Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan dan Modal Sedikit

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Dropship bisa dikatakan sebagai model bisnis yang populer di internet, model bisnis satu ini melibatkan pihak ketiga yang kemudian disebut dengan dropshipper. Fungsinya untuk menjembatani hubungan yang terjalin antara pembeli dengan produsen atau supplier barang tersebut, dropshipper sekilas mirip dengan reseller.

Namun jika dijabarkan keduanya akan terlihat berbeda satu sama lain, dropshipper merupakan penjual yang hanya melakukan pemasaran pada barang milik orang lain tanpa harus membeli terlebih dahulu. Sementara reseller adalah orang yang melakukan promosi barang orang lain dan harus melakukan penyetokan barang tersebut, seseorang tidak bisa disebut reseller jika tidak membeli barang dari supplier terlebih dahulu.

Menjadi seorang dropshipper menjadi hal yang menyenangkan, dengan skema bisnisnya yang sederhana hampir semua orang bisa melakukannya. Bisnis satu ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, Anda hanya perlu menggunakan smartphone dan pastikan bahwa data internetnya terhubung. Barang yang dijual oleh dropshipper pun beragam, sebab dropshipping memiliki banyak stok barang yang bisa dijual oleh para mitranya. Seperti produk kecantikan, makanan dan minuman, obat-obatan, pakaian, bahkan alat elektronik.

 

Kelebihan dari Bisnis Dropship

Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan dan Modal Sedikit
 

Prospek bisnis dropship memang masih besar meskipun tingkat persaingan tak kalah tinggi, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau menjalankan cara kerja bisnis dropship yang benar. Berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan berbisnis dropship.

 

  • Tidak membutuhkan modal besar

    Banyak orang enggan memulai usaha karena tersandung modal yang terbatas. Kelebihan bisnis dropship adalah tidak membutuhkan modal sepeserpun selain gadget dan kuota internet. Jangan lupa untuk memiliki rekening tabungan Anda sendiri . Anda bisa memanfaatkan semua media online untuk mempermudah promo transaksi seperti Facebook, Instagram, Twitter, Marketplace, Website, dan lain-lain.

  • Lebih fleksibel

    Alasan seseorang menyukai cara kerja bisnis dropship karena fleksibilitas yang ditawarkan. Kelebihan bisnis dropship bisa dilakukan siapa, kapan dan di mana saja tanpa ada batas dan pengekangan kreativitas maupun latar belakang Anda. fleksibilitas ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun kita berada.

  • Tidak perlu biaya operasional

    Membandingkan bisnis dropship dengan sistem reseller terletak pada biaya atau modal yang dikeluarkan. Jika reseller wajib melakukan stok barang, maka dropshipper tidak perlu biaya operasional sama sekali. Selain itu, Anda juga tidak perlu memikirkan biaya sewa toko, gaji karyawan dan biaya lain-lain. Bisnis cukup dikelola dari rumah saja atau dimanapun Anda berada.

  • Memiliki risiko yang minim dengan keuntungan besar

    Jika Anda khawatir dengan sistem stok yang menumpuk di gudang, maka cara kerja bisnis dropship bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pemula. Pasalnya, Anda tidak perlu melakukan stok barang sehingga lebih minim resiko tidak terjual atau rugi.
    Bahkan keuntungan yang ditawarkan bisa semakin besar kalau Anda berhasil menjual barang suplier lebih banyak. Tak hanya mendapatkan uang dari laba penjualan, Anda bisa masuk dalam jajaran agen berprestasi yang mendapatkan reward dari pihak supplier. Keuntungan ganda tentu menjadi poin yang sangat menarik bagi setiap dropshipper.

  • Bisa menjual aneka produk

    Cara kerja bisnis dropship yang mudah dan menjual produk tanpa perlu stok membuat pelaku usaha bisa menjual aneka produk. Sebagai tips sukses menjadi dropshipper, Anda harus selektif memilih produk yang hendak ditawarkan. Pastikan pangsa pasar memang potensial untuk membeli produk yang Anda jual. Contoh produk yang memiliki pangsa pasar besar antara lain kebutuhan rumah tangga, fashion dan aksesoris, alat elektronik, dan masih banyak produk menarik lain. Tak hanya bisa menjual satu produk saja, Anda juga bisa menjual berbagai produk menguntungkan selama bekerja sama dengan supplier yang kredibel.

 

Baca Juga   :    STP Marketing: Panduan Lengkap Cara Menerapkannya Bagi Bisnis Anda

 

Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan

Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan dan Modal Sedikit
 

Memilih untuk menjadi seorang dropshipping agak sulit saat menentukan salah satu fokus dari produk yang ingin dijual, namun hal itu bukanlah sesuatu masalah yang besar. Berikut ulasan terkait ide dropship yang bisa Anda pertimbangkan untuk mulai memilihnya.

 

  • Kosmetik dan Skincare

    Bisa dikatakan bahwa produk satu ini tidak pernah kehabisan peminatnya, terlebih banyak perempuan yang rela menginvestasikan uangnya pada beberapa produk kecantikan agar mereka menjadi cantik. Produk-produk keluaran baru serta tren yang berkembang saat ini, membuat hampir semua perempuan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
    Jika segmen pasar Anda nantinya adalah perempuan baik muda hingga dewasa, sebaiknya memilih salah satu bisnis ini untuk dijadikan dropship. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan untuk mencari produk baru dan asli serta mampu memprediksi seperti apa tren kecantikan di masa mendatang, tentu ini akan menjadi keuntungan tambahan bagi Anda.

  • Makanan Sehat

    Gaya hidup sehat sudah marak ada dan diterapkan oleh banyak kalangan keluarga, hal ini dilakukan atas kesadaran dari dalam diri maupun dari lingkungan mereka. Seiring bertambah lemahnya metabolisme dalam tubuh manusianya, membuat mereka memilih produk-produk sehat untuk dikonsumsi.
    Meski tak jarang produk kesehatan dibandrol dengan harga yang mahal, namun tidak ada salahnya Anda mencoba dropship bisnis satu ini. Target pasar yang cukup menjanjikan terdapat pada pelanggan dengan status keluarga muda atau orang tua, sebab daya beli yang mereka miliki lebih besar dari target pasar lainnya. Anda bisa mengatur strategi seperti apa pangsa pasar yang cocok dengan bisnis Anda, dan meraup keuntungan besar.

  • Pakaian dan Aksesoris

    Aksesoris seperti kalung, jam, topi, dan pakaian menjadi salah satu ide bisnis yang cukup strategis, mengingat sudah menjadi hal lumrah dan banyak dijual di pasaran. Saking luasnya pangsa pasar dari bisnis satu ini, Anda diharuskan untuk menargetkan calon pelanggan dari produk dengan lebih spesifik agar target yang dicapai lebih jelas dan baik. Misalkan Anda ingin menjual pakaian anak-anak, maka Anda harus menjual pakaian dan aksesoris yang hanya cocok untuk digunakan oleh anak-anak.
    Terkait target pasar yang diinginkan semua kembali kepada Anda, sebaiknya disesuaikan dengan diri Anda sendiri. Sebab jika Anda seorang anak kuliah atau sekolah, maka target pasar terdekat dan paling memungkinkan adalah teman-teman dan anak-anak dengan usia yang sama dengan Anda. Begitupun jika Anda seorang pekerja kantoran, maka ada baiknya Anda menjual barang-barang yang sesuai dengan pekerja kantoran. Cara pikir yang seperti ini bisa membantu Anda dalam memprediksi seperti apa tren dan psikologi si calon pembeli.

  • Accessories Gadget

    Gadget merupakan salah satu barang yang memiliki banyak jenis pernak pernik yang bisa disematkan kepadanya, disebabkan kegunaannya yang lebih spesifik dengan material yang bisa dipastikan orang-orang memilih untuk membeli produk aksesoris ini melalui media online daripada harus langsung ke toko. Jika memilih ide bisnis satu ini Anda harus pandai dalam memilih produk yang ingin dijual, pastikan juga proses pengembalian barang yang jelas. Sebab aksesoris elektronik yang dijualkan, rentan mengalami kerusakan.
     

    Baca Juga   :   Daftar Aplikasi Kasir Online Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Bisnis

  • Peralatan Rumah Tangga

    Alat-alat rumah tangga seringkali dijual melalui situs online, seperti piring, dekorasi rumah, alat memasak, dan lainnya. Produksinya yang masal membuat Anda harus cermat mencari supplier yang menawarkan harga miring, sehingga ketika akan dijual kembali pengguna tidak merasa barang tersebut kemahalan. Umumnya barang-barang seperti ini tidak terlalu dipedulikan apa merknya, sehingga Anda bisa menjalankan bisnis dropshipping satu ini tanpa memikirkan branding.

  • Produk Bayi

    Siapa sangka produk satu ini memiliki permintaan konsumen yang tidak berhenti, tercatat pada 2017 ada sekitar 88,1 triliun nilai putaran dari produk ini. Meski terdengar tidak umum dan jarang ditemukan, ide bisnis yang satu ini tidak ada salahnya Anda mencoba memulainya.

  • Furniture

    Jenis produk lainnya yang tak kalah bisa menjadi pilihan Anda adalah furniture, terhitung pada 2017 ada sekitar 16,9 persen transaksi e-commerce pada produk satu ini. Selain itu, kebutuhan akan furniture dan modelnya tidak akan pernah padam dan terus berubah setiap tahunnya.

 

Baca Juga  :    Keunggulan Shopify untuk Kebutuhan Website Toko Online / Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Peluang bisnis dropship hingga saat ini masih terbuka lebar, tak heran jika bisnis ini cukup banyak peminatnya. Siapa saja bisa memulainya tanpa harus mengeluarkan modal yang besar, bisa dikatakan bahwa yang diperlukan seorang dropship hanya bermodalkan keuletan dari si dropshipper itu sendiri. Bisnis ini sedang naik daun, sehingga banyak peluang yang bisa Anda ambil untuk segera memulainya.

Ada banyak produk yang bisa Anda jadikan ide bisnis dalam memulai bisnis dropshipping satu ini, mulai dari produk kecantikan, kesehatan, pakaian, peralatan rumah tangga, hingga makanan. Hal ini didukung dengan banyaknya pengguna gadget yang memilih untuk melakukan pembelian secara online tanpa perlu repot antri dan keliling untuk mencari barang secara manual di toko. Selain menghemat waktu, barang yang dibeli secara online umumnya hanya tinggal pilih dan klik saja.

Related Post :