Ide Bisnis Online dan Offline Untuk Tambahan Penghasilan di Tahun 2021

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Akhir-akhir ini, kehadiran online untuk bisnis Anda tampaknya hampir wajib untuk semua jenis bisnis baik skala besar maupun skala kecil. Namun itu tidak berarti bahwa setiap bisnis perlu sepenuhnya fokus pada internet. Faktanya, masih banyak peluang bisnis offline untuk wirausahawan yang tidak terlalu paham teknologi untuk dipertimbangkan.

Saat ini, sejumlah bisnis telah memasuki industri untuk menjangkau konsumen melalui berbagai platform. Oleh karena itu, penting untuk memahami struktur operasi yang ingin Anda gunakan saat memulai model bisnis online dan offline Anda sendiri. Brick and Mortar (toko fisik) dan E-commerce adalah dua jenis struktur operasi yang dirancang untuk memulai bisnis.

Ada perbedaan besar antara ritel online dan offline, begitu pula ide dan peluang masing- masing. Meski memang untuk menjalankan bisnis online dan offline diperlukan perencanaan matang dan alat- alat yang menunjangnya. Jadi untuk mengetahui apa saja peluang yang ada, sekarang mari kita bahas model bisnis online dan offline satu per satu.

 

Keuntungan Bisnis Offline

Ide Bisnis Online dan Offline Untuk Tambahan Penghasilan di Tahun 2021
 

Sebuah toko fisik / offline adalah outlet bisnis dengan satu lokasi fisik atau lebih. Misalnya, toko yang akan Anda temukan di pusat perbelanjaan lokal Anda dikenal sebagai toko fisik atau bisnis offline. Saat ini banyak pelanggan masih lebih memilih toko fisik tempat mereka dapat pergi dan melihat produk secara fisik sebelum membelinya, serta meminta nasihat dari asisten toko fisik daripada asisten virtual. Adapun beberapa keuntungan yang ditawarkan dari menjalankan toko secara offline adalah :

 

  • Menjalin interaksi langsung

    Memiliki toko tentu memungkinkan Anda untuk menjalin interaksi dengan pelanggan, menjalin hubungan dan membantu pelanggan secara langsung. Pelanggan juga akan lebih leluasa dalam mencari produk atau mereka yang mereka inginkan dan melihatnya secara langsung apakah sesuai dengan yang mereka inginkan.

  • Pelanggan dapat melihat produk

    Membeli barang dari toko offline memiliki manfaat yang signifikan bagi pelanggan. Banyak pembeli mungkin lebih suka melihat item secara langsung sebelum melakukan pembelian online yang hanya melihat produk dalam format foto. Pengalaman pelanggan adalah salah satu aspek yang tidak dapat ditiru oleh penjual produk secara online.

  • Rendahnya tingkat pengembalian produk

    Ketika datang untuk berbelanja di toko maka orang mencoba sendiri apa yang terbaik untuk mereka, yang pada gilirannya menurunkan kemungkinan tingkat pengembalian. Saat membeli, mereka dapat dengan mudah melakukan uji coba item, yang menambah keuntungan memiliki toko fisik atau offline ini. Pelanggan dapat melihat barang dagangan secara fisik dan berdasarkan minat mereka untuk melakukan pembelian.

 

Baca Juga  :     Strategi Pemasaran Produk/Layanan untuk Bisnis + Contohnya

 

Keuntungan Bisnis Online

E-commerce adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa, atau transfer dana atau data, melalui jaringan elektronik, terutama Internet. Dalam kasus tertentu, kata e-commerce dan e-bisnis digunakan secara bergantian. Hari-hari telah berlalu ketika aktivitas komersial seperti pertukaran barang dan jasa untuk uang antar pihak hanya berlangsung dalam mode offline, yaitu pelanggan harus pergi ke toko, melihat ragam produk, memilih barang yang diperlukan dan membelinya dengan membayar sejumlah yang ditentukan. Tetapi dengan maraknya E-commerce, orang dapat membeli barang hanya dengan satu klik, membayar tagihan, atau mentransfer uang.

Adapun keuntungan dan kelebihan berbisnis secara online adalah :

 

  • Biaya operasi lebih rendah

    Biaya menjalankan bisnis online lebih rendah karena pekerja tidak dibutuhkan di setiap lokasi. Secara khusus, dalam hal penjualan, pekerja yang dibutuhkan lebih sedikit dan yang lainnya otomatis. Selain itu, dalam beberapa kasus, tidak ada ruang penyimpanan yang diperlukan jika berupa penjualan langsung. Itulah alasan utama mengapa penjual online memiliki tarif tertentu yang lebih rendah daripada harga biasa di toko offline.

  • Penjualan skala global

    Setiap orang yang memiliki E-commerce tahu bahwa jika mereka memberikan produk berkualitas baik dan trending dalam jumlah besar maka mereka dapat menjual di mana saja di seluruh dunia. Bisnis berkembang dengan penggunaan Internet yang memberikan insentif yang meningkat untuk penghasilan. Karenanya membantu Anda membuat nama dan image branding Anda di antara pelanggan di seluruh dunia.

  • Ketersediaan sepanjang waktu

    Situs web E-commerce buka 24/7, artinya tidak ada batasan kapan orang dapat berbelanja dan membeli produk Anda, baik saat tengah hari atau tengah malam. Ketersediaan seperti itu meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan keuntungan dan membantu membangun hubungan yang lebih baik antara pembeli dan pedagang.

  • Operasikan bisnis Anda dari mana saja

    Situs web e-commerce menghilangkan kendala regional apa pun yang biasanya dihadapi bisnis offline. Anda bisa berada di mana saja di dunia dan tetap menjalankan bisnis e-commerce Anda dengan sukses. Hal-hal utama yang Anda butuhkan untuk mengawasi situs web e-commerce Anda dari mana saja adalah akses ke email, internet, dan telepon.

 

Baca Juga  :      Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021

 

Ide Bisnis Online di Tahun 2021

Ide Bisnis Online dan Offline Untuk Tambahan Penghasilan di Tahun 2021
 

 

Jika Anda salah satu yang mempertimbangkan untuk memulai bisnis baru dan bermimpi mendapatkan keuntungan dari usaha baru Anda di tahun mendatang, Anda bisa melihat ide- ide bisnis dibawah. Berikut daftar ide bisnis terbaik yang menjanjikan tanda-tanda kesuksesan yang mungkin ingin Anda mulai pada tahun 2021.

 

  • Program Afiliasi

    Cara bisnis ini adalah bermitra dengan bisnis online untuk menjual produk mereka. Saat Anda mendaftar dengan, Anda diberi tautan unik khusus yang disebut tautan afiliasi dan ketika orang membeli dari tautan Anda, Anda dibayar komisi. Anda dapat memilih untuk mengiklankan tautan ini di blog, Instagram, status WhatsApp, atau menulis salinan yang akan menarik orang untuk mengklik tautan Anda. Anda hanya dibayar ketika orang membeli dari tautan Anda yang Anda bagikan tadi.

  • Kursus dan Pelatihan Online

    Menjadi lebih mudah untuk membagikan pengetahuan atau keahlian Anda melalui platform kursus online terlebih lagi saat- saat interaksi sosial telah dibatasi,. Jika Anda seorang ahli materi pelajaran atau bersemangat tentang sesuatu, maka Anda dapat mengubahnya menjadi penghasilan yang besar. Tawarkan kelas pelatihan online kepada siswa, bangun komunitas untuk membantu sambil membangun bisnis pelatihan online Anda. Anda dapat membuat halaman Facebook atau bahkan podcast tempat Anda dapat menjangkau orang-orang yang mencari kelas pelatihan online.

  • Copywriter

    Jika Anda berbakat merangkai kata dengan sedikit pengetahuan pemasaran, Anda dapat menjadikan diri Anda sebagai copywriter paruh waktu. Baik Anda menulis blog, konten web, atau siaran pers, banyak perusahaan yang akan membayar layanan Anda. Anda dapat meningkatkan nilai Anda dengan membawa pengetahuan SEO untuk membantu klien Anda menyusun strategi untuk menyerang kata kunci tertentu yang sudah digunakan oleh audiens target mereka dalam pencarian online mereka.
     
    Freelance copywriting adalah bisnis yang bagus untuk dijalankan, karena selama Anda memiliki koneksi internet, Anda dapat bekerja. Ini adalah bisnis yang dapat Anda jalankan dari kenyamanan rumah Anda sendiri, atau bahkan secara mobile. Jika Anda membangun jaringan yang cukup besar dan mendapatkan referensi dari klien yang puas, Anda bahkan dapat menjadikan menulis pekerjaan penuh waktu Anda.

  • Digital Marketing

    Pentingnya internet tumbuh dari hari ke hari, membuat layanan pemasaran digital selalu diminati, dan banyak perusahaan kecil dan menengah lebih suka melakukan outsourcing daripada membentuk tim internal yang mahal. Jika Anda memiliki keahlian dalam SEO, pemasaran konten, bayar per klik (pay per click), pengembangan web, atau manajemen media sosial, Anda dapat memiliki peluang bisnis yang memungkinkan Anda kebebasan untuk bekerja dari rumah.
     
    Pemasaran digital adalah bagian penting dari sebuah merek, jadi sangat penting bagi Anda untuk menanggapi perkembangan strategi pemasaran klien Anda. Manajemen media sosial memerlukan pengawasan atas komentar dan pesan sepanjang waktu, tidak hanya menjadwalkan posting dan tidak memantaunya kembali. Jika Anda menikmati menyusun strategi dan menerapkan rencana dengan cermat, pemasaran digital bisa menjadi bisnis yang tepat untuk Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjadi pemasar afiliasi, yang merupakan bentuk lain dari pemasaran digital.

  • Dropshipping

    Tidak semua perusahaan yang menjual barang menyimpannya di tempat sehingga membuat adanya cara dropshipping. Dropshipper sendiri adalah orang yang menjalankan situs e-niaga pergi ke pihak ketiga untuk memenuhi semua pesanan. Pihak ketiga kemungkinan adalah pengecer grosir atau entitas lain yang menjalankan gudang dan operasi pengiriman. Inventaris dan alat minimal yang diperlukan untuk dropshipping menjadikannya ide awal yang sangat bagus jika Anda khawatir tentang biaya ruang penyimpanan fisik.

 

Baca Juga  :       Tips Sukses Menjalankan Affiliate Marketing untuk Pemula yang Menguntungkan

 

Ide Bisnis Offline di Tahun 2021

Bisnis online memang menjanjikan dan sepertinya akan lebih praktis bagi mereka yang ingin melakukannya secara paruh waktu. Tetapi bisnis offline juga tidak kalah bagusnya karena juga mendatangkan kelebihan dan keuntungan. Simak beberapa ide bisnis offline yang bisa Anda coba di tahun 2021.

 

  • Food truck dan katering

    Dengan menggeliatnya kembali kegiatan sosial juga menumbuhkan semangat berniaga kembali bagi mereka yang bergerak di bidang kulinari. Jika Anda mempunyai minat dan bakat dalam memasak, mungkin Anda bisa mempertimbangkan opsi bisnis ini. Anda bisa menjualnya dengan truk/kendaraan secara mobile atau katering yang bisa diantar ke tempat pelanggan atau acara.

  • Menjual produk handmade/craft

    Jika Anda adalah orang yang kreatif dan suka menciptakan sesuatu dengan tangan Anda, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual karya- karya Anda di pasar online seperti Etsy. Platform ini memang diciptakan untuk mewadahi mereka yang mempunyai bakat seni dan craft tangan yang bisa Anda jelajahi baik untuk menjual karya Anda atau membeli karya dari orang lain.

  • Jasa pembersihan rumah dan kantor

    Memulai layanan pembersihan benar-benar hanya membutuhkan beberapa persediaan dan transportasi dasar. Anda dapat bekerja dengan pemilik rumah dan bisnis, dan mudah-mudahan membangun hubungan dengan klien Anda. terlebih lagi disaat pandemi seperti ini, kebersihan adalah hal mutlak yang membuat setiap rumah dan perkantoran harus selalu dibersihkan setiap harinya.

  • Jasa pengiriman

    Bergantung pada daerah Anda, layanan pengiriman lokal bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Anda akan membutuhkan kendaraan yang andal dan kemampuan untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat. Anda dapat bekerja secara mandiri dan memulai layanan pengiriman Anda sendiri, atau Anda dapat bergabung pada perusahaan atau aplikasi- aplikasi yang membutuhkan jasa pengiriman

 

Baca Juga  :     Tips dan Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online Yang SEO Friendly & Benar

 

Kesimpulan dan Penutup

Bisnis adalah segalanya bagi setiap pengusaha atau pemilik bisnis, ini memberi Anda semangat untuk hidup dan mengejar impian Anda. Jika bisnis Anda tidak memberikan hasil yang efektif, Anda hanya perlu berhenti dan berpikir ulang. Berpikir untuk memulai bisnis pasti membingungkan bagi sebagian orang.

Maka dari itu sebelum berinvestasi dalam bisnis, salah satu yang terpenting adalah keputusan terpenting apakah akan berinvestasi dalam bisnis offline tradisional atau bisnis online modern. Tentu saja modal adalah faktor utama untuk memulai semua jenis bisnis dan juga tergantung jenis bisnis yang Anda miliki. Karenanya bijaklah dalam memilih jenis bisnis yang ingin Anda kerjakan agar memaksimalkan semua keuntungan yang Anda harapkan.

Related Post :