkan usaha yang lebih, Anda harus merencanakan strategi digital marketing yang baik. Anda tidak perlu pusing untuk memulai bagaimana cara melakukan digital marketing yang baik, berikut ini tips digital marketing terbaik 2022 yang wajib Anda coba.

  • Pencarian Organik (Search Engine Results Page)

    Pencarian organik masih populer sebagai strategi digital marketing di tahun 2022 untuk meningkatkan penjualan Anda. Membuat website Anda bisa tampil di halaman mesin pencari (Search Engine Results Page) adalah cara yang efektif untuk membuat produk atau layanan Anda dikenal oleh banyak orang, sehingga meningkatkan brand awareness sekaligus orang-orang jadi lebih mempercayai produk atau layanan Anda dibandingkan dengan brand kompetitor Anda.

  • Mulai Memaksimalkan Pencarian Suara

    Banyak dari sebagian besar orang yang mulai menggunakan Google Home dan Amazon Alexa. Ini tandanya banyak yang mulai beralih ke pencarian suara dibandingkan dengan pencarian manual dengan mengetik di mesin pencari. Anda bisa mulai mencoba tips digital marketing terbaik 2022 yang satu ini untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Cara untuk memaksimalkan pencarian suara adalah dengan memperhatikan kata kunci yang relevan menggunakan bahasa percakapan yang singkat serta jelas untuk membantu orang-orang menemukan website Anda.
     
    Baca Juga   :    Memahami Istilah Digital Marketing Untuk Bisnis Online 2022 (SEM, SEF, SERP, SEO, SEA, SMM)

  • Gunakan Platform Social Media Berbagi Video

    Social media seperti TikTok, IG Reels, dan YouTube menjadi sangat populer di tahun ini. Faktanya, lebih dari 27% remaja yang mengikuti influencer untuk menggunakan social media berbagi video, rata-rata remaja lebih mempercayai figur artis untuk membuat keputusan mereka dalam berbagai hal. Ini menjadi kesempatan Anda untuk menggunakan platform seperti TikTok dan IG Reels sebagai cara Anda memaksimalkan digital marketing yang Anda lakukan di tahun 2022. Anda bisa mencari tahu apa yang sedang trend saat ini dan membuat konten video yang menarik, serta Anda bisa mengajak kolaborasi dengan influencer untuk membuat banyak orang yang mengenal produk atau layanan Anda.

  • Buat Komunitas Online

    Membuat komunitas online sangat membantu Anda untuk mempererat hubungan antara pelanggan Anda dengan produk atau layanan Anda. Secara tidak langsung komunitas online bisa membantu Anda menyebarluaskan campaign marketing yang sedang Anda jalankan. Anda bisa mengumpulkan seluruh pelanggan Anda di sebuah platform tertentu, misalnya saja di discord. Harus ada yang mengatur komunitas online pengguna produk atau layanan Anda supaya Anda bisa terus memantau berapa banyak yang bergabung ke dalam komunitas online yang brand Anda buat. Selain itu, Anda bisa memberi lebih banyak diskon untuk anggota komunitas online yang Anda bentuk.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi dan Alat/Tool untuk Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Menjalankan bisnis tentu tidak mudah, terlebih lagi di zaman sekarang yang serba digital ini. Banyak brand yang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam produk atau layanannya, hampir setiap brand berusaha mengoptimalkan digital marketing di tahun 2022. Anda juga bisa untuk mempromosikan brand Anda dengan digital marketing selama Anda tetap konsisten dalam menjalankannya.

Sebelum Anda menjalankan tips digital marketing, Anda perlu menetapkan tujuan bisnis, mencari tahu target market, dan mengenal kompetitor Anda. Semua persiapan itu harus dilakukan agar digital marketing yang dijalankan dapat hasil yang maksimal. Selanjutnya, Anda perlu mempraktekan tips digital marketing terbaik 2022 seperti memaksimalkan pencarian organik dan pencarian suara, gunakan platform social media berbagi video seperti TikTok dan IG Reels, serta buat komunitas online untuk mengetahui loyalitas pelanggan produk atau layanan Anda.

 

 

 

 

 

Related Post :