Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Beasiswa IDCloudHost 2021

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Beasiswa adalah penghargaan bantuan keuangan yang dirancang untuk membantu siswa membayar perkuliahan mereka dan meraih gelar sarjana. Tidak jarang beasiswa juga adalah jenis bantuan satu kali meski memang beberapa beasiswa dapat diperpanjang baik per semester atau tahun ajaran saja. Bantuan beasiswa ini bersifat donasi yang tidak perlu dibayar kembali bagi siswa yang mendapatkannya.

Sedangkan beasiswa dapat berasal dari berbagai sumber yang berbeda, seperti organisasi, institusi, yayasan, perusahan, perguruan tinggi dan universitas, badan amal, pemerintah bahkan dari individu. Seringnya beasiswa juga menawarkan bantuan keuangan untuk mendukung prestasi siswa dan berharap siswa yang menerima bantuan ini tetap dapat mempertahankan nilai pelajaran mereka selama berada dalam bantuan ini.

Untuk mendapatkan beasiswa, siswa harus melihat dan memahami bahwa setiap beasiswa memiliki kriterianya sendiri-sendiri. Beberapa beasiswa diberikan berdasarkan kebutuhan, sesama anggota organisasi, bidang studi tertentu hingga pada bakat unik dari siswa. Terlepas dari apakah Anda unggul dalam bidang akademik, Anda dapat menemukan beberapa beasiswa yang sesuai untuk Anda seperti beasiswa lokal setempat.

 

Cara Mencari dan Mendaftar Beasiswa

Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Beasiswa IDCloudHost 2021
 

Umumnya cara pertama untuk mencari beasiswa adalah dengan mengunjungi situs web Universitas yang Anda minati dan melihat beasiswa apa yang mereka tawarkan. Tidak disarankan untuk memilih universitas atau kursus semata-mata berdasarkan bantuan keuangan yang tersedia, tetapi ini bisa menjadi faktor penentu ketika Anda memutuskan untuk membuat pilihan akhir. Anda bisa memanfaatkan situs web beasiswa yang memungkinkan Anda mencari database dari semua beasiswa yang tersedia mulai dari skala nasional hingga internasional.

Disini Anda bisa menyisir mulai dari mata perkuliahan, fakultas, modul pembelajaran, biaya dan akomodasi hingga bahkan ranking universitas. Kemudian Anda juga bisa mencari beasiswa yang kiranya sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Situs yang menyediakan informasi mengenai beasiswa nasional mungkin bisa Anda pertimbangkan jika Anda ingin mencari beasiswa di Indonesia. Mulai dari website INDBeasiswa, Beasiswa My ID, Beasiswa ID Net, Ayo Kuliah dan lain- lain adalah sebagian dari website khusus yang membaktikan diri mereka untuk berbagi informasi beasiswa dengan up to date.

 

Baca Juga  :     Jurusan Favorit untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Jenis dan Tipe Beasiswa

Baik beasiswa nasional dan internasional, semuanya mempunyai jenis dan tipe beasiswa yang hampir sama. Berikut ini dua diantara jenis dan tipe beasiswa yang ada dan termasuk cukup umum :

 

  • Berbasis prestasi

    Penghargaan beasiswa jenis ini didasarkan pada kemampuan akademis, artistik, atletik, atau lainnya siswa, dan sering kali menjadi faktor dalam kegiatan ekstrakurikuler pelamar dan catatan pengabdian masyarakat. Beasiswa berbasis prestasi yang paling umum, diberikan oleh organisasi swasta atau langsung oleh perguruan tinggi yang dituju oleh siswa, dengan pengakuan pencapaian akademik atau nilai tinggi pada tes standar. Sebagian besar beasiswa berdasarkan prestasi dibayar langsung oleh institusi tempat siswa belajar, daripada diberikan langsung kepada siswa.

  • Beasiswa berdasarkan karir khusus

    Jenis beasiswa ini seringnya diberikan oleh perguruan tinggi atau universitas kepada siswa yang berencana mengejar bidang studi tertentu. Seringkali, penghargaan beasiswa ini jatuh kepada siswa- siswa yang mengejar karir di bidang yang sangat dibutuhkan untuk pelayanan umum nantinya seperti pendidikan atau keperawatan.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia

 

Daftar Beasiswa Global dan Internasional 

Selain beasiswa lokal, secara global, ada beberapa beasiswa yang telah diselenggarakan sejak lama dan menjadi terkenal. Tentunya beasiswa ini menarik banyak minat siswa internasional pula, namun begitu selalu ada peluang bagi siapa saja yang melamar beasiswa ini. Berikut beberapa beasiswa yang terkenal dan diburu oleh banyak siswa.

 

  • Chevening Scholarship

    Program Beasiswa Chevening dimulai pada tahun 1983 sebagai skema Foreign and Commonwealth Office Awards Scheme (FCOAS) dan didanai oleh Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran pemerintah Inggris dan organisasi yang tergabung sebagai mitranya. Beasiswa Chevening adalah skema beasiswa internasional yang memungkinkan siswa dengan kualitas kepemimpinan dari lebih dari 160 negara dan wilayah untuk mengikuti studi pascasarjana atau kursus di universitas di Inggris.

  • Erasmus Mundus

    Program Erasmus Mundus Uni Eropa bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi melalui beasiswa dan kerja sama akademik antara UE dan seluruh dunia. Tiga tujuan utama program ini terkait dengan internasionalisasi mahasiswa, staf, kurikulum dan penelitian untuk dapat memastikan pengaruh pada pengembangan praktik dalam Kebutuhan Pendidikan Khusus dan pendidikan inklusif serta untuk mengembangkan jaringan kolaboratif internasional, proyek dan penelitian.

  • Fulbright Program

    Program Fulbright adalah salah satu dari beberapa Program Pertukaran Kebudayaan Amerika Serikat dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan antar budaya, diplomasi budaya, dan kompetensi antar budaya antara masyarakat Amerika Serikat dan negara lain melalui pertukaran siswa, pengetahuan dan kemampuan. Program ini didirikan oleh Senator Amerika Serikat J. William Fulbright pada tahun 1946 dan dianggap sebagai salah satu beasiswa paling terkenal dan bergengsi di dunia. Program ini memberikan sekitar 8.000 hibah setiap tahun yakni kira-kira 1.600 untuk siswa AS, 1.200 untuk pelajar AS, 4.000 untuk siswa asing, 900 untuk sarjana tamu asing, dan beberapa ratus untuk guru dan profesional.

  • Rhodes Scholarship

    Beasiswa Rhodes adalah beasiswa pascasarjana internasional bagi mahasiswa untuk belajar di Universitas Oxford. Didirikan pada tahun 1903 menjadikan Rhodes Scholarship sebagai beasiswa lulusan tertua di dunia dan salah satu program beasiswa internasional paling bergengsi di dunia. Meskipun awalnya terbatas untuk pelamar pria dari negara-negara yang saat ini berada dalam Persemakmuran Inggris, Jerman dan Amerika Serikat, beasiswa ini telah terbuka untuk pelamar dari semua latar belakang dan dari seluruh dunia.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Informatika Terbaik di Indonesia

 

Daftar Beasiswa Nasional Indonesia

Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Beasiswa IDCloudHost 2021
 

Selain beasiswa internasional di atas yang terbuka untuk para siswa dari penjuru dunia, Indonesia juga mempunyai beasiswa skala nasional yang bertujuan untuk membangun kualitas dan membantu para siswa Indonesia. Adapun beasiswa dua dari beberapa nasional yang bisa Anda coba setiap tahun adalah :

 

  • Beasiswa Tanoto Foundation

    Salah satu penyedia bantuan beasiswa yang konsisten dari tahun ke tahun adalah beasiswa dari Tanoto Foundation. Siswa yang ingin melamar beasiswa ini adalah bagian dari universitas yang tergabung sebagai mitra Tanoto Foundation. Termasuk cukup lengkap, Beasiswa Tanoto Foundation menyediakan biaya yang mencakup pembiayaan untuk kuliah setiap semester dan biaya akomodasi hidup siswa.

  • Beasiswa IDCloudHost Indonesia

    Kesempatan beasiswa nasional kemudian yang termasuk mumpuni sejak diperkenalkan 2015 lalu, Beasiswa IDCloudHost bekerjasama dengan Telkom University menawarkan kerjasama dengan biaya penuh juga gratis.

 

Baca Juga  :    Jurusan Populer untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Beasiswa Gratis IDCloudHost 2021

Setiap tahun IDCloudHost selalu konsisten, rutin dan berkomitmen dalam memberikan dukungan beasiswa bagi siswa Indonesia yang ingin berkuliah dalam bidan studi teknis dan non teknis. Telah bekerjasama dengan Telkom University sebagai universitas yang terkenal dan diminati siswa Indonesia, beasiswa kali ini juga menawarkan banyak kelebihan tersendiri.

Para siswa yang hendak melamar beasiswa ini dapat melayari laman resmi di https://idcloudhost.com/beasiswa/ untuk dapat mengetahui apa saja persyaratan dan regulasinya. Pastikan Anda mengunjungi situs resmi, mengisi data dan informasi yang sesuai serta mengikuti semua persyaratan. Beasiswa yang dibuka dari 14 Februari hingga 20 Juni 2021 ini bersifat GRATIS, tidak ada pemungutan biaya tambahan dan hanya untuk gelar sarjana atau S1 saja.

Related Post :

popup image