logo Pentingnya Disaster Recovery Center dengan IDCloudHost

Pentingnya Disaster Recovery Center dengan IDCloudHost

Pentingnya Disaster Recovery Center dengan IDCloudHost

Apakah Anda sudah mengetahui tentang Disaster Recovery Center (DRC) secara menyeluruh? Jika belum, penting bagi Anda untuk membaca artikel ini agar memahami lebih lanjut tentang DRC. Saat ini, banyak perusahaan atau instansi mulai sadar akan pentingnya melindungi data dan menjaga keberlangsungan bisnis saat terjadi bencana. 

Mengapa demikian? Karena kehilangan data bisa terjadi kapan saja, bahkan karena kesalahan manusia atau virus seperti malware atau ransomware, serta bencana alam yang tidak terprediksi. Oleh karena itu, banyak perusahaan atau instansi mulai memiliki DRC untuk bisnis mereka agar tidak lagi khawatir akan kehilangan data yang penting atau bisnis terhambat operasinya. Pada artikel ini, kita akan membahas DRC secara detail.

Apa Itu Disaster Recovery Center (DRC)?

Apa Itu Disaster Recovery Center (DRC)?

Disaster Recovery Center (DRC) adalah suatu sistem yang dirancang untuk memulihkan data dan aplikasi yang terhapus atau rusak akibat bencana alam atau gangguan teknis lainnya. DRC biasanya terdiri dari sejumlah server yang terhubung dengan internet dan memiliki kemampuan untuk menyimpan data dan aplikasi secara terus menerus. Tujuan dari DRC adalah untuk memastikan keberlangsungan bisnis perusahaan atau instansi, sehingga tidak terjadi kegagalan dalam operasi karena kehilangan data yang krusial.

DRC bisa diimplementasikan dengan berbagai cara, tergantung pada kebutuhan perusahaan atau instansi. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menyimpan salinan data dan aplikasi di server DRC yang terletak di lokasi yang berbeda dengan server utama. Jika terjadi bencana alam atau gangguan teknis, server DRC akan segera mengambil alih dan memulihkan data dan aplikasi yang terhapus atau rusak. Dengan demikian, perusahaan atau instansi bisa melanjutkan operasinya tanpa terhambat.

Selain itu, DRC juga bisa diimplementasikan dengan cara yang disebut dengan Disaster Recovery as a Service (DRaaS). DRaaS adalah layanan yang ditawarkan oleh provider yang memungkinkan perusahaan atau instansi untuk menggunakan DRC tanpa harus memiliki server sendiri. Perusahaan atau instansi hanya perlu membayar sewa layanan DRC kepada provider tersebut, dan provider akan mengurus semua kebutuhan DRC secara langsung. Dengan DRaaS, perusahaan atau instansi bisa lebih mudah mengelola DRC tanpa harus memikirkan masalah teknis yang terkait.

Apa Manfaat DRC untuk Perusahaan? 

Apa Manfaat DRC untuk Perusahaan? 

Berikut ini adalah beberapa manfaat Disaster Recovery Center (DRC) bagi perusahaan:

Memastikan keberlangsungan bisnis

DRC membantu perusahaan untuk tetap beroperasi walaupun terjadi bencana alam atau gangguan teknis tak terduga yang menyebabkan data atau aplikasi terhapus hingga rusak. Dengan demikian, perusahaan tidak akan terhambat dalam operasinya dan dapat tetap fokus pada kegiatan utama.

Mencegah kehilangan data yang krusial

DRC menyimpan salinan data dan aplikasi secara terus menerus, sehingga data yang hilang akibat bencana tak terduga atau gangguan teknis bisa segera dipulihkan. Dengan demikian, perusahaan tidak akan kehilangan data yang krusial dan dapat terus menjalankan bisnisnya dengan lancar.

Meningkatkan keamanan data

DRC menyimpan data dan aplikasi di server yang terpisah dari server utama, sehingga data tidak akan terpapar risiko keamanan yang sama. Dengan demikian, perusahaan dapat terhindar dari risiko kehilangan data akibat serangan hacker atau virus.

Meringankan beban IT

DRC membantu perusahaan dalam mengelola dan menyimpan data dan aplikasi, sehingga beban IT bisa lebih ringan. Perusahaan bisa fokus pada kegiatan utama tanpa harus memikirkan masalah teknis yang terkait dengan data dan aplikasi.

Meningkatkan efisiensi operasional

DRC memungkinkan perusahaan untuk mengelola data dan aplikasi secara lebih efisien, sehingga operasional perusahaan bisa lebih lancar. Dengan demikian, perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasi.

Kenapa Harus Memilih IDCloudHost?

Kenapa Harus Memilih IDCloudHost? 

Setelah mengetahui apa itu DRC dan manfaatnya untuk bisnis Anda, Anda tentunya ingin memilih provider layanan cloud yang mampu mendukung Anda menyiapkan DRC. Tidak perlu bingung mencari, karena Anda bisa menggunakan IDCloudHost sebagai solusinya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan layanan IDCloudHost:

  1. Penganggaran yang mudah
  2. Sistem keamanan terbaik untuk memberi perlindungan maksimal bagi data Anda
  3. Lebih efisien secara biaya
  4. Lokasi Data Center di Indonesia 
  5. Sudah memiliki Data Center Tier III
  6. Skalabilitas lebih mudah
  7. Ketersediaan tim support 24/7
  8. Tim teknis yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi
  9. Sudah dipercaya oleh lebih dari 250.000+ customer

Regulasi DRC di Indonesia

Regulasi DRC di Indonesia

IDCloudHost telah memenuhi persyaratan teknis yang diperlukan untuk berperan sebagai penyedia layanan server yang mampu mendukung Data Center Recovery (DRC) dengan memenuhi standar PCI DSS dan ISO 27001. Ini membuat layanan kami mampu dipercaya oleh berbagai klien dari industri perbankan, mengingat transaksi keuangan rentan terhadap serangan siber. Data Center IDCloudHost sendiri memiliki sertifikasi ISO 9001:2015, ISO 27001:2013, PCI-DSS V3.2.1, dan ISO 45001:2018. Sebagai provider cloud terpercaya, IDCloudHost menjamin uptime hingga 99,5%. 

Regulasi tentang DRC terutama diterapkan pada sektor keuangan dan fintech, yang tertuang dalam peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 yaitu pasal 25 ayat 2, yang mengharuskan adanya pusat pemulihan bencana dan menyebutkan bahwa lokasi data cadangan harus berada di Indonesia. Selain itu, peraturan OJK No. 4/POJK.05/2021 tentang penerapan manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi oleh Lembaga Jasa Keuangan Non Bank juga memberikan petunjuk tentang DRC.

Dengan pengalaman yang dimiliki, IDCloudHost merupakan penyedia layanan cloud dengan Disaster Recovery Center yang legal dan terpercaya di Indonesia. Saat ini, DRC paling banyak dibutuhkan oleh sektor keuangan atau perbankan. Untuk itu, Pemerintah mulai mensosialisasikan dan mewajibkan bagi semua perusahaan atau instansi pemerintahan non bank untuk memiliki DRC untuk menjaga keberlangsungan bisnis.

Peraturan Presiden 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada pasal 40 Ayat (1) juga menjelaskan bahwa keamanan SPBE mencakup penjaminan kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian, dan kenirsangkalan (non-repudiation) sumber daya terkait data dan informasi, infrastruktur SPBE, dan aplikasi SPBE. Ayat 4: Penjaminan ketersediaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui penyediaan cadangan dan pemulihan.

Dengan demikian, perusahaan harus segera mengambil tindakan preventif untuk memenuhi peraturan pemerintah tersebut. Siapkan DRC perusahaan Anda bersama IDCloudHost!

Perusahaan dan pemerintahan yang memberikan pelayanan kepada konsumen dan publik memiliki resiko terhadap gangguan operasional sistem informasi internal yang dapat menyebabkan kerugian finansial akibat terhentinya aktivitas ekonomi dan kehilangan kepercayaan publik.

Dengan mengandalkan IDCloudHost sebagai penyedia layanan cloud dan DRC, perusahaan atau instansi dapat memastikan bahwa data dan aplikasi yang penting tersimpan dengan aman dan dapat dipulihkan dengan cepat saat terjadi bencana atau gangguan teknis.

Selain itu, perusahaan juga dapat terhindar dari risiko kehilangan data akibat serangan hacker atau virus. IDCloudHost juga membantu perusahaan dalam mengelola dan menyimpan data dan aplikasi secara lebih efisien, sehingga operasi perusahaan bisa lebih lancar dan produktivitas bisa meningkat.

Gunakan IDCloudHost Sebagai Solusi Untuk DRC

IDCloudHost menawarkan solusi pemulihan infrastruktur data Anda dalam hitungan menit. Solusi ini memungkinkan Anda untuk memulihkan bencana secepat mungkin, sehingga Anda dapat meminimalkan waktu downtime dan mengurangi kerugian pada bisnis Anda akibat bencana alam, human error, kegagalan hardware, pemadaman listrik, dan lainnya. Tidak ada bisnis yang terlindung dari bencana IT, namun pemulihan cepat dengan Disaster Recovery yang baik sangat dibutuhkan oleh konsumen.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola Dedicated Server atau Disaster Recovery Center (DRC) Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan IDCloudHost. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan dan produk, kunjungi website kami atau kirimkan penawaran sesuai kebutuhan Anda. 

 

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image