Ini Dia Cara Mengetahui Riwayat Suatu Domain

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Seiring dengan perkembangan zaman, ada sejumlah orang yang ingin mengetahui bagaimana cara mengetahui riwayat suatu domain. Hal seperti ini terjadi, terlebih untuk sejumlah orang yang membeli domain, sehingga akan menjadi pertimbangan tertentu. Selain mengecek seberapa bagus isi atau nama, juga ada sejumlah hal yang dilakukan beberapa pembeli domain agar investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia. Maka dari itu, mereka pun menerapkan cara mengetahui riwayat suatu domain untuk mengetahuinya.

Baca Juga : Apa itu Domain, Hosting, dan VPS?

Mengapa Cara Mengetahui Riwayat Suatu Domain Itu Penting?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sejumlah orang menerapkan cara mengetahui riwayat suatu domain sebelum membelinya. Hal ini dianggap penting, sebab memeriksa domain merupakan salah satu bahan pertimbangan khusus yang akan menentukan apakah domain tersebut layak untuk dibeli atau tidak, sehingga akan memberi keuntungan untuk mereka.

Tiap orang yang berencana membeli domain pasti ingin mendapat keuntungan dari investasi yang mereka lakukan, sehingga mengecek riwayat domain. Hal seperti ini sudah sangat dering terjadi dan dilakukan oleh banyak orang yang memiliki rencana untuk membeli suatu domain. Mereka akan menjadikan hal ini untuk mengambil keputusan yang tepat.

Pada umumnya, mereka akan meminta bantuan dari pihak yang ahli atau sudah memahami bagaimana cara mengetahui riwayat suatu domain. Hal ini sudah menjadi sebuah kebiasaan sekaligus hal yang wajib dilakukan. Dengan begitu tujuan yang sudah mereka miliki pun bisa dicapai untuk mendapat hasil yang optimal dan sesuai dengan keinginan.

Riwayat suatu domain tak kalah penting dari blacklink, bahkan adanya konten. Hal ini dikarenakan Google dengan konstan merayapi situs mulai pertama kali didaftarkan sampai digunakan secara aktif dengan pengelolanya. Riwayat masa lalu ini memberi sejumlah informasi pada mesin pencari mengenai seberapa baik impersi menyeluruh dalam kurun waktu itu.

Baca Juga : Memaksimalkan Penggunaan Backlink Website untuk SEO

Di dalam riwayat domain ini juga termasuk jenis backlink, menilai peringkat pada masa sebelumnya, riwayat penalti, serta yang paling penting adalah sejumlah konten yang dipublikasikan sebelumnya tak melanggar hukum dan etika. Oleh karena itu, dibutuhkan cara mengetahui riwayat suatu domain untuk bisa mengetahui riwayat suatu domain.

Ketika seseorang atau suatu pihak memiliki rencana untuk membeli domain, maka dirinya akan diposisikan sebagai mesin pencari yang memiliki kepentingan sama, yaitu mengetahui seperti apa masa lalu domain yang bersangkutan. Selain memberi info konten yang pernah dibahas domain tersebut juga bisa mengetahui reputasinya pada mata mesin pencari.

Bagaimana Penerapan Cara Mengetahui Riwayat Suatu Domain?

Siapa pun sebenarnya bisa mengetahui cara mengetahui riwayat suatu domain, tak terkecuali dengan Anda. Dengan mengetahui cara ini, maka tiap langkah yang Anda lakukan untuk mengetahui riwayat suatu domain pun bisa dilakukan secara optimal. Cara ini bisa dipelajari dan diterapkan dengan mudah, sehingga tak akan membuat Anda kesulitan.

Anda bisa menerapkan cara untuk mengetahui riwayat suatu domain asalkan ada laptop atau komputer. Di samping itu, pastikan juga ada jaringan internet yang tersambung. Hal ini dikarenakan nantinya diterapkan menggunakan mesin pencarian, sehingga perangkat seperti laptop atau komputer dan koneksi jaringan internet harus tersedia.

Bagi Anda yang ingin menerapkan cara mengetahui riwayat suatu domain, maka tak usah merasa khawatir. Ada cara mudah yang bisa Anda terapkan. Dengan begitu Anda pun tak perlu merasa bingung untuk melakukan hal yang satu ini. Di sini, Anda bisa menggunakan sebuah tool bernama Wayback Machine.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang beberapa langkah yang harus dilakukan, Anda bisa mengetahui terlebih dulu gambaran dari Wayback Machine. Wayback Machine ialah organisasi nirlaba dan menawarkan mesin perayap. Mesin ini bisa menyimpan pada bentuk yang dinamakan dengan snapshot.

Snapshot tak berupa gambar, namun dalam format yang nyaris menyerupai bentuk asli dan setelah itu disimpan dalam bentuk arsip. Arsip ini tak memiliki batas kadaluarsa. Maka, selama layanan mesin ini tetap beroperasi, maka arsip bisa tetap tersimpan dan diakses oleh publik. Maka dari itu, Anda pun bisa menerapkan cara mengetahui riwayat suatu domain.

Jika Anda ingin menerapkan cara untuk mengetahui riwayat suatu domain, maka ada beberapa tahap yang bisa dilakukan. Anda bisa mengikuti beberapa tahap di bawah ini.

  1. Dapatkan Wayback Machine
    Agar bisa menggunakan layanan Wayback Machine, ketikkan dulu alamat domain pada form yang sudah disediakan. Setelah itu, tekan enter.
  2. Tampilan deret tahun
    Bila riwayat tersedia, maka Wayback Machine pun menunjukkan tampilan deretan tahun yang ditandai dengan garis hitam.
  3. Temukan tanggal
    Anda bisa mengklik bagian garis hitam yang menunjukkan tahun. Setelah itu akan ada deretan tanggal serta bulan. Anda bisa menemukan tanggal yang ditandai oleh lingkaran hijau, lalu klik.
  4. Tampilan riwayat konten atau isi
    Setelah cara di atas Anda terapkan, maka sistem akan menunjukkan riwayat konten atau isi yang sudah pernah diterbitkan pada domain yang bersangkutan. Dengan demikian Anda bisa mengetahui seperti apa konten yang sudah dimuat dan apakah bertenangan dengan etika serta hukum atau tidak.

Beberapa langkah pada cara mengetahui riwayat suatu domain yang ada di atas bisa Anda coba. Cara yang ada di atas cukup mudah untuk diterapkan. Pastikan juga Anda mengetahui alamat Wayback Machine, yaitu di archive.org. Setelah menuju alamat tersebut, beberapa langkah di atas pun bisa Anda ikuti.

Beli Layanan Domain Murah Indonesia

Itulah informasi tentang cara mengetahui riwayat suatu domain, baik dari pentingnya melakukan hal ini sampai dengan beberapa langkahnya. Anda bisa mencoba hal ini jika memang sudah memiliki rencana dan akan membeli suatu domain.

Related Post :

popup image