Mengenal Apa Itu Giveaway, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pada dasarnya semua orang menyukai barang gratis. Jadi tidak mengherankan kalau ada lomba, sayembara hingga kupon atau voucher baik itu potongan harga maupun gratis. Saat ini mungkin sayembara berhadiah lebih dikenal dengan giveaway yang umumnya umum ditemukan di media sosial.

Giveaway bahkan sangat sering ditemukan dari bagian upaya marketing atau pemasaran sebuah brand dan bisnis. Cara ini menjadi opsi pemasaran yang bagus jika Anda adalah bisnis yang baru saja memulai dan memerlukan perhatian calon pelanggan Anda.

Selain itu tentunya giveaway dapat membantu brand awareness. Anda dapat menggunakan hadiah dan promosi serupa di media sosial seperti Instagram untuk membangun basis penggemar Anda dan menjangkau pelanggan potensial baru. Mari simak dan kenali apa itu giveaway yang identik dengan platform media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, dll.

 

Mengenal Apa Itu Giveaway

Mengenal Apa Itu Giveaway, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya
 

 

Seperti yang diketahui luas, giveaway didefinisikan sebagai hadiah atau hadiah yang diberikan brand atau bisnis kepada pemenang kontes yang biasanya diadakan di jaringan media sosial dan melaluinya brand tersebut mencari pencapaian tujuan atau sasaran tertentu.

Hadiah adalah tren yang berkembang yang semakin banyak digunakan karena keefektifannya. Ini karena brand dan bisnis dapat melihat bagaimana, dengan sedikit sumber daya, mereka dapat mencapai tujuan dengan cepat. Oleh karena itu, ini adalah strategi yang sangat populer di kalangan pengguna sosial media dan memiliki tingkat partisipasi yang tinggi.

 

Baca Juga  :    Customer Journey : Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

 

Manfaat dan Kelebihan Mengadakan Giveaway di Strategi Pemasaran Digital

Untuk pemasar dan pemilik bisnis, tidak ada cara yang lebih baik untuk mengembangkan bisnis Anda selain promosi media sosial yang ditargetkan untuk audiens Anda. Apakah bisnis Anda kecil atau besar, promosi akan membantu meningkatkan tujuan dari bisnis Anda tersebut, yakni dikenali dan mencapai target yang relevan. Karena kelebihannya ini, tidak mengherankan kalau giveaway menjadi cara yang bisa dianggap tepat dan mudah dilakukan dalam upaya pemasaran digital saat ini.

 

  • Meningkatkan brand awareness

    Orang-orang menyukai keakraban dan cenderung membeli dari merek/brand yang mereka kenal. Memanfaatkan hadiah membantu orang mengidentifikasi merek Anda dan mengingatkan mereka tentang bisnis Anda saat mereka siap melakukan pembelian. Membedakan satu merek dari yang lain seperti membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Semakin pelanggan memperhatikan sebuah brand, semakin besar kemungkinan mereka untuk mempercayainya dan kembali menggunakan produk/jasa brand tersebut.

  • Menjadi lebih dikenal dan meningkatkan penjualan

    Untuk mendapatkan penjualan, orang perlu mengingat merek Anda. Beri mereka alasan untuk mengingat Anda sehingga mereka tidak beralih ke pesaing. Apa yang membuat perusahaan Anda unik? Bagaimana Anda bisa menerapkannya pada produk promosi Anda dan membuatnya berkesan bagi pelanggan? Slogan dan logo biasanya digunakan pada produk promo, tetapi terkadang acara khusus seperti giveaway bisa menyegarkan bisnis Anda yang sudah berjalan lama di ingatan pelanggan Anda.

  • Promo giveaway dapat membantu penyebaran iklan pemasaran

    Pemasaran cara giveaway adalah bentuk lain dari iklan dari mulut ke mulut. Orang-orang selalu menggunakan produk setiap harinya dimana mereka juga akan berbagi mengenai apa yang mereka pakai dan kenakan kepada orang- orang disekitar merek juga.

  • Giveaway sangat identik dengan media sosial

    Jika Anda merencanakan giveaway, kemungkinan besar informasti giveaway Anda akan dibagikan berkali-kali melalui media sosial. Semua orang menyukai gagasan untuk mendapatkan sesuatu secara gratis, dan orang-orang menyukai kesempatan untuk berbagi potensi gratis dengan teman-teman mereka. Berikan informasi tentang giveaway di halaman media sosial perusahaan untuk jangkauan lebih lanjut yang akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, pengenalan merek yang lebih besar, dan potensi penjualan saat orang mengunjungi toko atau situs resmi bisnis Anda.

  • Mendapatkan pelanggan baru

    Apakah bisnis Anda adalah bisnis baru atau Anda sedang mencoba untuk meningkatkan cakupan pelanggan dari merek Anda yang sudah ada, Anda harus menyusun strategi bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda. Hadiah adalah taktik yang bagus untuk digunakan karena memiliki potensi tinggi untuk menjangkau demografi berbeda yang merespons pencarian Anda.

  • Kolaborasi dengan bisnis lain

    Jika Anda bergabung dengan bisnis lain dalam memberikan hadiah dengan membuat paket hadiah yang lengkap, Anda tidak hanya akan membina hubungan bisnis Anda, Anda juga akan mendapatkan pengakuan melalui merek mereka. Ini adalah peluang bagus untuk menjangkau basis pelanggan mereka yang sudah ada dan karenanya mengembangkan basis pelanggan Anda juga. Hubungan bisnis yang kuat dapat membantu meningkatkan rujukan dan secara keseluruhan akan membantu merek tumbuh lebih kuat.

  • Meningkatkan loyalitas dari pelanggan lama

    Pelanggan lama dan setia menyambut hadiah gratis dan tidak diragukan lagi akan berbagi pengalaman mereka dengan orang disekitar mereka dengan menggunakan hadiah giveaway yang Anda berikan tadi. Jika salah satu tujuan Anda adalah berterima kasih kepada basis pelanggan Anda saat ini, beri mereka keuntungan, seperti aktif memberikan giveaway atau entri tambahan.

  • Membantu meningkatkan penjualan

    Hadiah mendorong orang untuk mengunjungi situs dan platform media sosial Anda, yang pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan. Cara yang baik untuk menjamin penjualan adalah dengan menawarkan hadiah dengan pembelian. Untuk memastikan keuntungan yang memadai, tetapkan item tertentu yang lebih mahal untuk dibeli, atau cukup tetapkan jumlah dolar tertentu. Sedangkan jika Anda ingin mengambil ide ini lebih jauh, Anda dapat memasukkan barang-barang promo kecil dengan pembelian yang lebih kecil, dan barang-barang yang nilainya lebih besar untuk pembelian yang lebih mahal.

  • Mempromosikan produk khusus atau tertentu

    Orang membeli barang yang berbeda tergantung pada musim, trend dan kebutuhan tertentu. Salah satu kebiasan pembeliaan adalah pembeliaan pakaian dari negara yang memiliki empat musim, ketika musim sekolah tiba atau ketika Ramadhan tiba dimana produk yang sebelumnya tidak umum, kini sedang dicari khusus dalam musim tertentu.

  • Mengumpulkan data dan informasi

    Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang demografi pelanggan Anda, produk atau layanan baru apa yang mungkin ingin dilihat pelanggan, atau data pasar lainnya, menyelenggarakan giveaway adalah cara yang baik untuk mendorong pelanggan memberikan informasi tersebut. Cukup sertakan survei atau kuesioner singkat untuk diisi saat mengikuti undian atau giveaway.

  • Membangun basis email marketing

    Email dapat menjadi alat pemasaran yang kuat, baik Anda mengirim pembaruan produk, buletin, pemberitahuan penjualan, atau beberapa informasi lainnya. Minta pelanggan potensial menyertakan alamat email untuk mengikuti giveaway. Sebaliknya, bujuk orang untuk mendaftar email dengan memberikan pena promosi atau barang meja lainnya.

  • Meningkatkan loyalitas dan komunitas

    Dengan mengadakan giveaway dapat bekerja dengan baik dalam membangun rasa komunitas antara bisnis dan pelanggannya. Orang-orang lebih cenderung untuk terlibat satu sama lain juga, berbagi dan mendiskusikan hadiah melalui saluran media sosial. Ini juga merupakan kesempatan bagus untuk menghidupkan dan berkreasi.

 

Baca Juga  :    Apa itu Word of Mouth : Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Strateginya dalam Bisnis

 

Kekurangan Mengadakan Giveaway

Mengenal Apa Itu Giveaway, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya
 

Dari banyaknya kelebihan diatas, tentu saja giveaway mempunyai kekurangannya tersendiri yang harus Anda waspadai seperti :

  • Follower jangka pendek

    Hadiah Anda dapat menarik pengikut yang hanya tertarik dengan hadiahnya dan akan berhenti mengikuti saat hadiah berakhir

  • Follower yang tidak terlibat

    Giveaway dapat meningkatkan jumlah total pengikut Anda, tetapi dapat mengurangi persentase pengikut yang terlibat, yang dapat berdampak negatif pada algoritme Instagram.

  • Akun palsu dan penipuan

    Instagram telah melihat peningkatan besar dalam scammers yang menargetkan hadiah baru-baru ini. Giveaway hunter ini membuat akun palsu yang mengkloning profil Anda dan kemudian mereka menghubungi pengikut Anda dengan mengatakan bahwa mereka telah memenangkan hadiah Anda. Mereka kemudian meminta informasi pribadi atau detail pembayaran untuk ongkos kirim hadiah.

 

Baca Juga  :    Peran Penting Influencer Dalam Pemasaran dan Bisnis/Usaha

 

Kesimpulan dan Penutup

Giveaway adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pengikut Anda dan mendapatkan keterlibatan di Instagram. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di Instagram maka Anda akan menemukan banyak akun yang membuat giveaway untuk mempromosikan produk baru dan meningkatkan kesadaran merek.

Anda bahkan dapat melihat giveaway di umpan Anda dari akun yang tidak Anda ikuti. Ini karena giveaway sering dipromosikan menggunakan Instagram Ads untuk menarik pengikut baru. Koreanya, ini cara yang cukup tepat yang bisa digunakan oleh bisnis baru maupun bisnis yang sudah besar sekalipun.

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :