Facebook, Instagram, WhatsApp Down Bersamaan! Netizen Panik!

Informasi / 2 | | 0

Setelah kasus gmail dan google kemarin yang down, dini hari Rabu, 14 Maret 2019 sekitar pukul 01.00 WIB (Baca Juga : Gmail dan Google Drive Mengalami Down di Seluruh Dunia), aplikasi sosial media raksasa seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp down. Ratusan ribu warganet menyampaikan keluhan mereka melalui twitter sehingga #instagramdown dan #facebookdown menjadi trending topik pada pagi ini. Fenomena masalah Facebook dan Instagram ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga seluruh dunia. Apa sebenarnya yang terjadi?

 

 

Baca Juga : Instagram Down Menyebabkan Pengguna Tidak bisa Mengakses Instagram

Lebih dari sepertiga pengguna Facebook yang terpengaruh oleh pemadaman melaporkan bahwa mereka mengalami “pemadaman total.” Yang lain mengatakan mereka tidak bisa menyegarkan (refresh) Feed Berita atau login ke akun mereka. Masalah serupa muncul di Instagram dan Messenger pada waktu yang bersamaan.

Di Indonesia sendiri hingga artikel ini dituliskan Facebook dan Instagram masih belum bisa diakses dengan lancar baik itu menggunakan smartphone dan laptop. Nah hal ini juga menjadi pertanyaan banyak kalangan mengapa website sebesar Facebook dan Instagram bisa down selama ini.

Banyak spekulasi dari beberapa warganet, bahwa hal ini disebabkan oleh serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS), tetapi hal itu dibantah oleh Facebook. Keresahan warganet ternyata dirasakan langsung oleh Facebook dan Instagram. Setelah beberapa jam warganet mengeluh dan berspekulasi di twitter, official account Facebook pun mencuitkan bahwa memang ada gangguan yang sedang terjadi pada aplikasi keluarga Facebook tersebut dan mereka akan mengatasi masalah tersebut secepatnya.

Baca Juga : [FREE E-BOOK] Petunjuk Penggunaan Social Media untuk Organisasi Nonprofits

Gangguan akses pada aplikasi keluarga Facebook ini tentunya merugikan aktifitas semua pengguna. Hal ini dikarenakan sosial media masih menjadi tempat favorit untuk berbagi hal unik, hiburan dan informasi penting lainnya. Tidak hanya itu, social media facebook dan instagram juga menjadi salah satu channel terbaik untuk teman-teman bisa berjualan yang dalam hal ini tidak bisa diakses sama sekali yang menyebabkan kerugian juga. Apakah kamu merasa dirugikan juga?

Related Post :

popup image