Fungsi Halaman Term of Service pada Bisnis Online yang Perlu Diketahui

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Term of Service adalah hal umum yang biasa kita temukan pada banyak hal, entah itu di website, aplikasi, ataupun secara cetak di formulir, dll. Ini adalah hal umum jika kita hendak melakukan suatu perjanjian. Meskipun perjanjian Term of Service disarankan untuk dimiliki untuk situs web Anda, namun ini tidak diwajibkan oleh hukum untuk memiliki perjanjian dengan format ini.

Hanya Kebijakan Privasi atau Privacy Policies yang diwajibkan oleh hukum jika Anda mengumpulkan data pribadi dari pengguna Anda. Data- data ini termasuk alamat email, nama depan dan belakang, alamat pengiriman, dll. Mengingat semua ini adalah data dan informasi yang sensitif, maka diperlukan verifikasi untuk dapat menyimpan dan memberikannya.

Terms and Conditions dan juga dikenal sebagai Terms of Service atau perjanjian Terms of Use agreement. Perjanjian ini menetapkan aturan yang harus disetujui pengguna untuk menggunakan situs web Anda. Mari ketahui fungsi halaman Term of Service yang saat ini juga biasa digunakan pada banyak bisnis online.

 

Pengertian Term of Service

Fungsi Halaman Term of Service pada Bisnis Online yang Perlu Diketahui
 

Terms of service (ToS) adalah jenis dokumen yang menyatakan detail tentang apa yang menjadi tanggung jawab penyedia layanan serta kewajiban pengguna yang harus dipatuhi untuk kelanjutan layanan. Pengguna yang tidak mengikuti aturan yang ditentukan dalam ToS dapat dihentikan. Banyak situs web dan aplikasi mempublikasikan persyaratan layanan mereka.

Persyaratan layanan ToS harus mencakup hak dan tanggung jawab pengguna. ToS juga harus transparan tentang semua aktivitas layanan yang memiliki arti penting bagi pengguna, seperti detail tentang apa yang dilakukan layanan dengan data pengguna serta bagaimana layanan menjaga privasi dan keamanan pengguna. ToS dapat menentukan apa yang dapat diharapkan pengguna dari layanan sehingga mereka tidak dapat mengklaim ketidaktahuan tentang sesuatu yang kemudian mereka tolak.

Demikian pula, menentukan perilaku yang tidak akan ditoleransi mempermudah penyedia layanan untuk menyingkirkan pengguna bermasalah, yang sebaliknya mungkin mengklaim bahwa mereka dihentikan secara tidak adil. Menghapus seseorang dari layanan yang menyediakan saluran untuk pemirsa terkadang disebut sebagai deplatforming. Biasanya, ToS ditampilkan kepada pengguna untuk diperiksa, sering kali dalam pop-up, tetapi penyedia layanan mungkin tidak meminta pengguna untuk menyatakan telah membacanya.

Dalam hal ini, penggunaan layanan secara berkelanjutan dianggap sebagai persetujuan terhadap persyaratan. Meskipun pengguna harus mengklaim telah membaca persyaratan layanan, namun sering kali tidak demikian karena dokumennya cenderung panjang, dan detail yang relevan mungkin tidak diunggulkan secara mencolok. Kelompok hak pengguna merekomendasikan untuk membuat persyaratan layanan lebih mudah dibaca. Salah satu inisiatif tersebut, ToS adalah DR, memecah ToS untuk situs web dan layanan terkemuka.

 

Baca Juga  :     Apa itu Disclaimer : Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

 

Penerapan Penggunaan Term of Service

Tidak ada undang-undang yang mewajibkan situs web menggunakan perjanjian ToS, namun, disarankan untuk memiliki salah satu perjanjian ini. Meskipun situs web tidak diharuskan memiliki perjanjian Term of Service, mereka secara hukum diharuskan memiliki kebijakan privasi. Kebijakan ini dimaksudkan untuk melindungi data sensitif pengguna seperti :

  • Alamat email
  • Nama pengguna
  • Informasi tagihan
  • Alamat pengiriman

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Halaman Disclaimer untuk Website dan Blog

 

Jadi saat pengguna menerima perjanjian ToS, mereka mengonfirmasi bahwa mereka akan mematuhi serangkaian peraturan ketat saat menggunakan layanan. Ada beberapa nama berbeda untuk perjanjian ToS yakni :

  • Terms of Use (Syarat Penggunaan)
  • Terms and Conditions (Syarat dan ketentuan)
  • Disclaimer

 

Baca Juga  :    Fungsi Halaman Privacy Policy Pada Blog yang Perlu Kamu Ketahui

 

Manfaat dan Fungsi Penggunaan Term of Service

Fungsi Halaman Term of Service pada Bisnis Online yang Perlu Diketahui
 

Mengingat dalam memberikan data dan informasi itu termasuk hal sensitif, maka diperlukannya suatu hal yang dapat menjembatani klien dan produsen. Oleh karena itu Term of Service bisa digunakan. Berikut beberapa manfaat penggunaan laman Term of Service pada bisnis online :

  • Mencegah penyalahgunaan

    Terms and Conditions akan bertindak sebagai kontrak yang mengikat secara hukum antara Anda dan pengguna Anda. Ini adalah perjanjian yang menetapkan aturan dan pedoman yang harus disetujui dan diikuti oleh pengguna untuk menggunakan dan mengakses situs web atau aplikasi seluler Anda.
    Dalam perjanjian ini, Anda dapat menyertakan bagian yang diperlukan untuk memberi tahu pengguna tentang pedoman penggunaan situs web atau aplikasi seluler Anda, apa yang terjadi jika pengguna menyalahgunakan situs web atau aplikasi seluler Anda, dan sebagainya.

  • Mengklaim konten

    Sebagai pemilik situs web, Anda adalah pemilik logo, konten kecuali untuk konten buatan pengguna, karena sebagian besar situs web akan memberi tahu pengguna bahwa konten apa pun yang dibuat oleh pengguna adalah milik mereka, desain situs web, dan sebagainya. Dalam Terms and Conditions, Anda dapat memberi tahu pengguna bahwa Anda adalah pemilik konten tersebut sebagaimana disebutkan di atas dan bahwa konten yang Anda miliki dilindungi oleh undang-undang hak cipta internasional.

  • Wewenang menutup akun

    Jika pertama adalah untuk mencegah penyalahgunaan menyarankan agar Anda dapat memblokir pengguna untuk sementara, klausul umum lainnya yang termasuk dalam perjanjian Terms and Conditions adalah klausul Penghentian atau Termination. Klausul ini bertujuan untuk memberi tahu pengguna bahwa akun yang melanggar akan dihentikan dan dilarang menggunakan layanan.
    Klausul Termination ditujukan untuk situs web yang memiliki bagian pendaftaran misalnya pengguna harus mendaftar sebelum menggunakan atau mengakses bagian tertentu dari situs web, karena Anda dapat menonaktifkan atau melarang pengguna yang melanggar berdasarkan aktivitas akun mereka.

  • Membatasi kewajiban/liability

    Perjanjian Terms and Conditions biasanya mencakup penafian garansi yang mencoba membatasi tanggung jawab pemilik situs web jika ditemukan kesalahan dalam konten yang disajikan di situs web. Klausul semacam ini memberi tahu pengguna bahwa pemiliknya tidak dapat bertanggung jawab atas kesalahan apa pun dalam konten yang disajikan, atau atas informasi yang diberikan akurat, lengkap, atau sesuai untuk tujuan apa pun.

  • Mengikuti peraturan hukum

    Biasanya, klausul Hukum yang Mengatur dari perjanjian Terms and Conditions mengacu pada yurisdiksi yang berlaku untuk syarat-syarat yang disajikan dalam perjanjian. Hukum disini juga bisa juga mengikuti peraturan dan hukum dari negara arau teritorial masing- masing situs web bisnis online.

 

Baca Juga  :     Mengenal Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial untuk Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Salah satu alasan utama situs web Anda memerlukan ToS adalah karena hal itu dapat membantu mencegah penyalahgunaan. Anda dapat menggunakan perjanjian tersebut untuk menguraikan bagaimana pengguna harus berperilaku saat menggunakan layanan Anda, dan jika mereka tidak menyetujui aturan ini, mereka tidak akan dapat mengakses situs web atau layanan Anda. Perjanjian ToS juga membantu Anda mempertahankan kepemilikan konten Anda.

Saat Anda memiliki situs web, Anda memiliki semua yang ada di situs itu yang bukan buatan pengguna yang mencakup konten, logo, dan desain situs web Anda. Dalam perjanjian ToS, Anda dapat menggunakan bahasa yang dimaksudkan untuk memberi tahu pengguna bahwa Anda memiliki konten di situs Anda dan bahwa penggunaan konten yang tidak sah merupakan pelanggaran hak cipta. Klausul yang terkait dengan kepemilikan konten disebut klausul Kekayaan Intelektual.

Dengan adanya perjanjian ToS, Anda juga berhak untuk menghentikan akun pengguna jika mereka melanggar perjanjian. Jika Anda menyertakan salah satu dari klausul ini, Anda harus menjelaskan bahwa pengguna yang melakukan pelecehan dapat dibatalkan akunnya dan juga dapat diblokir secara permanen dari layanan bisnis online milik Anda.

Related Post :