Fitur Foto 3D Facebook Kini Bisa Digunakan Dari Kamera Apa Saja

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Fitur baru Facebook bertambah dengan beralihnya sosial media raksasa ini ke kecerdasan buatan sehingga fitur Foto 3Dimensi tidak lagi membutuhkan penggunaan mode Potret pada smartphone dua kamera. Foto 3D Facebook, pertama kali diungkapkan pada konferensi pengembang 2018 F8 dan diluncurkan beberapa bulan kemudian. Dengan memanfaatkan kemampuan pengaturan dua kamera untuk membuat gambar dengan kedalaman dan gerakan saat smartphone dimiringkan.

Sementara perangkat seluler mana pun mampu melihat Foto 3D ini, cuma efeknya hanya dapat dibuat oleh ponsel dengan mode Potret. Dalam sebuah posting blog resmi mereka, Facebook mengatakan bahwa smartphone kamera tunggal sekarang akan dapat membuat Foto 3D melalui A.I. yang menghasilkan gambar 3D dari gambar 2D standar. Sistem ini mampu menyimpulkan struktur 3D dari gambar apapun, apakah itu hanya diambil dengan kamera smartphone atau bahkan foto yang diambil bertahun-tahun yang lalu. Ini juga memungkinkan selfie 3D, dibuat dengan gambar yang diambil dengan kamera menghadap ke depan tunggal.

Baca Juga : Facebook Akan Membayar Pengguna Yang Menggunakan Fitur Barunya

Facebook melatih jaringan saraf yang dapat memperkirakan jarak dari kamera untuk setiap piksel, yang tidak lagi memerlukan dukungan kamera kedua. Kegunaan adanya  A.I. disini diperlukan untuk mengatasi tantangan teknis yang mencakup menyimpulkan keakuratan posisi berbagai macam materi pelajaran, serta mengoptimalkan sistem sehingga perangkat seluler akan dapat menyelesaikan proses hanya dalam sepersekian detik.

 

Untuk mengatasi tantangan yang kemungkinan terjadi, Facebook mengatakan bahwa mereka sedang melatih jaringan saraf pada jutaan gambar 3D publik dan peta kedalaman dimensi foto sambil memanfaatkan berbagai teknik optimasi ponsel yang sebelumnya telah dikembangkan oleh Facebook A.I. Langkah selanjutnya dalam penerapan teknologi ini adalah pada video yang mempunyai tantangan pada kedalaman bingkai yang konsisten agar mempermudah transisi yang mulus jika diubah ke efek 3D. Tentu keberhasilan foto dan video 3 dimensi ini akan menambah kemudahan pembuat konten yang baru bagi pengguna jejaring media sosial.

Kemajuan yang dicapai Facebook dalam Foto 3D mirip dengan upaya yang pernah dilakukan LucidPix, sebuah A.I. aplikasi yang menarik banyak minat pengungjung  selama acara CES 2020 kemarin. LucidPix juga mampu mengubah gambar 2D menjadi gambar 3D. Selama showcase pada bulan Januari lalu, LucidPix dalam versi beta berhasil menarik lebih dari 250.000 penguji dan mempunyai rancangan untuk meluncurkan pada kuartal kedua tahun ini untuk iOS dan Android.

Related Post :