Infinite Scrolling : Pengertian dan Cara Kerjanya

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 2

Dengan banyaknya platform media sosial, wadah hiburan online, situs web, toko online dan e-commerce besar maupun kecil membuat banyak orang menghabiskan waktu mereka secara online. Para pengunjung akan mengunjungi laman demi laman, scrolling mencari apa yang sedang mereka cari.

Dalam hal pemasaran konten dan desain web, hal ini bisa menjadi sangat penting. Mengingat masyarakat modern terkenal suka membaca halaman web, yang kemudian memutuskan untuk tetap tinggal atau pergi dalam hitungan detik saja. Situs kompetitif perlu tahu persis bagaimana menjangkau audiens ini atau berisiko tertinggal dari kompetitor mereka.

Bagian upaya untuk menarik perhatian massa, scrolling harus lebih menarik lagi karena teknik ini terbukti berhasil di beberapa situs media sosial yang sangat populer, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Ini disebut infinite scrolling yang membuat banyak orang betah mengunjungi media sosial berlam-lama.

Selanjutnya, mari mengenal apa yang dimaksud dengan finite scrolling dan pengaruhnya pada dunia digital saat ini.

 

Memahami Pengertian dan Cara Kerja Infinite Scrolling

Infinite Scrolling : Pengertian dan Cara Kerjanya
 

 

Infinite scrolling atau dalam Bahasa Indonesia berarti pengguliran tak terbatas adalah teknik yang memungkinkan pengguna untuk menggulir (scroll) sebagian besar konten tanpa garis akhir yang terlihat. Teknik ini terus menyegarkan halaman saat Anda menggulirnya ke bawah. Situs web populer yang menggunakan teknik ini meliputi :

  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • Tumblr
  • TikTok
  • Pinterest

 

Meski teknik ini sekarang lebih sering ditemukan di media sosial, infinite scrolling masih berfungsi dengan cara yang sama seperti penelusuran situs web normal. Dimana browser akan bekerja dengan meminta beberapa konten, dan server web mengirimkannya kembali.

Perbedaan teknis utama adalah bahwa infinite scrolling akan mengirimkan permintaan menggunakan JavaScript. Sebagai pembaca, Anda mungkin tidak menyadari bahwa ini terjadi, meskipun khususnya konten dapat terlihat dimuat lebih cepat. Berbagai teknik, termasuk pre-loading, sebenarnya bisa mempercepat proses.

Umumnya infinite scrolling sering bekerja secara otomatis, memuat konten baru ketika pembaca mencapai bagian bawah halaman atau mendekatinya. Tapi ada juga kompromi. Beberapa situs menampilkan tombol muat lebih banyak di bagian bawah konten mereka. Ini masih menggunakan teknik dasar yang sama untuk menyuntikkan lebih banyak konten, tetapi bertindak secara manual.

 

Baca Juga  :     Memahami Pentingnya Online Review Bagi E-commerce dan Toko Online

 

Kelebihan dan Manfaat Menggunakan Infinite Scrolling

Infinite Scrolling : Pengertian dan Cara Kerjanya
 

Meskipun istilah tersebut dapat digunakan untuk beberapa fitur yang berbeda, di sini pengguliran tak terbatas atau infinite scrolling berarti pemuatan konten secara terus-menerus pada halaman saat pengguna menggulir ke bawah. Tampilannya adalah halaman tidak terbatas, dan pengguna dapat menggulir di layar mereka tanpa henti.

Berikut ini beberapa keuntungan jika menggunakan infinite scrolling :

  • Pembaruan konstan yang terus menerus

    Perlu diketahui, semua orang mengunggah dan berbagi data setiap detiknya, maka karena data dihasilkan setiap detik sehingga pengguliran tanpa akhir menambahkan informasi ini ke halaman dengan struktur yang relatif datar. Bahkan jika Anda tidak mungkin melihat semuanya, Anda pasti akan menemukan sebanyak mungkin. Contoh terbaik di sini adalah pencarian gambar Google tanpa akhir atau tweet dari Twitter. Juga, pengguliran yang diperbarui memberi kesempatan untuk mempelajari berita terbaru di atas.

  • Meningkatkan keterlibatan pengguna

    Saat Anda menjelajahi situs web dengan pengguliran tanpa batas, Anda mungkin tetap berada di halaman web lebih lama karena itu benar-benar menarik perhatian Anda. Secara bersamaan, pengguna mengonsumsi lebih banyak konten di halaman yang mereka kunjungi, terlepas dari apa pun perangkat yang mereka gunakan. Sebagai perbandingan, 77 persen pencarian web dilakukan melalui ponsel lebih populer dari menggunakan desktop di komputer.

  • Akses cepat tanpa waktu tunggu atau loading

    Kecepatan berarti segalanya bagi pengguna abad ke-21 karena hal ini sama pentingnya dengan waktu. Para peneliti mengklaim bahwa 53 persen pengguna ponsel tidak akan menunggu lebih dari 3 detik untuk mengunduh halaman web. Setelah situs web terbuka, akun pengguliran terus menerus untuk unggahan konten tanpa henti.

  • Pengunjung dapat menemukan banyak hal

    Fitur ini ditujukan untuk situs web yang memberikan informasi beragam untuk semua jenis pengguna yang hanya mengunjungi tanpa tujuan tertentu. Dalam kasus seperti itu, pengujung mungkin secara tidak sengaja menemukan apa yang mereka sukai dimana hal ini sering melibatkan eksplorasi situs web yang lebih dalam. Selain itu, ada banyak orang yang tidak akan pernah melangkah lebih jauh di halaman pertama yang mereka buka, tetapi dengan adanya teknik menggulir, mereka langsung mendapatkan lebih banyak hasil sekaligus.

  • Tidak harus mengklik

    Menggulir lebih cepat dan lebih mudah sehingga mengalahkan persaingan di UX yang lebih besar. Kedengarannya menarik, tetapi bagi banyak pengguna internet, navigasi paginasi mungkin tampak merepotkan. Selain itu, dengan popularitas perangkat layar sentuh di seluruh dunia, klik menjadi agak tidak relevan dan entah bagaimana kehilangan makna intinya. Pada saat yang sama, pengguliran sentuh menjadi intuitif bagi pengguna seluler.
     
    Baca Juga   :    Manfaat Design Thinking dalam Pekerjaan dan Bisnis

  • Rekomendasi dari Facebook

    Menjadi sangat populer di kalangan media sosial, umpan berita tanpa akhir adalah solusi untuk menjelajahi banyak konten yang dibuat pengguna dengan penyegaran halaman otomatis. Ada sejumlah situs web di mana pengguliran terus menerus terbukti berhasil, diantaranya adalah Facebook, Instagram, dan Tweeter adalah yang paling terkenal.

  • Kebebasan untuk berinteraksi

    Komunikasi dan pengalaman pelanggan hampir tidak memerlukan biaya apa pun dan mengumpulkan data komersial yang tak ternilai berdasarkan penelusuran dan riwayat belanja. Data yang Anda kumpulkan akan bisa sangat membantu dalam tindakan pemasaran Anda selanjutnya.

  • Desain paralaks

    Pengguliran paralaks menciptakan kesan kedalaman dan ilusi 3D di situs web. Teknik ini sangat ideal sebagai alat pelapis latar belakang sekunder untuk peningkatan UX yang lebih baik. Anda bisa mengintip beberapa situs web dengan pengguliran paralaks yang hebat hanya untuk mendapatkan gambaran umum tentangnya, dan kemudian memutuskan apakah teknologi ini sesuai dengan solusi bisnis Anda.

 

Baca Juga  :     Panduan Mengenal dan Menerapkan Product-Led-Growth Dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Secara singkat, pengguliran tak terbatas adalah teknik yang mencegah bilah gulir peramban mencapai bagian bawah halaman. Sebagai gantinya, konten diperluas saat pengguna menggulir lebih jauh ke bawah halaman. Pengguliran tanpa batas ini juga dapat dilanjutkan atau dipersingkat dengan opsi Muat Lebih Banyak (Load More) yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan atau keluar dari pengguliran lanjutan.

Beberapa contoh paling populer dan umum umum dari aksi pengguliran tak terbatas adalah situs media sosial populer Facebook, Twitter, dan Pinterest. Masing-masing situs ini menggunakan teknik pengguliran tak terbatas ini untuk menjaga informasi tetap terisi ke dalam umpan, sehingga situs-situs tersebut tidak ada habisnya.

Teknik ini bagus untuk beberapa situs dan jenis konten, sementara itu bisa merepotkan dan membuat masalah bagi yang lain. Meski ini juga seperti teknik desain lainnya, Anda tidak boleh memilih opsi infinite scrolling hanya karena Anda ingin mencoba sesuatu yang baru melainkan teknik ini harus menjadi bagian strategis dari kerangka desain Anda.
 

 

 

Related Post :

popup image