Ide Peluang Usaha Rumahan Online Bagi Pemula

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Dalam masyarakat yang tidak asing dengan kemajuan teknologi saat ini, tidak ada alasan Anda tidak dapat memulai bisnis yang menguntungkan bahkan dari rumah sekalipun. Dengan majunya teknologi dan digitalisasi, bahkan dengan peningkatan aktivitas online membuat banyak peluang terbuka lebar termasuk memulai sebuah bisnis rumahan.

Meskipun begitu, menjalankan bisnis online sendiri membutuhkan semua kerja keras sama ketika mendirikan bisnis fisik, tetapi setelah didirikan, memberikan banyak kebebasan. Dari segi bisnis itu sendiri, memilih ide bisnis digital menawarkan banyak keuntungan. Meluncurkan perusahaan dari rumah Anda sendiri menghilangkan biaya besar yang terkait dengan investasi di kantor fisik dan perlengkapan fisik Investasi modal minimal berarti risiko yang lebih kecil, memungkinkan Anda menghabiskan lebih banyak uang untuk iklan guna menumbuhkan basis klien Anda.

Beroperasi online juga membuat bisnis Anda terbuka untuk pelanggan dari seluruh penjuru dunia, memberi Anda ruang untuk pertumbuhan yang cukup besar. Belum lagi Anda juga dapat mengaturnya sesuai dengan jadwal yang ingin Anda pilih sehingga pun bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis sampingan yang bisa Anda kerjakan kapan saja dan membantu menambah pemasukkan Anda.

 

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Rumahan Online

Ide Peluang Usaha Rumahan Online Bagi Pemula
 

Bisnis rumahan adalah usaha baik itu penuh waktu atau dijalankan sebagai pekerjaan sampingan, yang dapat Anda mulai dan dioperasikan menggunakan rumah Anda sendiri sebagai basis operasi Anda. Beberapa bisnis rumahan, terutama yang menjual secara online dan tidak membeli dan menyimpan banyak inventaris, bahkan dapat dijalankan secara remote, tanpa harus terikat. Tentu saja, ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan apakah bisnis rumahan ini tepat untuk Anda.

 

Kelebihan Usaha Rumahan Online :

  • Bisnis dengan investasi rendah memiliki biaya overhead yang lebih sedikit seperti biaya pergudangan, ditambah pengurangan pajak potensial yang dapat Anda klaim.
  • Pilihan untuk menjual produk atau jasa secara lokal atau internasional.
  • Keseimbangan kehidupan kerja yang fleksibel, yang ideal jika, misalnya ini adalah bisnis sampingan Anda.
  • Anda dapat membuat bisnis keluarga di mana relasi atau pasangan Anda dapat ikut serta sesuai kebutuhan.

 

Baca Juga  :    Cara Memulai Affiliate Marketing Bagi Pemula dan Jenis/Tipenya

 

Kekurangan Usaha Rumahan Online :

  • Anda mungkin perlu mengubah ruang di rumah Anda untuk mendukung kebutuhan bisnis Anda misalnya, menyimpan inventaris, membuat kantor rumah, atau menyimpan peralatan. Tantangannya bisa melakukan ini tanpa mengganggu kehidupan Anda di rumah.
  • Anda tetap harus mematuhi peraturan apa pun yang berkaitan dengan bisnis yang ingin Anda mulai misalnya, Anda mungkin perlu menyewa dapur komersial jika Anda berencana untuk menjual produk makanan atau lisensi/izin untuk menyimpan inventaris.
  • Bisnis Anda mungkin tumbuh lebih besar dari rumah Anda dan mengharuskan Anda untuk menyewa ruang tambahan dan mempekerjakan karyawan.
  • Bekerja dari rumah menawarkan Anda banyak kebebasan, tetapi juga bisa membuat Anda kewalahan karena kantor dan tempat tinggal menjadi satu.

 

Baca Juga  :     Panduan Dasar Memulai Bisnis Dropship Tahun 2021

 

Ide Peluang Usaha Rumahan Online Bagi Pemula

Berikut adalah daftar ide bisnis teratas untuk Anda mulai sekarang juga. Bagian terbaiknya adalah semua ide ini memiliki potensi menghasilkan uang, artinya Anda tidak perlu memvalidasinya sebelum memulai. Jika Anda mencari bisnis online terbaik untuk memulai, dibawah ini adalah daftar yang bisa Anda pertimbangkan.

 

Pemasaran Afiliasi/Affiliate Marketing

Jenis bisnis online ini sangat populer dan umum ditemukan dimana-mana. Pemasaran afiliasi sendiri pada dasarnya adalah proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain. Ada dua cara utama kebanyakan orang melakukan pemasaran afiliasi yakni :

  • Produk informasi

    Disini Anda mempromosikan produk seperti ebook, situs keanggotaan, seri video, dll. Jenis pemasaran afiliasi ini dapat memberi Anda komisi hingga 50% atau lebih, memiliki hambatan masuk yang relatif rendah, dan mudah menemukan produk untuk dipromosikan.

  • Mitra Amazon atau e-commerce besar lainnya

    Banyak pemasar afiliasi sukses seperti Amazon dan e-commerce lainnya juga membuka program afiliasi. Ada jutaan produk untuk dipilih, dan itu bisa sangat menguntungkan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi e-commerce lainnya seperti Shopee, Zalora, dan lain-lain.

 

Bisnis Dropshipping

Apakah Anda tidak mempunyai biaya untuk menjalankan bisnis Anda sendiri? Maka dropshipping adalah cara yang bagus untuk memulai bisnis dengan anggaran terbatas. Anda dapat mulai bekerja dengan mencari produk yang sudah ada sebelumnya dari pemasok dan meminta mereka mengurus hal-hal seperti pengemasan dan pemenuhan. Proses ini memungkinkan Anda melewati banyak rintangan yang mungkin menghalangi Anda memulai bisnis Anda sendiri. Lebih penting lagi, ini menghilangkan risiko mengetahui tidak ada pasar untuk produk Anda setelah melakukan pemesanan besar dengan produsen atau pemasok.

Jenis bisnis ini menarik karena :

  • Anda tidak perlu menyimpan produk di lokasi fisik, artinya arus kas Anda tidak akan terikat dalam inventaris. Ada lebih sedikit risiko uang muka.
  • Setiap kali pembelian dilakukan, Anda melakukan pemesanan dengan pihak ketiga dan mereka menangani sisa proses untuk Anda. Karena Anda tidak harus berurusan dengan hal-hal seperti melacak inventaris atau paket surat, dropshipping menghilangkan banyak potensi kebingungan bagi pengusaha pemula.
  • Tidak ada gudang berarti Anda dapat menjalankan bisnis Anda dari mana saja. Baik itu ruang tamu Anda atau kafe di ujung jalan, Anda yang memutuskan dari mana Anda ingin bekerja.

 

Podcast

Jika Anda hobi berbicara dan berbagi, pertimbangkan untuk merekamnya untuk podcast. Podcast adalah ide bisnis rumahan yang bagus dengan beberapa opsi monetisasi, mirip dengan memulai blog. Inilah yang Anda butuhkan untuk memulai podcast Anda :

  • Mikrofon berkualitas tinggi
  • Perangkat lunak perekaman audio
  • Perangkat lunak perekaman panggilan

 

Jasa SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah praktik yang mengacu pada mendapatkan situs web untuk peringkat lebih tinggi untuk istilah pencarian tertentu di mesin pencari seperti Google. Ketika peringkat situs web lebih tinggi, maka situs akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas yang relevan dan pada gilirannya, dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Ini adalah keterampilan lain yang sangat dihargai di dunia pemasaran internet. Meskipun demikian, ini bisa menjadi sedikit sulit karena Google selalu mengubah algoritmanya. Dengan itu, beberapa aturan pencarian berubah. Anda harus selalu menjadi yang terdepan, belajar, dan menguji strategi baru. Jika Anda bisa menguasai SEO, perusahaan akan selalu bersedia membayar Anda untuk jasa Anda.

 

Menjadi YouTuber

Video menjadi pilihan yang lebih populer mulai dari Instagram Stories dan Snapchat Stories hingga video Facebook Live, video hanya akan terus bertambah. Jika Anda selalu menyukai pemikiran berada di belakang kamera atau berada di depannya, sekaranglah saatnya Anda dapat memanfaatkannya. Baik itu memulai vlog dan mendapatkan pendapatan iklan/menjual produk kepada audiens Anda, atau membangun saluran YouTube untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Membuat video YouTube tidak hanya akan membantu Anda menceritakan kisah yang lebih baik dan memberikan konten yang lebih berharga kepada audiens Anda, tapi juga dapat membantu Anda mendapatkan peluang berbicara yang menguntungkan. Bagian terbaiknya adalah, Anda bahkan tidak perlu keluar dan membeli kamera baru yang mahal selama Anda memiliki smartphone dengan lensa kamera berkualitas, Anda dapat mulai merekam video pertama Anda dan meluncurkannya ke YouTube.

 

Baca Juga  :    Cara Menjadi YouTuber Sukses dan Mendapatkan Uang Banyak untuk Pemula

 

Tips Memulai Usaha Rumahan Online Bagi Pemula

Ide Peluang Usaha Rumahan Online Bagi Pemula
 

Daftar di atas adalah sebagian kecil dari banyak peluang bisnis online yang bisa Anda kerjakan dari rumah. Jadi setelah Anda memutuskan ide bisnis online, Anda pasti ingin melakukan riset pasar dulu sebelum memulainya. Berikut tips dan cara memulai bisnis online, langkah demi langkah :

  • Validasi ide Anda dengan riset pasar
  • Kembangkan produk atau layanan Anda
  • Siapkan keuangan bisnis Anda
  • Temukan vendor dan pemasok
  • Bangun situs web Anda
  • Pasarkan bisnis online baru Anda

 

Baca Juga  :   Cara Memulai Podcast dan Persiapan Alat yang Digunakan untuk Podcast

 

Kesimpulan dan Penutup

Apabila Anda tertarik untuk memulai bisnis online Anda sendiri, tidak ada waktu yang tepat untuk memulainya selai seperti sekarang. Ini adalah zaman dengan peluang dan potensi pertumbuhan bisnis yang monumental pada skala yang belum pernah dialami sebelumnya. Berkat internet dan smartphone, jumlah perdagangan yang dilakukan secara online telah mengalami pertumbuhan yang eksplosif.

Mengingat bahwa hampir setiap toko fisik telah melakukan transisi ke bisnis online, tentu saja ada persaingan, namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan peluang diantaranya. Meski saat ini Amazon merajai bisnis online, tetapi pertumbuhannya tersebar luas dan di setiap sektor dalam bisnis yang bermakna siapa saja juga dapat turut mengambil momentum ini.

Related Post :