Social Media Faceboook Diam-Diam Meniru Pinterest

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Dalam diam Facebook telah meluncurkan sebuah aplikasi baru ke dalam grup proyek ekperimental tim NPE yang berfokus untuk mencoba ide- ide baru di medial social dan melihat bagaimana reaksi para penggunanya. Pada minggu ini tim NPE merilis percobaan aplikasi mereka yang keempat yaitu dengan meluncurkan Hobbi, sebuah aplikasi berbagi foro dan video yang dirancang untuk dapat mendokumentasikan proyek serta hobi pribadi pengguna.

Meskipun Hobbi mengambil konsep dan ide yang nyaris hampir sama dari Pinterest, tidak hanya menggunakan pinboard ide inspirasional saja. Aplikasi ini dirancang untk membantu para hobbyist atau penggiat hobi dalam menatur foto- foto proyek mereke ke dalam koleksi yang bertema, seperti memasak, berkebun, dekoarasi, seni dan kerjaninan tangan serta banyak lagi. Konsep idenya dalah untuk melacak kemajuan pengguna dari waktu ke waktu.

Aplikasi yang satu ini juga dirancang dengan sangat sederhana, dilengkapi control terbatas ayau opsi pengeditan. Hobbi dimaksuskan lebih kepada editor dan organisatoris (organizer) daripada social media sejenisnya atau bila dibandingkan dengan editor Instagram Stories. Saat ini Hobbi hanya tersedia bagi pengguna iOS dan dapat di unduh bagi mereka yang tinggal di Amerika Serikat, Columbia, Belgia dan Spanyol.

 

Efek Peluncuran Hobbi Terhadap Penuruan Saham Pinterest

 

Saham Pinterest tergelincir hingga lebih dari 4% dalam bursa perdangangan setelah Facebook datang dengan berita peluncuran aplikasi yang bertampilan sama tersebut. Walau Hobbi sejauh ini masih dirilis terbatas, firut- fitur yang ditawarkan akan otomatis menjadikannya sebagai pesaing utama Pinterest yang lebih dulu terkenal dengan konsep berbagi foto dan materi lainnya yang disusun berdasarkan topik atau tema.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Facebook Pixel dan Cara Memasangnya di Website

Dalam sebuah pernyataan kepada CNBC, pihak Pinterest mengatakan bahwa peruhaan akan tetap “focus pada membangun mesin penemuan visual”. Juru bicara juga menambahkan bahwa, “saat pertama kali dilihat sepertinya Hobbi merupakan aplikasi penyimpanan foto yang tidak memiliki kemampuan menemukan, mencari dan merekomendasikan seperti Pinterest.

Seperti di jelaskan di App Stoe, Hobbi dimaksudkan untuk membatu pengguna mendokumentasikan dan mengingat (menyimpan) hal- hal yang pernah pengguna rekam dan lakukan. Sementara Pinterest adalah tentang bagaimana menemukan ide dan aksi yang yang meinginspirasi”.

Related Post :

popup image