Gimana Sih Memanfaatkan Potensi Diri untuk Memulai Usaha yang Bisa Mendatangkan Uang

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Setiap orang tentu memiliki minat yang berbeda. Minat yang berupa hobi tak hanya sebagai pengisi waktu luang, namun bisa dijadikan sebagi sarana mencari inspirasi atau menghilangkan penat. Peluang usaha bisa muncul dari mana saja, termasuk dari hal yang kita senangi sepeti hobi. Ada berbagai macam hobi yang bisa dijadikan sebagai modal memulai usaha. Sebaiknya pilihlah hobiyang akan bisa berkembang dengan baik bukan malah hobi yang menghabiskan uang. Karna salah satu keberhasilan dalam memulai usaha atau berbisnis adalah mencintai pekerjaan.

Lalu apakah hobi yang kita jalani saat ini bisa berkembang dengan baik dan mendatangkan uang? Jawabnya, “jelas bisa dong!”. Riset dari pengamat wirausaha dari Amerika Serikat yaitu Thomas Stanley menyebutkan bahwa “Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa 86% orang yang sukses dalam usaha dan karir kerena mencintai dan meminati bidang usaha yang digelutinya.”

Gimana caranya sih biar hobi tidak sekedar menjadi kesenangan semata? Melainkan bisa dikembangkan menjadi usaha yang bisa mendatangkan uang? Nih, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu :

Pertama, kenali minta atau hobi kita dan tekuni sehingga kita menjadi praktisi di bidang itu. Caranya? Tentunya luangkan waktu yang lebih banyak untuk mengasah ketrampilan dan menambah pengetahuan tentang hobi yang sedang kalian tekuni. Banyak- bayaklah mecari tau dan membaca dan lakukan praktek terus menerus.

Kedua, carilah peluang usaha dari hal yang kita senangi apakah bisa berpotensi medatangkan uang atau tidak. Percuma juga bila hobi yang kita tekuni tidak mempunyai prospek bisnis.

Ketiga, belajar dari mentor-mentor yang sudah sukses di bidangnya. Di manapun tempatnya pasti ada orang yang sudah sukses menjalankan usaha yang kita tekuni, maka tidak ada salahnya untuk menghubungi orang tersebut untuk belajar bagaimana menghasilkan karya yang baik. Selain itu bila kita bisa menjalin hubungan dengan mentor yang terbukti sukses, kita bisa lebih termotivasi untuk mengikuti jejaknya. Dan yang lebih penting lagi, produk yang kita hasilkan akan dinilai oleh orang yang cukup berkompeten sehingga kita bisa mengadakan evaluasi terus menerus.

Keempat, bergabunglah dalam komunitas atau asosiasi bisnis yang mewadahi hobi yang ditekuni. Ambil pelajaran positif dari sana, karena banyak manfaat yang bisa kita ambil untuk meningkatkan kualitas diri kita.

Kelima, terbukalah pada informasi dan perkembangan pasar. Gunakan teknologi informasi sebagai alat promosi dan media informasi yang cepat dan murah.

Keenam, tekunlah dalam mengembangkan minat atau hobi anda. Tidak ada sesuatu yang berkembang secara instan tanpa perjuangan. Berproseslah dalam menjalankan bisnis, kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan mudah menyerah, dan beranilah mengambil resiko. Perlu kita ingat, ketika kita bekerja disuatu bidang yang kita sukai, maka kita akan lebih mudah dalam menggapai kesuksesan dan kebahagiaan.

Related Post :