Fitur dan Keunggulan Layanan Cloud Object Storage Terbaik Indonesia

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Mengingat banyak bisnis. Perusahaan, instansi dan organisasi beralih menjadi online, maka volume data bisnis terus tumbuh secara eksponensial, mereka tentu mencari solusi terbaik untuk data dan informasi mereka. Ini termasuk kebutuhan dalam menyimpan, mengelola, dan menganalisis volume besar data tidak terstruktur yang dapat mendukung transformasi digital, model bisnis baru, serta produk dan layanan yang diaktifkan secara digital.

Pertumbuhan data yang eksplosif tidak menunjukkan tanda-tanda melambat semakin majunya teknologi dan inovasi. Mau tidak mau kemajuan ini akan memaksa perusahaan dari semua ukuran untuk mencari strategi penyimpanan baru yang lebih efisien. Solusi penyimpanan yang tepat tidak hanya harus menyimpan biaya data secara efisien, tetapi juga membuatnya mudah tersedia untuk aplikasi seluler, cloud, dan berbasis informasi yang mengakses dan menganalisis data untuk memberikan wawasan yang berharga dan memberikan keunggulan kompetitif.

Semakin tingginya kurva pertumbuhan digitalisasi, memberikan tantangan baru secara global termasuk pertumbuhan kebutuhan akan penyimpanan data yang aman di Indonesia. Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan bisnis saat menavigasi transformasi digital ini, perusahaan membutuhkan solusi penyimpanan yang menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas solusi cloud dengan keandalan dan kontrol infrastruktur cloud khusus. Mari simak dan cari tahu mengenai layanan cloud object storage yang bisa diandalkan para pengguna online nasional berikut ini.

 

Memahami dan Mengenal Cloud Object Storage

Fitur dan Keunggulan Layanan Cloud Object Storage Terbaik Indonesia
 

Penyimpanan objek cloud atau Cloud Object Storage adalah format untuk menyimpan data tidak terstruktur di cloud. Penyimpanan objek dianggap cocok untuk cloud karena elastis, fleksibel, dan dapat lebih mudah diskalakan menjadi beberapa petabyte untuk mendukung pertumbuhan data tanpa batas. Arsitektur menyimpan dan mengelola data sebagai objek dibandingkan dengan penyimpanan blok, yang menangani data sebagai blok, dan volume logis dan penyimpanan file yang menyimpan data dalam file hierarkis.

Desain perangkat lunak penyimpanan objek mencakup pengidentifikasi unik global untuk setiap objek bersama dengan metadata yang kaya dan dapat disesuaikan. Metadata dipisahkan untuk mengaktifkan kemampuan lain seperti aplikasi dan data khusus pengguna untuk pengindeksan, antarmuka yang dapat langsung diprogram oleh aplikasi, namespace global, dan kebijakan manajemen data yang lebih fleksibel.

Pengidentifikasi objek adalah alamat yang diikat ke objek, yang memungkinkan objek ditemukan melalui sistem terdistribusi. Objek dapat tersebar di beberapa pusat data yang terletak di berbagai belahan dunia. Data berbasis penyimpanan objek dapat ditemukan tanpa pengguna mengetahui lokasi fisik spesifik data. Adapun penyimpanan objek, bersama dengan metadata, dapat diakses langsung melalui antarmuka program aplikasi (API), HTTP, dan HTTPS. Ini berbeda dari volume penyimpanan blok, yang hanya dapat diakses ketika mereka terhubung ke sistem operasi.

 

Tipe atau Jenis Cloud Object Storage

Ada ratusan sistem penyimpanan cloud yang berbeda yang beberapa diantaranya memiliki fokus yang sangat spesifik, seperti menyimpan pesan email web atau gambar digital. Lainnya tersedia untuk menyimpan semua bentuk data digital. Beberapa sistem penyimpanan cloud adalah skala kecil, sementara yang lain sangat besar sehingga peralatan fisik dapat memenuhi seluruh gudang. Fasilitas yang menampung sistem penyimpanan cloud disebut pusat data. Ada empat kategori umum cloud storage dalam komputasi awan, yakni :

  • Penyimpanan cloud pribadi

    Layanan ini tersedia untuk individu melalui platform terkenal seperti Apple iCloud dan Google Drive, melalui Gmail atau Google Workspace yang juga dikenal sebagai penyimpanan cloud seluler. Penyimpanan cloud pribadi memungkinkan pengguna untuk mengakses data mereka dari lokasi mana pun dan menyinkronkan serta berbagi dari beberapa perangkat. Pengguna dapat mencadangkan file di cloud pribadi mereka selain metode penyimpanan komputer utama mereka.

  • Penyimpanan cloud publik

    Jenis penyimpanan ini biasanya mengacu pada penyimpanan sebagai layanan/storage as a service (STaaS) yang ditawarkan oleh penyedia cloud, di mana bisnis menyewa ruang cloud publik untuk menyimpan perangkat lunak dan data aplikasi mereka. Penyedia cloud mengelola semua perangkat keras dari pusat data atau infrastruktur virtual mereka sendiri.
    Penyedia yang berbeda menawarkan berbagai jenis penyimpanan data. Hanya saja kemungkinan masalah dengan penyimpanan cloud publik adalah bahwa penyedia dapat menyimpan data di lokasi mana pun, yang dapat menyebabkan latensi tinggi karena data harus berjalan lebih jauh melintasi jaringan. Tempat penyimpanan data juga dapat menimbulkan masalah kepatuhan terhadap peraturan seperti GDPR.

  • Penyimpanan cloud pribadi

    Cloud pribadi biasanya di hosting di lokasi di lokasi fisik organisasi. Penyimpanan cloud pribadi memungkinkan tim IT perusahaan mengelola cloud dan memberikan keamanan tambahan karena mereka mengontrol semua aspek jaringan. Penyimpanan cloud pribadi akan memiliki latensi yang lebih rendah karena server ada di sana, bukan ratusan atau ribuan mil jauhnya. Namun, beberapa risiko memang datang dengan hanya memiliki cloud pribadi seperti dalam mencadangkan data bisa lebih menantang, terutama jika hanya di-host di satu lokasi. Termasuk juga pemulihan bencana jauh lebih menantang untuk direncanakan tanpa banyak lokasi untuk menyimpan data.

  • Penyimpanan cloud hybrid

    Lingkungan cloud hybrid mencakup penyimpanan cloud pribadi organisasi dan satu atau beberapa lingkungan cloud publik. Karena beban kerja dapat digunakan baik di cloud publik yang jauh atau di tempat, lingkungan cloud hybrid seringkali lebih fleksibel. Bisnis dapat memutuskan dimana cloud untuk menyimpan data mereka tergantung pada kebutuhan mereka. Penyimpanan cloud hybrid adalah pilihan yang baik untuk bisnis yang membutuhkan penyimpanan data di lokasi dengan latensi rendah serta penyimpanan untuk data dalam jumlah besar yang tidak sering mereka gunakan.

 

Baca Juga   :    Cloud Object Storage : Karakteristik dan Manfaat Penggunaannya Bagi Bisnis

 

Fitur dan Keunggulan Layanan Cloud Object Storage Terbaik Indonesia

Fitur dan Keunggulan Layanan Cloud Object Storage Terbaik Indonesia
 

Mengikuti perkembangan global akan digitalisasi dan kebutuhan akan penyimpanan data yang semakin meningkat, layanan cloud object storage Indonesia juga menawarkan banyak dukungan dan fitur yang dipenuhi kelebihan serta keunggulan untuk keperluan perusahaan. Salah satu penyedia cloud storage terbaik Indonesia yang selalu konsisten dan mengikuti rentak inovasi dunia adalah IDCloudHost. Penyedia cloud computing Indonesia ini selalu siap dengan dukungan yang handal karena kami tahu bahwa di era digital ini, tuntutan akan penyimpanan maupun sirkulasi data sangatlah krusial.

Oleh karena itu, IDCloudHost membawa bermacam fitur maupun keunggulan yang bisa dipergunakan oleh klien dan penggunanya tanpa lagi harus kuatir akan masalah maupun kesalahan penyimpanan data. Berikut keunggulan yang bisa Anda manfaatkan dari penyedia cloud ini :

  • Kemudahan Integrasi

    Object Storage IDCloudHost sudah terintegrasi dengan Protokol S3 (S3 API) yang dapat dengan mudah dan praktis untuk dapat menjalankan sistem dengan menggunakan aplikasi maupun kode integrasi.

  • Harga Termurah

    IDCloudHost menawarkan solusi dengan harga termurah dan terjangkau dibandingkan penyedia Object Storage lainnya di Indonesia yang dirancang khusus untuk bisa menghasilkan kualitas dan performa terbaik untuk bisnis.

  • Mudah Digunakan

    Sistem dirancang dengan berbagai kemudahan dalam setup hingga manage object storage. Anda dapat menggunakan berbagai fitur One Click Apps yang dapat bekerja dengan sangat cepat dan proses yang aman.

  • Data Center Di Indonesia

    Object Storage IDCloudHost tersebar di beberapa data center di Indonesia yang membuat berkas Anda akan lebih aman dengan SLA mencapai 99.99% dengan dukungan tim teknis yang berpengalaman.

 

Baca Juga  :    Definisi Colocation Server dan Fitur-Fitur Terbaiknya

 

Sedangkan fitur-fitur yang bisa membantu dalam penyimpanan data dan berkas Anda adalah :

  • Kompatibel Protokol S3

    Kompatibel Protokol S3 Dapat digunakan dan sudah mendukung penuh Protokol S3 (S3 API) baik itu dari sisi tools, utilities, plugins, extensions, and libraries yang dapat digunakan pada Object Storage.

  • Content Distribution Network (CDN)

    Dapat meningkatkan performa dalam mengakses website dan aplikasi hingga 70% lebih cepat didukung dengan keamanan SSL certified premium maupun gratis.

  • Keamanan

    Berkas yang dikirim secara otomatis diamankan menggunakan SSL (https) yang menyebabkan berkas terenkripsi secara aman tanpa perlu khawatir.

  • Akses Control Panel

    Object Storage IDCloudHost memberikan Anda kemampuan untuk Akses Control Panel secara penuh untuk dapat mengontrol penggunaan akses spesifik dan biaya yang transparan.

  • Support 24/7

    Tim IDCloudHost siap membantu Anda setiap harinya untuk membantu Permasalahan hingga tuntas, dengan dukungan tim yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional.

  • Data Center Indonesia

    Sistem Object Storage IDCloudHost tersebar di berbagai Data Center di Indonesia yang memberi Anda akses file yang sangat tersedia dan aman untuk gunakan.

 

Baca Juga  :     Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Perusahaan

 

Dengan penawaran dan harga yang kompetitif, IDCLoudHost juga menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang mudah untuk mendukung pengguna, mulai dari transfer bank, instant payment (Bank, GOPAY, ShopyPAY, OVO, dll), grosir seperti Alfamart, Indomaret, PayPal, kartu kredit dan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan Cloud Object Storage ini, Anda bisa mengklik link berikut ini : https://idcloudhost.com/object-storage/

Related Post :