Google Hengkang, 7 Search Engine Ini Akan Populer Di Android

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Google sebagai mesin pencari (search engine) yang utama paling popular dan menempati urutan pertama dikabarkan akan segera hengkang dari kerjasamanya dengan ponsel atau smartphone berbasis Android. Pemberlakuan ini akan segera di aktifkan mulai dari 1 Maret 2020 walau berlaku di wilayah Uni Erope.

Keluarnya Google dari pemaian utama search engine pada smartphone adalah setelah kasus aksi anti persaingan atau monopoly pada Juli 2018 silam yang menyebabkan perusahaan raksasa global ini harus membayar denda sebanyak US$5 miliar yang dilayangkan oleh Komisi Uni Eropa (UE).

Selain membayar denda, Google di juga wajibkan untuk menyediakan alternative pencarian untuk pengaktifasian smartphone Android dan para penggunanya yang ada di 31 negara Uni Eropa.

 

Permasalahan Monopoly Tunggal Google

 

Sebelumnya selama 39 bulan, Komisi Uni Eropa (UE) telah melakukan penyelidikan terhadap sistesm operasi Android Google yang dinilai melanggar dan melakukan kegiatan monopolitik tunggal. Dalam penjabarannya, Google telah melakukan praktik- praktik kecurangan.

Google mengubah semua search engine bagi ponsel android secara default, mutlak pada Google seorang. Ini tentu dengan membuat dan membayar para produsen ponsel android juga operator seluluer untuk hanya memakai dan memporomosikan system Google semata yang jelas telah menghilangkan hak pilih konsumen dalam memilih.

Baca Juga : Maksimalkan Operasional Bisnis Anda dengan Google G Suit

 

7 Pilihan Search Engine

 

Dengan terdepaknya Google dari pemain utama membuat search engine yang dulunya tidak terkenal atau tidak diketahui umum membantu keenam mesin pencari ini yang sekarang mulai dilirik banyak orang. Berikut search engine yang akan menggantikan posisi Google di smartphone berbasis android :

 

  1. DuckDuckGo

    Mengusung tagline berbunyi “Privacy, Simplified”, mesin pecanri satu ini melindungi para penggunanya dengan cara menghindari pencarian dipersonalisasi juga tidak menampilkan profil pengguna.

  2. Qwant

    Seacrch engine Qwant juga mendukung privasi dan kerahasian penggunanya dari pelacakan juga iklan. Qwant juga mempunyai fitur music seperti Spotify yang dinamakan Qwant Music yang bisa menampilkan informasi dan berita mengenai music dan musisi favorit pengguna.

  3. Swisscows

    Mesin pencari Sqisscows mengandalkan teknologi Intelligent Data Cloud yang mampu membantu mengurangi waktu pencarian dan memberikan hasil yang cepat efisien dari kumpulan data yang berdasarkan kemampuan mengenal informasi yang sematik.

  4. Startpage Private Search

    Mengandalkan enkripsi SLS yang kuat dan tepat, Startpage berani memberi jaminan penjagaan privasi yang tinggi karena tidak akan adanya pelacakakan dan peretasan. Klaim tegas ini didukung karena Startpage tidak menggunakan cookie pelacakan maupun mencatat IP address, menghapus data pencarian hingga pengguna tidak dapat dilihat oleh laman website yang mareka tuju.

  5. Ecosia

    Identic dengan kepedulian terhadap bumi dan komitmen yang dipegang tegas, Ecosia mendedikasikan keuntungan yang dihasilkan dari setiap pencarian demi menjalankan program reboisasi serta memberdayangakn masyarakat secar global.

  6. Microsoft Bing Search

    Produk hasil besutan Microsoft ini menawarkan fitur tampilan antar muka dengan bermacam wallpaper yang dapat dirubah oleh penggunanya. Terigentrasi langsung pada Google Lens dan Microphone membuatnya mampu mencari dengan akurat hanya melalui suara dan gambar. Selain itu Bing juga mempunyai reading mode layar penuh yang memudahkan dalam membaca.

  7. Yahoo Search

    Sebagai pemain lama yang sempat terlupakan, Yahoo Search kembali bersinar dengan menawarkan berbagai macam fitur yang dapat membantu memberikan saran hasil pencarian secara cepat dan instan.

Related Post :

popup image