Instagram Mendepak Fitur Tombol IGTV Dari Aplikasi Instagram

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Baru- baru ini Instagram dengan diam-diam  telah menghapus tombol yang bertengger di bagian atas feed dan mengarahkan orang ke IGTV, hub video jangka panjang yang masih baru. Tombol IGTV berada di sebelah panah pesan langsung di sudut kanan atas aplikasi. Rata- rata orang tidak mengklik tombol tersebut, justru mereka menemukan video dengan cara lain, Instagram mengakui ini dalam sebuah pernyataan.

Sebab fitur ini dihapus karena kebanyakkan pengguna Instagram menemukan konten IGTV melalui preview di feed, explore maupun profil. Meski kebijakan ini tidaklah krusial atau besar tapi nantinya akan membuat para penggunanya mencari- cari konten IGTV. Seorang juru bicara menguatkan isu ini dengan mengatakan memang jumlah orang yang  tertarik menggunakan tombol IGTV amat sangat sedikit.

IGTV sendiri mengalami perjalanan yang tidak mulus. Para analisis pernah mengatakan kepada CNN Business bahwa IGTV belumlah berhasil seperti layaknya aplikasi Stories sebagai pendahulunya. Beberapa selebriti dunia yang terkenal yang seharusnya membuat konten untuk IGTV ini ternyata tidaklah begitu antusias melakukannya.

 

Mengapa IGTV Kalah Populer

 

Dengan menghilangnya tombol ini tentu juga bisa menyulitkan pengguna karena harus mencari secara manual konten yang diinginkan tetapi Anda dapat mengunduh aplikasi IGTV mandiri walau sejauh ini data menunjukkan antusias yang relatif kecil dibandingkan dengan total pengguna Instagram yang berjumlah lebih dari satu miliar.

Langkah yang diambil Instagram ini menunjukkan Instagram tidak lagi memprioritaskan IGTV karena sebelumnya mereka telah berusaha untuk menarik para pembuat konten dan pengguna kepada IGTV sejak pertama kali diluncurkan. Layanan ini tidak mampu menarik minat khayalak ramai kerana tidak adanya peluang monetisasi.

Faktor inilah yang membuat beberapa influencer media sosial mengatakan alasan utama IGTV belum populer adalah karena tidak ada cara bagi mereka untuk menghasilkan uang dari fitur tersebut. Di YouTube, video berdurasi serupa atau hampir sama dapat menyertakan iklan yang menghasilkan pemasukkan untuk si pembuat konten.

Aplikasi berbagi video seperti TikTok mampu menaikkan popularitas serta penggunanya, sementara IGTV belum memiliki resonansi yang hampir sama. Apptopia mencatat bahwa mereka meraih sekitar 700 juta unduhan pada tahun 2019 dengan jumlah unduhan IGTV jauh lebih kecil sebanyak 6 juta.Agar dapat mengakses konten IGTV maka pengguna perlu mempertimbangkan aplikasi mandiri atau mengunjungi feed orang lain dan melalui tombol IGTV pada halaman explorer.

Baca Juga : Instagram Punya Fitur Baru, Bebas Atur Waktu Tayang Postingan Feed dan IGTV

 

IGTV Menyaingi YouTube

 

Perusahaan milik Facebook ini memulai debut IGTV pada Juni 2018 silam dalam upaya menyaingi ketenaran YouTube yang memungkinkan pengguna mengunggah video berbentuk vertikal. Panjang atau durasi video tergantung pada jumlah pengikut yang dipunyai si pemilik akun dengan waktu maksimum 60 menit. Sebelum ini durasi video yang  diizinkan tayang hanyalah selama 60 detik atau kurang.

Sayangnya, berbeda dengan konsep YouTube, layanan IGTV tidak mempunyai atau menawarkan peluang berbagi keuntungan melalui penyematan iklan seperti YouTube.  IGTV juga tidak dapat menerima kiat atau menjual langganan konten yang eksklusif seperti Facebook, Twitch atau Patreon.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

Sementara itu dukungan finansial yang ditawarkan Facebook dan Instagram kepada para pencipta IGTV konten adalah penggantian biaya produksi tetapi hanya untuk kalangan selebriti saja. Untuk mengklaim dukungan ini juga tidak mudah, para selebriti ini harus mengikuti aturan ketentuan yang mengharuskan pembuatnya menghindari tema konten yang berkaitan dengan politik, masalah sosial atau pemilihan umum.

Jika Anda masih tertarik untuk menonton dan menggunakan layanan IGTV, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di App Store dan Play Store meskipun belum banyak yang mengetahui cara ini dan jumlah peminatnya yang kalah saing dengan aplikasi induknya sendiri yaitu Instagram.

Related Post :

popup image