Ingin Terjun ke Dunia Bisnis Digital Marketing? Ini dia Peluang dan Risikonya

Informasi / 0 | | 0

Ketika membicarakan perihal bisnis, maka Kita tidak akan pernah terlepas dari risiko dan juga peluang. Yang mana memang telah menjadi suatu dua sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan, dimana ada peluang disitu pula terdapat risiko yang harus diantisipasi. Begitu pula dengan bisnis digital marketing.

Bisnis digital marketing memang belakangan ini menjadi fenomena yang tidak dapat dipungkiri pesat sekali perkembangannya. Didukung dengan fakta bahwa bisnis digital membutuhkan sekali marketing yang pas dan efektif sehingga bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik. Namun tahukah Anda bagaimana peluang dan risikonya? Maka berikut ini merupakan ulasan informasi selengkapnya untuk Anda.

Baca Juga : Memahami Mengenai Pemasaran Digital

Peluang Bisnis Digital Marketing

Sebelum memutuskan untuk membuat atau membangun sebuah bisnis, hal yang tidak bisa Kita abaikan adalah melihat mengenai peluang dari bisnis itu sendiri. Melihat peluang menjadi suatu hal yang memang penting untuk dilakukan karena dari peluang itulah Kita bisa melihat bagaimana potensi bisnis yang akan Kita jalani dimasa depan. Termasuk untuk melihat peluang dari bisnis digital marketing.

Dan tidak bisa dipungkiri bahwa peluang dari bisnis digital marketing ini tergolong sangat tinggi dibandingkan bisnis digital lainnya. Hal ini dikarenakan setiap bisnis yang dilakukan pada platform digital pasti membutuhkan marketing atau promosi untuk membantunya tetap bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat di dunia digital itu sendiri.

Baca Juga : 5 Tips Bermanfaat untuk Start Up Digital Marketing

Tidak semua orang memiliki kepandaian dalam hal strategi atau teknik marketing atau pemasaran. Dan inilah yang menjadi peluang bagi para pengusaha atau penyedia jasa layanan bisnis digital marketing untuk mengisi celah kebutuhan akan pemasaran atau marketing itu sendiri. Dalam dunia marketing atau pemasaran dibutuhkan strategi dan teknik yang tidak main-main agar proses marketing atau promosi itu sendiri bisa berjalan secara efektif dan juga tepat sasaran kepada calon konsumen.

Selain itu, Kita juga tidak bisa melupakan fakta bahwa dunia yang Kita huni ini hampir secara keseluruhan diambil alih oleh bidang digital. Banyak masyarakat dunia yang menggantungkan aktivitas mereka sehari-hari pada kemudahan aktivitas digital. Berdasarkan data yang dilansir dari Internet World Statistic pun menunjukkan bahwa pengguna internet di dunia adalah mencapai 2,4 milliar kepala manusia atau seKitar 34% dari secara keseluruhan jumlah penduduk dunia.

Tidak berhenti sampai disitu saja, angka tersebut masih akan bertambah pada kurun waktu tiap bulannya dengan rata-rata penambahan sekitar 14 juta kepala manusia pengguna internet. Berdasarkan data ini maka Kita bisa lihat sendiri bagaimana besarnya peluang yang tersedia bagi bisnis digital marketing. Ini karena semakin besar ekosistem digital tersebut maka kebutuhan akan jasa atau layanan marketing juga akan semakin besar.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Konten Digital Marketing untuk Anda

Risiko Bisnis Digital Marketing

Namun, seperti yang telah disinggung sebelumnya jika setiap peluang yang ada pada suatu bisnis tidak serta merta membuatnya bebas dari risiko. Dan hal ini juga secara mutlak terjadi pada bisnis digital marketing. Bukan berarti dengan peluang yang besar dan bagus itu, bisnis ini tidak menghadirkan risiko. Sesungguhnya risiko adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah usaha atau sebuah bisnis.

Ada beberapa risiko yang mungkin terjadi ketika Kita mencoba secara total untuk terjun ke dunia bisnis digital marketing. Dan beberapa risiko tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kegagalan proses marketing
    Risiko pertama yang mungkin hadir dalam proses usaha bisnis digital marketing adalah gagalnya proses marketing atau proses pemasaran yang dilakukan. Kegagalan ini bukan tidak mungkin terjadi karena adanya kesalahan dalam strategi atau teknik marketing yang dilakukan.

    Pada umumnya, banyak orang terjerumus pada kegagalan proses marketing dikarenakan mereka terjebak pada kesalahan pembuatan konten yang efektif terkait dengan apa yang mereka promosikan terhadap para calon konsumen. Entah itu kurang menarik, tidak tepat sasaran dan sebagainya. Dan risiko inilah yang paling umum mengintai usaha bisnis digital marketing.

  2. Risiko Fraud (Penipuan)
    Kemudian, risiko kedua yang mungkin muncul dalam usaha bisnis digital marketing adalah risiko penipuan atau risiko fraud. Risiko ini bisa datang dari dua arah baik dari sisi penjual atau penyedia jasa layanan digital marketing ataupun dari pengguna atau pemakai layanan digital marketing.

    Selain itu, risiko fraud juga muncul dari adanya bahaya peretasan sistem atau pembajakan sistem yang dilakukan oleh hacker ataupun cracker. Sistem yang dimiliki oleh penyedia jasa layanan digital marketing bisa menjadi layanan empuk dari usaha pencurian data ini, untuk itulah kira harus sangat berhati-hati terhadap adanya penipuan atau peretasan data ini.

  3. Risiko persaingan bisnis
    Dan risiko terakhir yang mungkin muncul terhadap usaha bisnis digital marketing adalah adanya risiko kegagalan akibat adanya persaingan bisnis. Tidak dapat dipungkiri memang bahwa setiap bisnis pasti memiliki persaingannya tersendiri dan hal ini juga berlaku pada bisnis layanan marketing dimana semakin hari persaingan tersebut menjadi semakin ketat lagi.

    Persaingan yang terjadi pada umumnya lebih pada adu kemampuan layanan mana yang diklaim lebih mampu memberikan atau menawarkan layanan marketing yang lebih efektif dan tepat sasaran dibandingkan layanan lainnya. Namun, risiko ini bisa dihindari dan dicegah apabila Kita sebagai penyedia layanan bisa secara konstan terus menerus melakukan peningkatan dari segi layanan yang Kita berikan.

Kunci bagi setiap pengusaha dalam menjalani usaha bisnis mereka adalah inovasi, evaluasi, dan adaptasi. Ketika sebagai seorang pengusaha Kita bisa menerapkan kunci tersebut dengan baik, maka risiko tersingkir dari persaingan bisnis bisa Kita hindari.

Related Post :

popup image