ERP (Enterprise Resource Planning) System : Cara Kerja dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Dalam bisnis adalah istilah ERP yang merupakan akronim dari Enterprise Resource Planning, dimana ini merujuk pada proses yang digunakan perusahan untuk mengintegrasikan dan mengatur hal-hal penting dalam bisnis. ERP sendiri tersedia dalam perangkat lunak, dan banyak aplikasi perangkat lunak ERP penting bagi perusahaan karena membantu mengimplementasikan perencanaan sumber daya dengan mengintegrasikan seluruh proses yang dibutuhkan lewat sebuah sistem saja. Selain itu, perangkat lunak ERP juga berguna untuk mengintegrasikan perencanaan, riwayat pembelian, penjualaan, pemasaran, keuangan dan masih banyak lagi.

Disamping itu, ERP memberikan fasilitas untuk setiap departemen dan solusi dari ERP akan berkembang mengikuti bagaimana seseorang menjalankan bisnisnya. Tanpa aplikasi ERP, setiap divisi atau departemen akan memiliki sistemnya masing-masing untuk mengerjakan satu pekerjaan spesifik. Namun dengan perangkat lunak ERP, setiap divisi tetap memiliki sistemnya masing-masing tetapi semua sistem dapat diakses lewat satu aplikasi dengan satu interface saja. Peran ERP memungkinkan berbagai divisi untuk saling berkomunikasi sehingga informasi dapat lebih mudah diberikan ke seluruh divisi dalam perusahaan sehingga informasi yang didapatkan bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas.

ERP juga membantu sebuah perusahaan untuk lebih memahami informasi tentang berbagai hal di divisi lain seperti produksi, keuangan, distribusi hingga SDM secara bersamaan dikarenakan terhubungnya setiap teknologi yang digunakan masing-masing divisi. Fungsi yang ditawarkan oleh ERP telah banyak berkembang dari model perangkat lunak yang lama karena ERP saat ini telah menggunakan server klien fisik ke perangkat lunak berbasis cloud yang bisa diakses secara remote. Apa saja manfaat ERP bagi perusahaan dan bagaimana cara kerjanya? Simak jawabannya dalam artikel dibawah ini.

 

Memahami Manfaat ERP Bagi Bisnis

ERP (Enterprise Resource Planning) System : Cara Kerja dan Manfaatnya Bagi Bisnis
 

 

Jika dijelaskan secara cepat, ERP merupakan aset bagi setiap perusahaan untuk menjalankan bisnisnya dengan lancar lewat unifikasi dan penjagaan terhadap informasi, proses otomasi dan pembuatan laporan yang mudah dimengerti. Ada beragam manfaat ERP yang beserta penjelasannya masing- masing.

  • Membantu menekan pengeluaran

    Harga ERP sangat bervariasi, ada yang murah dan mahal tergantung dari solusi yang ditawarkan.Namun harga ini dinilai setimpal karena Anda bisa memanfaatkannya ERP bisa menjadi investasi yang berharga untuk menghemat pengeluaran Anda di masa mendatang. Anda tidak perlu menginput data secara manual karena program ini mengijinkan Anda untuk menginput sekali dan mengirimkannya ke divisi lain. Kemudian, pekerjaan berulang juga dapat Anda persingkat seperti penyusunan laporan, alokasi faktur, penggajian karyawan sehingga waktu Anda dapat digunakan untuk pekerjaan lain yang memiliki prioritas tinggi.

  • Visibilitas data yang terstruktural

    Merupakan salah satu manfaat paling berguna dari penggunaan ERP, perangkat lunak ini mengizinkan akses ke setiap proses penting dalam bisnis Anda dengan membuat data dari semua divisi dapat diakses oleh Anda dan orang-orang lain yang berkepentingan. Selain itu, data ditempatkan pada lokasi yang tersentralisasi sehingga bisa meningkatkan kolaborasi dan mempercepat berakhirnya pekerjaan. Visibilitas seperti ini menyediakan alur kerja yang lebih koheren dan mempermudah pembuatan keputusan yang tepat karena Anda telah melihat gambaran besar dari semua proses.
     
    Baca Juga   :   Memahami Pengaruh SEM (Search Engine Marketing) Bagi Pemasaran Bisnis

  • Meningkatkan perencanaan dan pelaporan menjadi lebih baik

    Mengimplementasikan ERP berarti perusahaan atau organisasi Anda memiliki satu sistem pelaporan yang terpadu untuk setiap prosesnya. Memiliki satu sumber yang terpercaya membuat sistem ERP siap menciptakan pelaporan yang baik dan analitis dalam setiap waktu. Perangkat lunaknya juga bisa digunakan untuk menganalisis dan membandingkan fungsi setiap divisi tanpa perlu mengurus banyak email serta spreadsheets.

  • Meningkatkan efisiensi operasional perusahaan

    Manfaat ERP yang tak kalah bagusnya adalah dapat mengurangi waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari, selain mengurangi biaya training. Jika diimplementasikan dengan baik, solusi dari ERP mampu mengurangi bahkan menghilangkan proses repetitif dan manual sehingga anggota tim bisa fokus pada pekerjaan yang berhubungan dengan pendapatan.

  • Customer Service yang tanggap

    Klien Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari sistem ERP walaupun mereka tidak menyadarinya dikarenakan informasi klien tersentralisasi, tim penjualan dapat membangun serta mempertahankan hubungan dengan klien. Hal terpenting dari suatu bisnis adalah akuisisi pelanggan dan mempertahankannya dimana Anda bisa menyediakan interaksi dengan klien yang lebih baik dengan ERP.

  • Keamanan dan kualitas data yang terjaga

    Keuntungan lain yang ditawarkan ERP adalah sekuritas data. Penggunaan sistem cloud oleh perangkat lunak ERP dapat memberikan tambahan proteksi dalam keamanan data Anda sehingga Anda tidak perlu lagi mempunyai tim khusus untuk ini. Banyak vendor yang mempekerjakan ahli keamanan untuk memastikan server yang mengatur data Anda di cloud aman sehingga ini bisa menjadi paket yang menarik bagi banyak perusahaan dan bisnis.

 

Baca Juga  :     Mengenal Berbagai Jenis/Tipe Email Marketing dan Solusi Terbaiknya

 

Memahami Bagaimana Cara ERP Bekerja

ERP (Enterprise Resource Planning) System : Cara Kerja dan Manfaatnya Bagi Bisnis
 

Secara umum, ERP akan menggunakan database yang tersentralisasi untuk berbagai proses bisnis agar dapat mengurangi kerja manual dan menyederhanakan alur kerja yang sudah ada. Biasanya sistem ERP memiliki dashboard dimana pengguna dapat melihat data secara real time yang dikumpulkan dari berbagai divisi bisnis untuk mengukur produktivitas dan profitnya. Sebagai contoh, perangkat lunak ERP untuk rantai pasokan mungkin akan menerima pesanan dari pembeli dan secara otomatis informasi tersebut dikirimkan ke pusat distribusi, divisi yang paling efektif menangani pesanan tersebut secara cepat.

Jika Anda pernah menerima paket yang memiliki alamat tidak sama, hal tersebut bisa saja hasil dari teknologi ini. Tergantung dari solusi yang ingin Anda pilih, ERP bisa melihat level pasokan, waktu pengiriman dan beragam faktor lain untuk memutuskan pusat distribusi mana yang paling produktif dan hemat biaya dalam menyelesaikan suatu pesanan.

Tanpa penerapan ERP, maka data dalam suatu divisi mungkin akan sangat sulit diakses dari divisi lain. Penggunaan ERP oleh semua divisi, data bisa dibagikan dan divisualisisak di setiap bagian perusahaan. Informasi yang terkumpul dan yang disederhanakan dapat membantu perkembangan tujuan bisnis serta mengurangi waktu yang pekerja Anda butuhkan untuk pekerjaan yang bisa di otomatisasi.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Odoo, Software Open Source untuk ERP and CRM

 

Kesimpulan dan Penutup

Perangkat lunak ERP adalah sebuah alat yang dirancang untuk mempermudah proses yang dilakukan perusahaan untuk mengintegrasikan serta mengatur hal-hal penting dari jalannya bisnis. ERP tersedia dalam perangkat lunak yang bisa membantu perusahaan untuk mengintegrasikan perencanaan, riwayat pembelian, pemasaran, keuangan dan masih banyak lagi. Solusi yang diberikan ERP bergantung pada bagaimana seseorang menjalankan bisnisnya.

Tanpa ERP setiap divisi memiliki sistem masing-masing untuk mengerjakan pekerjaan tertentu, namun dengan adanya ERP setiap sistem menjadi terpadu lewat satu aplikasi dan satu interface. ERP membantu perusahaan mendapatkan informasi dari berbagai divisi secara bersamaan. Kini, ERP juga beranjak dari penggunaan server fisik ke perangkat lunak berbasis cloud dengan tambahan tingkat keamanan.

Sebagai alat yang hebat, ERP menawarkan beragam keuntungan dan manfaat. Bahkan ERP mampu menekan pengeluaran dan menjadi investasi yang berharga karena mampu memangkas waktu yang dan tenaga yang digunakan untuk pekerjaan repetitif atau berulang sehingga anggota tim bisa fokus kepada pekerjaan yang berhubungan dengan pendapatan perusahaan. Selain itu, visibilitas data juga menjadi keuntungan terbesar dari penggunaan PRP, dimana setiap divisi bisa mengakses data divisi lain dan Anda memahami proses yang sedang terjadi pada setiap divisi sehingga perencanaan dan keputusan yang dibuat dapat lebih matang serta akurat serta membuat alur kerja lebih koheren.
 

 

Related Post :