Inilah Cara Agar Blog Anda Bisa Menghasilkan Uang

Informasi / 0 | | 0

Kini banyak orang merasa tertarik pada kegiatan blogging meskipun tidak mengetahui banyak mengenai apa yang seharusnya dilakukan agar blog menghasilkan uang. Tidak punya pengalaman dan hanya sedikit kemampuan teknis, menjadi faktor blogging tak menghasilkan uang. Tenang saja karena Anda bisa mendapatkan tipsnya pada ulasan berikut.

Cara Hasilkan Uang Melalui Blog

Jadi bagaimana cara menghasilkan pundi-pundi uang dari kegiatan blogging? Ini merupakan pertanyaan banyak orang. Agar mendapat pundi-pundi uang dari suatu blog tentunya Anda wajib mempunyai sebuah blog. Meskipun cukup jelas, ini juga dapat menjadi batu sandungan bagi blogger pemula. Mereka justru menuangkan postingan di forum maupun sosial media. Padahal membuat blog tak sesulit yang dikira. Beberapa langkah awal memulai pembuatan blog adalah:

  1. Memilih Platform Blog
    Salah-satunya platform WordPress yang paling populer serta banyak dipilih sebab penggunaannya gratis, dilengkapi fitur sistem keamanan, mudah digunakan, dapat menyesuaikan dengan beragam tema.
  2. Menentukan Domain serta Hosting
    Selanjutya, memulai blog tentu harus menentukan domain yakni alamat blog agar netizen mudah mencari dan mengunjungi blog Anda. Coba untuk kreatif dalam menentukan domain. Pilih domain yang mudah diingat oleh kebanyakan orang.

    Baca Juga : Pengertian Domain dan Hosting

  3. Konfigurasi Blog
    Apabila baru pertama kali menggunakan WordPress, biasanya para pemula akan kebingungan dengan bagian dashboard maupun segala pengaturan lainnya. Namun jangan khawatir, karena banyak tutorial berupa artikel maupun video yang bisa membantu memberikan pengetahuan seputar WordPress agar blog terlihat serta beroperasi.
  4. Desain Tampilan Blog
    Kesan pertama juga hal yang penting saat netizen berkunjung ke blog Anda. Kesan pertama tentunya desain tampilan blog. Tak sekedar menarik untuk dilihat, penting juga memiliki desain tampilan yang memudahkan para pengunjung agar mereka nyaman selama menjelajahi blog Anda.
  5. Isi dengan Konten Bermanfaat
    Apa artinya jika blog tanpa konten. Langkah dasar selanjutnya yang wajib dilakukan supaya blog menghasilkan uang yakni mengisinya dengan konten. Postingan konten dalam jumlah banyak memang bagus, tetapi akan jauh lebih bagus jika konten yang diposting adalah konten bermanfaat.

    Salah satu kunci keberhasilan nge-blog adalah memposting konten bermanfaat bagi para pembaca, diantaranya konten yang menginspirasi, menyelesaikan masalah berupa bermacam tips, menghibur, dan informatif. Dengan demikian para pembaca akan menyukai blog Anda dan mereka akan kembali berkunjung. Hal ini penting jika Anda menginginkan blog menghasilkan uang.

  6. Menemukan target pembaca
    Banyak para blogger pemula mengisi blognya dengan konten bermanfaat, tetapi banyak yang hanya menghabiskan waktu membangun blog. Tidak cukup jika hanya fokus pada usaha membangun blog tapi Anda juga perlu mempromosikannya. Mulailah memikirkan untuk menentukan target pembaca blog Anda. Kemudian cari tahu dimana kelompok tersebut berkumpul online, misal forum tertentu maupun media sosial tertentu.

    Luangkan waktu untuk terlibat di tempat berkumpul mereka secara online, lalu meninggalkan komentar, meninggalkan link blog, atau menjawab pertanyaan. Salah satu kuncinya ialah membina hubungan dan membangun kehadiran.

  7. Membangun hubungan dengan pembaca blog
    Ketika blog Anda telah dibanjiri pengunjung, usaha selanjutnya adalah membangun hubungan dengan pembaca agar mereka menjadi pembaca setia. Beberapa langkahnya yaitu merespon setiap komentar dari pengunjung, membangun komunitas, bahkan dekati para pembaca dengan cara personal.

Itulah beberapa tips dalam membuat blog, maka selanjutnya Anda juga perlu mengetahui tentang sumber apa saja yang bisa didapatkan melalui blog.

7 Sumber Pendapatan dari Blog

Suatu kekeliruan yang biasa dilakukan oleh para blogger mengenai monetisasi blog yaitu mereka melakukan hanya dengan 1 cara. Pada kenyataannya terdapat beberapa cara blog seperti :

  1. Penghasilan dari iklan
    Kebanyakan blogger memulai dari cara ini untuk memperoleh pundi-pundi uang dari blog. Cara ini tak jauh beda dengan media televisi, radio, majalah atau pun koran sebagai media pajang iklan. Di saat traffic pengunjung mulai naik, pihak yang hendak memasang iklan akan bersedia mengeluarkan sejumlah biaya agar produk atau jasa mereka dapat dilihat oleh para pembaca blog. Walaupun memerlukan jumlah traffic pengunjung yang banyak sebelum menempatkan iklan, tetapi ada iklan jejaring misalnya Google AdSense.
  2. Penghasilan dari afiliasi
    Afiliasi menjadi jenis pemasukan yang paling umum bagi blogger. Dengan afiliasi ini berarti blog harus membuat tautan sebuah produk dari situs lain, misal produk kesehatan, hosting dan lainnya. Apabila seseorang mengklik tautan tersebut lalu membeli produk, maka Anda memperoleh komisi penjualan.

    Ikuti Program Affiliasi dari IDCloudHost

  3. Mengadakan maupun mengikuti event
    Meskipun cara agar blog menghasilkan uang ini bukanlah pilihan kebanyakan blogger, tetapi cukup banyak blogger berhasil menghasilkan uang karena mengadakan maupun mengikuti event. Jenis event bervariasi misalnya sebesar konferensi hingga pertemuan antar blogger serta para pembacanya. Uang yang didapatkan bisa dari penjualan tiket, penjualan produk maupun jasa hingga mendapatkan sponsor event.
  4. Membership program
    Pemasukan lain yang bisa diupayakan para blogger ialah recurring income atau continuity program, yang biasa juga disebut membership program. Cara satu ini agar blog menghasilkan uang berarti para pembaca membayar sejumlah uang, bulanan atau pun tahunan agar ia mendapat akses premium, layanan tertentu, area komunitas, atau penggabungan dari semuanya.

    Jadi agar blog menghasilkan uang bisa dari pendapatan tak langsung maupun pendapatan langsung. Pada pendapatan langsung para blogger dapat mendaftar di AdSense dan mempromosikan produk Amazon. Semakin banyak kunjungan pembaca, berarti akan semakin banyak pula pemasukan yang mengalir. Sedangkan pendapatan tak langsung, saat traffic blog semakin ramai, penjualan produk maupun jasa bisa Anda lakukan.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Google Adsense

Jadi, bagaimana? Telah bersiap memulai blog menghasilkan uang dan melakukan monetisasi blog? IDCloudhost dapat menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan hosting. IDCloudhost, Website Hosting Indonesia ini siap memberikan layanan terbaik dengan kinerja terbaik. Gratis Sertifikat SSL dan domain. Terdapat jaminan uptime sampai 99,5%. Tersedia bandwidth tak terbatas dengan fitur lengkap. Apabila Anda tidak puas garansi uang akan kembali.

Related Post :