Google News Sitemap : Pengertian dan Cara Daftarnya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Siapa yang tidak mengenal Google adalah mesin pencari raksasa nomor 1 di dunia yang selalu datang dengan berbagai macam produk, fitur dan dukungan yang tidak kalah terkenalnya. Mulai dari Google Docs yang membantu pekerja dalam mempermudah pekerjaan mereka, Google My Business untuk pebisnis kecil dan besar hingga Google News yang telah ada selama hampir 20 tahun hingga saat ini.

Google News sendiri adalah agregator berita milik Google yang mengumpulkan artikel dari ribuan penerbit dan membentuk aliran berita berkelanjutan, membantu pembaca menemukan berita terbaru dari berbagai industri. Sistem lebih memilih situs web berita yang berisi informasi relevan tentang topik yang sedang tren, dengan faktor-faktor seperti kepercayaan, kredibilitas, dan otoritas yang menentukan dalam proses seleksi.

Mendapatkan peringkat situs berita Anda di Google News adalah pengubah permainan para pemilik situs web. Muncul di Google News Sitemap berarti Anda secara otomatis mendapatkan lebih banyak lalu lintas dimana akan lebih banyak opsi untuk monetisasi. Dalam artikel ini, ketahui apa saya yang penting untuk diketahui jika Anda berencana memasukkan situs web berita Anda ke dalam berita utama Google.

 

Pengertian Apa Itu Google News Sitemap

Google News Sitemap : Pengertian dan Cara Daftarnya
 

Layaknya koran yang menyajikan berita terhangat dan terbaru setiap hari, Google News adalah dimana semua berita dunia berkumpul tetapi hanya tersedia di Internet. Ini menjadi tempat dimana mengkompilasi artikel dari beberapa ribu sumber. Selama bertahun-tahun, Google News telah banyak berubah, meskipun intinya tetap sama yakni tetap mencakup semua jenis situs, bukan hanya situs berita yang menjadikannya hal sangat didambakan oleh praktik SEO di seluruh dunia.

Google mengandalkan algoritma rahasia yang dijaga dengan baik. Algoritma ini akan secara otomatis merayapi konten mencari indikator kualitas untuk memutuskan posisi apa yang akan diberikan pada artikel di Google Berita. Diantara kriteria peringkat hipotesis, penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah klik yang mereka hasilkan, konsensus populer tentang keandalan penulisnya, relevansi topik dan kesegarannya dipertimbangkan berdasarkan tanggal dan waktu publikasi.

Ambil contoh, Google News lebih cenderung menempatkan situs berita suatu negara di urutan teratas daftar jika beritanya tentang peristiwa besar di negara tersebut. Laporan tentang acara yang sama dari penerbit asing akan mendapat peringkat lebih rendah. Selain itu, cara topik diatur tergantung pada pengulangan kata kunci tertentu dalam publikasi dan tingkat minat publik, data yang dapat diakses melalui pencarian pengguna.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business) Bagi Bisnis Kecil dan Besar

 

Cara Mendaftar ke Google News Sitemap

Perlu diketahui sebelumnya, Google Publisher Center adalah kombinasi dari Google News Producer dan Publisher Console. Google tidak mengharuskan situs web untuk dikirimkan di Google Publisher Center, tetapi memiliki manfaat seperti kontrol atas merek dan konten Anda yang muncul di Google News. Perhatikan bahwa mengirimkan konten dan umpan RSS Anda di Google News Producer tidak berarti bahwa konten Anda telah dijamin akan muncul di Google News. Juga, perlu diingat bahwa situs web yang akan Anda kirimkan ke Google Publisher Cente harus merupakan situs web terverifikasi di akun Google Search Console Anda. Jika Anda ingin mendaftar, maka simak cara singkatnya dibawah ini :

  • Isi dan penuhi detail yang dibutuhkan

    Setelah Anda berada di Google Publisher Center, cukup klik Tambah Publikasi/Add Publication dan masukkan nama situs web Anda. Layar berikutnya akan menanyakan informasi dasar tentang situs web Anda seperti deskripsi, URL situs web, dan lokasi. Penting juga bagi Anda untuk menempatkan ID pelacakan Google Analytics di bagian ini sehingga Anda dapat melacak berapa banyak lalu lintas yang Anda peroleh dari Google News nantinya.

  • Submit konten Anda

    Pada bagian konten memungkinkan berbagai cara untuk mengirimkan konten Anda di Google News dan menyesuaikan umpan Google News Anda dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Anda dapat mengikuti langkah :
    a) Mengirim umpan RSS
    b) Memasukkan URL halaman tertentu
    c) Mengirim video atau daftar putar atau playlist dari YouTube
    d) Umpan yang dipersonalisasi dari Google News

  • Unggah gambar atau video

    Setiap konten terlebih lagi berita, tidak lengkap tanpa adanay gambar atau videp pendukung. Lalu pada bagian Gambar atau Image adalah tempat Anda mengunggah logo persegi dan logo lebar situs web Anda. Pastikan gambar yang Anda unggah berkualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi yang ditunjukkan.

  • Manajemen iklan

    Meski ini adalah opsional, tapi langkah ini berguna untuk situs web yang menjalankan iklan melalui Google AdSense. Anda juga dapat mengontrol di bagian ini berapa banyak iklan yang dijual Google di situs web Anda untuk pengguna yang berasal dari Google News.

  • Kirim untuk ditinjau

    Di bagian Review & Publish akan menunjukkan jika ada informasi yang hilang. Setelah Anda selesai mengisi semua detail yang diperlukan, Anda sekarang dapat mengirimkan situs web Anda untuk ditinjau.

 

Meski semua cara di atas cukup cepat dan sederhana, perlu diingat bahwa persetujuan agar konten Anda dapat terbit akan dapat memakan waktu 2 hingga 4 minggu menurut Google.

 

Baca Juga  :   Panduan Mudah Menghubungkan Custom Domain ke Google Sites

 

Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik dari Google News

Seringnya kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa Google News juga menggunakan algoritma untuk menentukan peringkat situs web di Google News. Secara dasar algoritma itu biasanya menggunakan faktor-faktor berikut :

  • Relevansi konten
  • Isi berita yang menonjol dan authority yang baik
  • Kesegaran yang disajikan konten
  • Lokasi berita
  • Bahasa yang digunakan

 

Baca Juga  :    Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat

 

Memahami Kendala Editorial dan Algoritma di Google News

Google News Sitemap : Pengertian dan Cara Daftarnya
 

 

Untuk mendapatkan peluang terbaik dalam memeringkat artikel Anda di Google News, pastikan Anda telah benar benar mengikuti aturan konten Google yang resmi. Peraturan- peraturan itu misalnya, dilarang mempublikasikan konten plagiat, konten kebencian, permintaan maaf terorisme, dll. Ketahui juga kalau Google News sangat ketat terhadap konten yang menyamarkan atau mencoba menggambarkan konten bersponsor (berbayar) sebagai konten editorial independen.

Jadi jika Anda ingin masuk ke dalam kebaikan algoritma Google News, yang terbaik adalah membatasi iklan dan iklan atau feed berbayar. Selain itu, Googlebot dari Google News memerlukan instruksi yang jelas untuk merayapi hanya laman berita di situs Anda. Instruksi ini dapat diberikan melalui file robots. txt yang memungkinkan Anda untuk melarang penjelajahan halaman yang tidak ditujukan untuk Google Berita. Namun berhati-hatilah, teknik ini harus digunakan dengan hati-hati karena Anda dapat menghukum seluruh situs Anda. Oleh karena itu penggunaannya harus dipelajari dengan baik sebelumnya.

 

Baca Juga  :   Cara Memasang Kode Iklan Google Adsense di WordPress

 

Kesimpulan dan Penutup

Agregator Google News mengumpulkan artikel dari lebih dari 20.000 penerbit di seluruh dunia. Ini adalah alat yang ampuh bagi orang-orang untuk mendapatkan berita terbaru dari wilayah mereka sendiri dan internasional. Layanan ini memantau situs web berita untuk info yang paling relevan dan menyediakan kompilasi berita kepada pembaca tentang berbagai topik dan kategori. Dengan demikian, Google News merupakan sumber tambahan lalu lintas situs web untuk media berita.

Maka apabila Anda ingin mendapatkan berita terbaru dari berbagai sumber secara sekilas, Google News adalah pilihan yang efisien. Algoritma Google yang luar biasa bertanggung jawab atas komposisi artikel, dan pengguna sering kali lebih mempercayai umpan berita Google daripada sumbernya sendiri. Agar situs web Anda dikenali oleh algoritma Google News dan artikel situs Anda mendarat di portal berita, Anda harus terlebih dahulu mengirimkan situs web Anda ke Google News. Namun, karena tingkat persaingan yang tinggi, situs berita dan artikelnya harus mematuhi pedoman tertentu yang dikomunikasikan oleh Google.

 

 

 

 

Related Post :