Mengenal Apa Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Windows, sebuah sistem operasi yang tidak asing lagi bagi kita, windows adalah sebuah system operasi yang dibuat oleh Microsoft. Penemu windows adalah sahabat sejak kecil yang kita ketahui yaitu Bill Gates dan Paul Allen, windows mengalami perkembangan dari versi awal sampai versi terbaru dan kualitas yang ditawarkan semakin menarik dan semakin ditingkatkan oleh Microsoft.

Windows sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan dari MS-DOS yaitu sistem operasi yang berbasis modul teks dan CLI (Command Line Interface). Sistem operasi windows menyediakan beberapa kemampuan diantaranya multitasking dan lingkungan berbasis GUI (Graphical User Interface).

Versi awal windows yang pertama yaitu Windows 1.0 yang diresmikan pada 10 November 1983 dengan julukan Windows Graphic Environnment 1.0 dan dikeluarkan pada 20 November 1985, kekurangannya tentu masih banyak karena windows 1.0 hanya dapat menampilkan di layar secara ‘tile’ sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Kemudian Microsoft meluncurkan windows 2.0 pada 9 Desember 1987 dan merilis windows 2.1 dan windows 2.03. Selanjutnya windows 3.0 dirilis Microsoft pada 22 mei 1990 dengan kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan icon, pada Windows 3.0 ini Microsoft menyediak SDK (Software Development Kit) yang mempermudah developer piranti lunak gar dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan d windows 3.0. Lanjut dengan windows 95, windows 98, windows 2000, windows ME (Millennium Edition) windows XP, Vista, windows 7, windows 8, tentunya windows 10.

Penggunaan system operasi Windows sendiri di Indonesia bisa dibilang paling popular karena sudah banyak berbagai brand yang menggunakan system operasi windows pada laptop yang diproduksinya, tetapi tidak banyak yang menggunakan windows Original dan kebanyakan menggunakan windows bajakan hehehe… karena lisensi dari windows original yang mahal dan akhirnya memilih menggunakan windows bajakan.

Windows saat ini menggunakan dua basis system yang berbeda yaitu 32 bit dan 64 bit, tetapi orang awam tidak mengetahui dan tidak memperhatikan basis windows yang dipakainya, yang padahal penggunaanya akan berpengaruh pada kinerja komputer atau laptop. Dan perbedaan antara windows 32 bit dan 64 bit yang akan dijelaskan dibawah

  • Batasan Pada Jumlah RAM yang Digunakan
    Perbedaan yang sering dijumpai yaitu pada jumlah RAM yang bisa digunakan oleh Windows berbasis 32 bit yaitu maksimal penggunaanya 3,2 GB (Jadi jika kita memasang RAM sebesar 4GB maka yang akan terbaca hanya sebesar 3GB). Sedangkan 64 bit bisa membaca lebih dari 4GB
  • Software yang DIgunakan
    Kompatibilitas sotware yang dapat digunakan pada windows 64 bit lebih leluasa dimana basis 64 bit bisa menjalankan software 32 bit dan lebih cocok untuk digunakan pada software yang mengutamakan grafis, sedangkan windws 32 bit hanya bisa menjalankan software yang berbasis 32 bit saja dan tidak bisa menjalankan atau menginstal software 64 bit
  • Performa
    Performa yang cocok digunakan pada windows berbasis 32 bit yaitu melakukan pekerjaan yang ringan dan menggunakan software yang tidak terlalu berat, seedangkan windows yang berbasis 64 bit lebih cocok digunakan pada pekerjaan yang lumayan berat seperti editing, rendering, desain dan software lainnya.

Related Post :