[Highlight Event] Mengenal Dunia UI/UX Bareng Sabrina Anggraini dan Roni Hidayat

Event / 0 | | 0

“Pada tahun 2018 ekonomi kreatif telah berkontribusi lebih dari 7,4% PDB Indonesia dan terdapat 17 juta pekerja industri atau 14% dari total pekerja.” tukas Bapak Triawan Munaf di acara World Conference on Creative Economy (WCCE) 2018 sebagai Kepala Badan Kreatif Ekonomi. Itu artinya bidang kreatif saat ini menjadi bidang yang diprioritaskan di Indonesia. Hal ini menjadi dasar akselerasi di bidang kreatif ditingkatkan, salah satunya dengan memberikan sharing session kepada para pecinta UI/UX di Pekanbaru. Sharing Session UI/UX ini bertujuan untuk mengenalkan interaksi desain suatu produk. Produk disini bukan hanya produk digital, tetapi juga bisa berupa produk lainnya. Hal ini disebabkan karena konsep interaksi desain bersifat umum.

Dengan semangat yang luar biasa, Startup Pekanbaru menyelenggarakan acara ini pada Sabtu, 9 Februari 2019 dari pukul 08.00 s/d 11.00. Hanya dalam seminggu peserta yang mendaftar sudah 60 orang. Selain itu, pembicara yang didatangkan juga luar biasa, yaitu Sabrina Anggraini sebagai UX Interaction Designer yang sudah berpengalaman lebih dari dua tahun di Traveloka dan sekarang dipadati dengan berbagai kegiatannya sebagai finalis Putri Indonesia Riau 2019. Serta, Roni Hidayat sebagai Marketing Director IDCloudHost.

Baca Juga : Dokumentasi Pelatihan UI/UX – IDCH Basecamp 

 

 

Sharing Session ini dibuka langsung oleh Mufid selaku moderator dan juga CMO IDCloudHost. Acara dimulai dengan pembukaan dari moderator mengenai alur acara dan pembicara. Lalu, dilanjutkan dengan Sabrina Anggraini yang antusias menceritakan tentang interaksi desain serta pengalamannya selama menjadi UX Interaction Designer di Traveloka. Di akhir presentasi, sabrina mengungkapkan bahwa “Design is beyond just visual, its so much more.” Hal ini ditandai dengan adanya konsep interaksi desain. Interaksi desain ada lima tahapan yaitu understand, define, ideate, prototype dan validate. Sewaktu kita ingin membuat suatu produk, kita harus berpegang pada kelima tahapan tersebut. Pertama, mengerti masalah apa yang ada di sekitar dengan mengamatinya. Kedua, melakukan wawancara kepada calon pengguna produk. Ketiga, membuat sebuah ide yang dapat menjadi solusi dari masalah tersebut. Selanjutnya, membuat rancangan produk. Dan terakhir, melakukan percobaan (testing) terhadap produk tersebut.

Baca Juga : Apa Saja Yang Dilakukan oleh UX Designer?

 

 

Setelah mendengar penjelasan yang begitu lengkap dari Sabrina. Acara dilanjutkan dengan sharing tentang ekosistem UI/UX di Pekanbaru oleh Roni. “Ekosistem UI/UX sudah mulai bertumbuh dengan adanya komunitas UXiD Pekanbaru pada awal tahun 2019.” kata Roni.  Setelah itu, Sabrina dan Roni bergiliran menjawab pertanyaan-pertanyaan yang luar biasa dari peserta sharing session. Peserta sharing session pada kali ini dari berbagai macam latar belakang seperti mahasiswa, dosen, dan pelaku industri kreatif lainnya. Acara berjalan dengan lancar dan semua menikmati sharing session yang telah berlangsung.

Baca Juga : Cerita Seru Magang Posisi UX Researcher – Nizariansyah Agung

Related Post :